CONTOH RANGKAIAN PWM PULSE WIDTH MODULATION MOTOR DC IC 555

Contoh Rangkaian PWM (Pulse Width Modulation) Motor DC IC 555 – Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah motor DC terdiri dari tubuh stasioner motor  atau yang terhitung biasa dianggap menggunakan “stator”, dan anggota didalam yg berputar atau yang terhitung dikenal dengan nama “rotor”. Pada sebuah motor DC mini , statornya terdiri dari sepasang magnet permanen tetap.

Untuk mesin DC rotor biasanya disebut menggunakan “armature”. Motor armature terdiri dari kumparan listrik individu yang membuka beserta didalam konfigurasi melingkar pada lebih kurang tubuh logamnya. Arus yang mengalir didalam kumparan rotor menghasilkan medan elektromagnetik.

Kekuatan yg diterapkan dalam motor DC sanggup dikontrol menggunakan langkah memvariasikan lebar pulsa, dan dengan demikian poly variasi umumnya tegangan searah atau DC yang diberikan dalam motor terminal. Dengan mengganti atau modulasi selagi pulsa, kecepatan motor mampu dikontrol atau dikendalikan dengan gampang.

Rangkaian PWM Motor DC menggunakan IC 555
Semakin lama “ON”, maka makin cepat motor bakal berputar. Sebaliknya, makin pendek pulsa “ON”, maka motor bakal berputar dengan lebih lambat.  Dengan istilah lain, makin bertenaga fluks magnetik didalam gulungan armature, lebih cepat pula motor bakal berputar. Untuk informasi detail mampu engkau memandang gambar pada bawah ini. 


Yang jadi pertanyaan merupakan, bagaimana kami mampu membuat sinyal modulasi lebar pulsa buat mengontrol motor? Mudah saja, yaitu dengan menggunakan IC 555 Oscillator. Jika anda mengidamkan tahu bagaimana skema rangkaiannya, silakan simak baik-baik gambar skema urutan yang kami bagikan berikut ini. 

Rangkaian simple yg tersedia pada atas, manfaatkan IC NE555  atau dapat pula IC 7555 timer. IC selanjutnya dipakai untuk membuat lebar pulsa modulasi isyarat yg diharapkan dalam hasil frekuensi permanen. Semua komponen yang diperlukan buat mengakibatkan urutan selanjutnya bisa ditemukan beserta ringan di toko komponen.

Semoga Info singkat berkenaan Contoh Rangkaian PWM (Pulse Width Modulation) Motor DC IC 555. Semoga Info tadi bisa beri tambahan kegunaan dan tambahan wawasan bagi para pembaca semua, utamanya yg hobi beserta dunia elektronik serta kelistrikan. Sampai jumpa. 

Comments