DEWI APHRODITE DALAM MITOLOGI YUNANI

Aphrodite oleh dewi cinta
Dalam mitologi Yunani, Aphrodite merupakan dewicinta, cita-cita dan keindahan. Dia herbi seksualitas danketertarikan fisik. Dia umumnya digambarkan telanjang pada patung Yunani.meskipun lahir dari Titan dalam mitos Yunani, Aphrodite mempunyai kemiripandengan dewi-dewi sebelumnya menurut wilayah Mediterania lainnya, terutama dewiBabilonia Mylitta serta dewi Mesopotamia Ishtar. Aphrodite tidak mempunyai masa kanak-kanak: Dia dilahirkan pada keadaan dewasa. Zeus risi kecantikannya akan tersentuh perselisihan di antara para ilahi sebagai akibatnya Aphrodite dinikahkan menggunakan Hephaestus.
Dalam versi lain, Aphrodite dinikahkan dengan Hephaestus supaya Hephaestus mau melepaskan Hera yg terjebak oleh singgasana buatannya. Meski sudah menikah, Aphrodite masih dewi yg setia, beliau memiliki interaksi dengan Ares serta Adonis.

Aphrodite dianggap sebagai galat satu daridua belas yang kuasa Olimpian utama, yg memerintah berdasarkan Gunung Olympus pada bawahkepemimpinan Zeus; Namun, beliau merupakan satu-satunya Olympian yang tidak menjadiayah berdasarkan Kronos Titan atau dewa Zeus.
Name: Aphrodite, Afrodita, Chytherea, Cypris, Venus (Roma)
Type: Titans
Orang Tua: Uranus
Saudara: Nimfa Pohon, Fury, Gigantes
Pasangan: Hephaestus, Ares, Hermes, Dionysus, Adonis, Anchises
Anak: Eros, Phobos, Deimos, Harmonia, Pothos, Anteros, Himeros, Hermaprhoditos, Rhode, Eryx, Peitho, Tyche, Eunomia, The Grace, Priapus, Aeneas dan beberapa yang tidak terkenal
Symbol: Girdle, Cermin, Angsa, Kerang
Nature: Mount Olympus
KelahiranAphrodite
Aphrodite merupakan putri Uranos, yang pula ayahdari Kronos Titan. Ini akan membuat bibinya Zeus. Kronos Titan dimanipulasioleh ibunya Gaia buat mengebiri ayahnya Uranos serta menggulingkan peraturannya.gaia marah lantaran Uranos sudah memenjarakan poly anak-anaknya, khususnyaCyclopes serta Hekatonkheires, atau monster seratus tangan. Kronos mengebiriUranos serta melemparkan bagian yg terputus ke laut. Setelah dia bangkit berdasarkan laut, beliau melayang di atas kerang ke Siprus. Setibanya di sana, Aphrodite berpakaian dan diurapi oleh Graces and the Seasons. Busa putih terbentuk dipermukaan bahari, serta dari busa ini Aphrodite lahir. Nama Aphrodite berarti'terlahir menurut busa'.
Kata Yunani aphros berarti "busa", Hesiodmenceritakan pada Theogony-nya bahwa Aphrodite lahir dari busa putih yangdiproduksi oleh alat kelamin terputus Uranus (Surga), selesainya anaknya Cronusmelemparkan mereka ke bahari. Aphrodite, pada kenyataannya, secara luas disembahsebagai dewi bahari dan pelayaran; Dia pula dihormati menjadi dewi perang,terutama di Sparta, Thebes, Cyprus, dan tempat-tempat lain. Namun, dia dikenalterutama sebagai dewi cinta serta kesuburan dan bahkan kadang-kadang memimpinpernikahan. Meskipun pelacur dipercaya Aphrodite pelindung mereka, kultuspubliknya dalam biasanya sungguh-sungguh dan bahkan keras.
Dalam mitologi Aphrodite disebut-sebutsebagai bagian yang bertanggung jawab atas Perang Troya. Pada pernikahan Peleusdan Thetis, Eris (dewi perselisihan) memberikan sebuah apel emas buat dewiyang paling latif. Hera, Athena, serta Aphrodite bersaing buat menghormati, danZeus menunjuk pangeran Trojan Paris menjadi hakim. Untuk mempengaruhikeputusannya, Athena menjanjikan kekuatan serta tak terkalahkannya, Hera menawarkan daerah Asia serta Eropa, dan Aphrodite menawari perempuan tercantik didunia. Paris memilih Aphrodite dan memenangkan Helen Sparta. Namun, karena diasudah sebagai istri Menelaos, penculikan Helen dari Paris memancing raja Spartauntuk meminta donasi saudaranya Agamemnon serta mengirim sebuah ekspedisi keTroy buat mengambil kembali Helen.
Hesiod menggambarkan dewi menjadi 'melirikcepat', 'busa-lahir', 'tersenyum penuh kasih', dan paling sering diklaim'Aphrodite emas'. Demikian pula, dalam pelukisan Homer tentang Perang Troya diIliad, beliau digambarkan menjadi 'emas' dan 'tersenyum' dan mendukung Trojansdalam perang, pada episode penting, melindungi Aeneas menurut Diomedes danmenyelamatkan Paris yg malang menurut marah Menelaos.
