DASAR DASAR RIGGING HAND SIGNAL ENGINEERING JOBS

Rigging Hand Signal pada bahasa indonesia merupakan isyarat tangan juru ikat. Rigger merupakan juru ikan sekaligus pemandu operator pada pengoprasian crane. Operator crane serta juru ikan (Rigger man) mempunyai morse atau bahasa tangan isyarat khusus dalam melakukan pekerjaan engineering atau pada pengoprasian crane. Bahasa isyarat tadi pada sebut dengan "Hand Signal" saya fikir belajar memandu crane sangat berguna khususnya bagi warga pulau batam. Kota industri yang di kelilingi banyak perusahaan galangan kapal serta pembuatan module. Berikut ini merupakan pengetahuan dasar dasar hand signal berbasis international.

Use Main Hoist
Angkat lengan tepat pada atas helm menggunakan posisi tangan mengepal sembari mengetuk helm, Gerakan ini memiliki arti meminta operator crane menurunkan hoist primer (bundel primer).
Use whipeline
Gerakan mengangkat lengan kanan setinggi pinggang dan posisikan lengan ditekuk membangun siku, pada sertai gerakan tangan kiri menepuk siku lengan kanan secara berulang-ulang. Gerakan ini memberikan signal kepada operator crane supaya menurunkan whipline atau auxiliary hoist (bundel mini ).
Hoist
Gerakan mengangkat lengan menciptakan siku-siku pada sertai jari telunjuk pada acungkan ke atas di sertai menggunakan memutar lengan searah jarum jam. Gerakan ini memberi signal kepada operator crane untuk memulai pengangkatan barang dengan menggulung sling/wire perlahan.
Lower
Gerakan Menurunkan lengan dengan posisi jari telunjuk menunjuk ke bawah yg sertai gerakan putaran tangan searah jarum jam. Isyarat ini digunakan dalam proses penurunan barang menggunakan mengulur sling (wire rope).
Raise Boom
Angkat lengan kanan dengan tinggi bahu, lurus ke samping menggunakan posisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke atas. Isyarat buat meminta operator crane mempertinggi boom (leher crane).
Lower Boom
Angkat lengan kanan dengan tinggi bahu, lurus ke samping dengan posisi tangan mengepal serta ibu jari menunjuk ke bawah. Isyarat ini berarti meminta operator menurunkan boom (leher crane).
Raise the Boom and Lower the Load
Angkat lengan kanan setinggi bahu, luruskan ke samping dengan posisi tangan mengepal dan bunda jari memilih ke atas, lalu gerakan keempat jari mengarah ke pada serta keluar sampai gerakan beban sinkron yang dikehendaki.
Gerakan ini meminta operator untuk menaikkan boom dan mengulur sling (wire rope). Di lakukan buat memposisi kan barang sinkron yang di ingin kan.
Lower the Boom and Raise the Load
Angkat lengan kanan dengan tinggi bahu, luruskan ke samping menggunakan posisi tangan mengepal serta ibu jari menunjuk ke bawah, lalu gerakan keempat jari mengarah ke pada dan keluar.
Gerakan ini meminta operator buat menurunkan boom dan menggulung sling (wire rope). Di lakukan buat memposisi kan barang atau memposisikan main hoist sinkron yg pada ingin kan.
Swing
Angkat lengan dengan tinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi seluruh jari lurus ke samping. Gerakan ini memberi isyarat ke pada operator melakukan swing (memutar crane ke samping kiri atau kekanan).
Extend Boom
Gerakan ini dipakai spesifik buat telescopic crane. Kedua lengan diangkat membangun siku ke depan menggunakan posisi telapak tangan ke atas jari dikepal, mak jari menunjuk ke samping luar. Meminta operator memperpanjang boom.
Retract Boom
Gerakan ini dipakai spesifik buat telescopic crane. Kedua lengan diangkat membentuk siku ke depan dengan posisi telapak tangan ke atas jari dikepal, bunda jari menunjuk ke pada. Isyarat meminta operator memperpendek boom.
Extend Boom (One Hand)
Isyarat permintaan memperpanjang boom hanya dilakukan dengan satu tangan bila tangan lain sedang memegang tali kendali. Extend boom ditandai menggunakan mengarahkan mak jari ke badan signalman sendiri. Khusus type crane telescopic.
Retract Boom (One Hand)
Isyarat permintaan memperpendek boom hanya dilakukan menggunakan satu tangan bila tangan lain sedang memegang tali kendali. Extend boom ditandai menggunakan mengarahkan telapak tangan ke depan. Khusus type crane telescopic.
Move Slowly
Gerakan menggunakan posisi jari telunjuk menunjuk ke atas serta memutar searah jarum jam pada bawah telapak tangan yg lain. Isyarat buat meminta operator meningkatkan atau menurunkan beban secara perlahan-huma.
Stop
Angkat salah satu lengan dengan tinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi tangan terbuka ke arah bawah disertai gerakan naik turun. Isyarat ini berarti meminta boom atau takel tidak boleh sementara waktu.
Emergency Stop
Angkat ke 2 lengan dengan tinggi bahu luruskan ke samping dengan posisi tangan terbuka ke arah bawah sambil digerak-gerakkan naik turun. Isyarat ini berarti meminta operasi boom atau takel wajib diberhentikan lantaran kondisi darurat.
Travel (One Track)
Gerakan tangan ini hanya digunakan buat crawler crane. Angkat lengan membangun siku-siku menggunakan posisi jari mengepal , lalu lengan lainnya diangkat dengan tinggi pinggang dengan posisi tangan mengepal sambil diputar menunjuk keluar. Gerakan ini memberi isyarat agar operator menggerakkan satu track (satu roda crane) mundur atau maju, jika gerakan menunjuk ke badan signalman, adalah track crane wajib berkiprah maju dan sebaliknya. Sedangkan meminta track kiri atau kanan di tandai menggunakan tangan yang di angkat membentuk siku serta mengepal.
Travel (Both Tracks)
Mengangkat kedua lengan setinggi pinggang dengan posisi tangan mengepal disertai gerakan tangan berputar. Jika gerakan menunjuk ke badan signalman, adalah crane wajib beranjak mendekatinya. Sebaliknya, jika arah putaran menjauh menurut signalman, adalah crane harus berkecimpung menjauh atau mundur. Isyarat tangan ini hanya digunakan buat crawler crane.
Travel
Kedua lengan diangkat ke depan dengan tinggi bahu menggunakan telapak tangan pada buka posisi misalnya mendorong. Artinya, crane harus berkecimpung mundur atau maju sesuai perintah.
Dog Everything
Meminta crane standby atau berhenti operasi isyaratkan menggunakan salah satu tangan memegang tangan yang lain pada depan setinggi  pinggang.

Sebagai pemahaman lebih lanjut mengenai Engineering Jobs "rigging hand signal" harap perhatikan gambar gift yang tersedia.

Comments