CONTOH PUISI PENDEK YANG BEMAKNA TIDAK PENDEK

Puisi adalah karya sastra yang memakai istilah-kata indah buat membicarakan sesuatu, baik berutujuan buat mengkritik, menyampaikan perasaan cinta, perasaan murung , atau bahkan berdoa. Sebuah puisi pendeknya merupakan enkspresi diri.
Ada berbagai macam penulisan puisi. Ada puisi lirik, ada puisi panjang misalnya prosa, terdapat puisi pamflet, terdapat puisi pendek, ada jua puisi kontemporer. Puisi pada masa ini ada juga yang diklaim menggunakan puisi pendek. Contohnya puisi karya Sitor Situmorang. Dapat dikatan sebagai model puisi pendek sekali.

Bayangkan puisi Sitor hanya terdiri menurut satu judul yg tediri dari dua istilah. Puisi pendek karya sitor situmorang ini juga hanya terdiri menurut tiga kata yg sebagai barisnya, hanya satu baris. Bayangkan betapa pendeknya puisi Sitor Situorang ini.
Berikut ini model puisi pendek karya Sitor Situmorang:
Malam Lebaran

Bulan pada atas kuburan
Sudah, puisinya begitu saja. Sangat pas bila diklaim menggunakan puisi pendek, mungkin jua super pendek. Tetapi memiliki kedalaman makna.
Ada sebuah goresan pena yang membahas Puisi Pendek karya Sitor ini. Biasanya Malam Lebaran identik dengan malam takbir idulfitri. Apabila malam takbir idulfitri maka seharusnya tidak terdapat rembulan lantaran rembulan masih sangat kecil pada ufuk barat.
Maka, bila melihat kenyataan alam, dipastikan yang dimaksud malam lebaran pada contoh puisi pendek pada atas merupakan malam lebaran iduladha. Lantaran selain untuk menyebut hari raya idulfitri, kata lebaran juga digunakan untuk menyebut hariraya iduladha.
Puisi 'Malam Lebaran' karya Sitor Situmorang pada atas merupakan contoh puisi pendek yang memiliki makna yg sangat panjang. Mengapa malam lebaran, mengapa di atas kuburan. Bukan pada atas yg lain.
Dapat disimpulkan bahwa, malam lebaran iduladha identik menggunakan pengorbanan, karena pula disebut menggunakan hari raya kurban. Nah, kuburan merupakan simbol kematian. Kematian seorang biasaya yang jua sebagai korban. Meskipun model puisinya 'hanya' satu baris, puisi pendek, tetapi maknanya nir pendek.
Ada lagi karya model puisi pendek namun mempunyai makna yg sangat panjang. Contoh puisi pendek selanjutnya tersebut merupakan karya Taufiq Ismail.
Puisi karya Taufiq Ismail yang berjudul 'Dengan Puisi Aku' dapat digolongkan sebagai contoh puisi pendek. Berikut ini puisi lengkap karya Taufiq Ismail tersebut:
Dengan Puisi Aku
Dengan puisi saya bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
dengan puisi saya bercinta
Berbaur Cakrawala

Dengan puisi saya mengenang
Keabadian yg akan datang
dengan puisi saya menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris

Dengan puisi aku mengutuk
Napas zaman yg busuk
Dengan puisi aku berdoa
Perkenankanlah kiranya

Puisi pada atas terdiri berdasarkan tiga bait. Tetapi maknanya sangat pada. Jika dijelaskan mampu dijelaskan menurut 2 baris.
Dengan puisi saya bernyanyi/ Sampai senja umurku nanti

Artinya merupakan menggunakan puisi, penyair ingin bernyanyi (bersenandung) mengabarkan kegembiraan. Meskipun hingga hari tua.
Dengan puisi saya bercinta/ Berbaur cakrawala

Artinya adalah menggunakan menulis puisi atau berpuisi, penyair ingin menyatakan cintanya, pada alam semesta yg ditandai menggunakan kata 'cakrawala'.
Dengan puisi saya mengenang/ Keabadian yg akan datang
Artinya menggunakan puisi penyair akan mengenang insiden yg pernah dialami, sebagai akibatnya di masa yg akan datang menjadi sesuatu yg tak pernah mati.
Dengan puisi saya menangis/ Jarum saat apabila kejam mengiris

Artinya menggunakan puisi penyair ingin mengungkapkan kesedihannya waktu keadaan (jaraum saat) membuatnya bersedih, dan keadaan kejam terhadap dirinya.
Dengan puisi aku mengutuk/ Napas zaman yg busuk

Artinya menggunakan puisi penyair ingin menggugat dan protes terhadap kondisi zaman yang busuk. Baik syarat masyarakat maupun syarat pemerintah maupun kondisi sosial lainnya.
Dengan puisi aku berdoa/ perkenankanlah kiranya

Artinya menggunakan menulis puisi penyair menulis doa, dan berharap diperkenankan (dikabulkan) sang yang kuasa.
Sekali lagi dari menurut puisi pendek, makna yang digali sanggup sangat panjang dan sangat pada. Bisa memberikan pelajaran dan membicarakan segala hal yang sedang dialami sang penyairnya.
Demikian adalah model puisi pendek yang berisi makna yg sangat pada. Jika pembaca memiliki model puisi pendek yang lain sanggup menyebarkan melalui komentar.
Selamat berpuisi, salam Pustamun!

Comments