Kelahiran Aphrodite dari bahari (mungkin yangpaling populer digambarkan di atas takhta dasar patung akbar Zeus pada Olympia)dan penghakiman Paris merupakan mata pelajaran yg populer pada seni Yunani kuno. Dewi tak jarang diidentifikasi dengan satu atau beberapa hal berikut: cermin,apel, karangan bunga murad, burung sakral atau burung merpati, tongkatkerajaan, serta bunga. Terkadang, dia juga digambarkan mengendarai angsa atauangsa. Dia umumnya berpakaian pada seni Archaic dan Klasik dan menggunakan pitabordir yg rumit di dadanya yang memegang kekuatan sihirnya berdasarkan cinta,harapan, dan kelincahan yang menggiurkan. Baru kemudian berdasarkan abad ke-4 SM diadigambarkan telanjang atau semi telanjang.
bacaan selanjutnya: pikiran pemula
 Aphrodite serta Anchises
Suatu hari Aphrodite tertarik kepada seseorang pemuda di kerajaan Troya, namanya Anchises. Lantaran ingin menggodanya, Aphrodite menyamar menjadi wanita biasa (manusia). Dia pergi ke Cyprus, buat mencari pakaian serta berdandan layaknya putri raja Turki.
Aphrodite akhrinya pulang menemui Anchises serta menyampaikan,
"Anchises, ayahku menyuruhku buat menikah denganmu lantaran kamu adalah bangsawan. Aku sengaja datang sejauh ini buat bisa menemuimu."
Namun Anchises merasa galau karena Aphrodite lancar berbahasa Troya.
"Aku dapat berbicara bahasamu karena aku dibesarkan sang seseorang perawat Troya."
Karena terbuai sang kecantikan Aphrodite tanpa mengetahui bukti diri sebenarnya, Anchises segera menikahinya. Mereka mempunyai dua anak bernama Aeneas dan Lyros. Tetapi suatu hari Aphrodite menetapkan buat membicarakan jati dirinya serta menemui Anchesis di kamar.
"Katakan, apakah saya masih terlihat sama misalnya saat pertama kita bertemu?", Aphrodite bertanya.
Anchesis terkejut lau meminta maaf karena merasa lebih rendah dan meminta Aphrodite buat mengampuni nyawanya. Namun Aphrodite mengungkapkan,
"Jangan takut, asal kamu berjanji tidak akan memberitahu kepada siapapun bahwa kamu bersetubuh menggunakan seorang dewi"
Bagaimanapun jua suatu hari Anchises mabuk beserta teman-temannya serta menyampaikan bahwa beliau pernah bersetubuh menggunakan dewi Aphrodite. Mendengar hal itu, Zeus merasa terganggu menggunakan kesombongan Anchises. Dengan amarah, Zeus melepaskan petirnya pada Anchises yg menewaskan beliau dengan seketika.
Lihat Juga: Dewa Pandai Besi dan Api dan membuat juz mangga 
 DIVINE LOVES
ARES (Dewa perang) mempunyai interaksi cinta yang panjang dengan Aphrodite yang berlangsung selama masa pernikahannya dengan Hephaestus serta seterusnya. Dia memberinya empat putra ilahi: Eros, Anteros, Deimos, Phobos; serta seseorang anak perempuan : Harmonia.
DIONYSOS (Dewa anggur) yg memiliki hubungan pendek dengan Aphrodite. Hera mengutuk sang dewi untuk melahirkan anak yang sangat tidak baik, Priapos, menjadi hukuman atas pergaulan bebasnya. Ada yg bilang Hermes Bakkheios (Iakkhos) pula anak mereka.
HEPHAISTOS (Dewa para pandai besi) merupakan suami menurut Aphrodite, yg lalu menceraikannya mengikuti perselingkuhannya menggunakan Ares. Aphrodite tidak pernah senang menggunakan pernikahan yang telah dipaksa buat menikahinya menggunakan keputusan Zeus, sebagai hibah buat melepaskan ibunya Hera menurut ikatan tahta emas terkutuk.
HERMES (Sang pewarta) para tuhan merayu Aphrodite dengan donasi ayahnya, Zeus. Dia melahirkan seorang putra, Hermaphroditos yang berbakti (dan beberapa mengungkapkan Eros).
NERITA (Dewa laut muda) yg adalah cinta pertama Aphrodite. Ketika dia menolak meninggalkan bahari buat bergabung dengannya di Olympos, beliau mengubahnya menjadi ikan kerang buat pengkhianatannya.
POSEIDON (Dewa bahari) berselingkuh menggunakan Aphrodite yg bersyukur atas dukungannya mengikuti wahyu interaksi asmaranya menggunakan Ares. Dia memberinya dua putri Rhodos serta Herophilos.
ZEUS (Raja para dewa) berusaha merayu Aphrodite ketika dia pertama kali menginjakkan kaki di darat pada Kypros. Aphrodite melarikan diri dan benih Zeus tumpah ke bumi.
Fakta Tentang Dewi Aphrodite
- Aphrodite adalah dewi cinta, hasrat serta estetika.
- Pohon sucinya adalah pohon murad, sedangkan burung sucinya adalah burung merpati, angsa, serta burung gereja.
- Aphrodite: sensual, misterius, perayu yang berbahaya ini telah salah satu sifat mendasar dari wanita sepanjang zaman.
- Aphrodite mewakili seks, afeksi, dan daya tarik yg mengikat orang beserta.
- Dua cerita tidak sama mengungkapkan kelahiran Aphrodite. Yang pertama sederhana: Dia adalah anak Zeus dan Dione.
- Menurut cerita kedua, Aphrodite bangkit menurut busa laut.
- Aphrodite menikah dengan Hephaestus, namun Aphrodite nir masuk ke dalam persatuan berdasarkan kemauannya sendiri.

Comments