COMPLETE GUIDE SETUP SEO WEB BLOGGER

Set-Up SEO Web Blogger - Platform Blogger.com dalam dasarnya telah pada desain atau sudah memiliki fitur serta pengaturan yg mendukung pengoptimalan mesin telusur "search engine optimizer" atau generik disebut SEO (Search Engine Optimization). Hanya saja mungkin banyak blogger pemula kurang mengerti bagaimana seharusnya memaksimalkan pengaturan "Settings" blogger agar web/blog lebih SEO Friendly serta bisa bersaing pada page hasil penelusuran Google, Bing, Yahoo serta Yandex "Search Engine Results Pages (SERP)".

Manfaat serta Tujuan SEO (Search Engine Optimization)

  • Meningkatkan volume trafik organik
  • Menargetkan konten ke audiens (calon pengunjung) yang tepat
  • Mempertahankan PageRank (Ranking) page secara terus-menerus
Jadi dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips serta trik seo pada platform blogger menggunakan mengoptimalkan "Setup" beberapa pengaturan serta fitur pendukung web blogger. Berikut langkah-langkah SEO Blogger yg wajib dilakukan.

Optimasi Header Blog

Buatlah nama serta domain unik buat situs blog anda contohnya "Borisinil" serta url yg dipakai borisinil.blogspot.com atau borisinil.com buat custom domain.
Kemudian setting serta aktifkan Description serta isi pelukisan blog menggunakan kalimat yg mengandung istilah kunci yg memberikan citra tentang judul serta niche situs.
Meta description berfungsi buat menampilkan cuplikan "berita" tentang berita sebuah laman web pada halaman hasil pencarian. Cuplikan atau paragraf pendek yang ditampilkan pada deskripsi situs sangat membantu untuk menaikkan jumlah klik (trafik) situs.
Pada dasarnya fungsi pelukisan adalah buat memberikan liputan yg lebih kentara kepada user mengenai url web yg mereka lihat di laman output pencarian, terkadang mesin pencari juga memanfaatkan kata kunci yang ada dalam deskripsi apabila istilah kunci yang cari sang user tidak ditemukan pada pada halaman web.

Mengoptimalkan Konten Blog

  1. Buatlah judul konten "artikel" menggunakan kalimat yang kentara serta singkat
  2. Hindari penggunaan istilah yg berulang pada judul artikel.
  3. Hindari penggunaan URL yang terlalu panjang pada url konten/artikel.
  4. Sisipkan kata kunci dalam judul artikel, URL serta deskripsi artikel.
1. Teknik Penulisan Artikel Agar SEO Friendly
Konten "Artikel" yang SEO Friendly memiliki 3 ciri spesial yaitu; Deskriptif, Informatif serta Fresh atau ide baru, jika tiga ciri tadi sudah terpenuhi 80% artikel sudah seo friendly, buat menerima nilai atau ranking yg lebih pada search engine sedikit tambahan teknik seo perlu diterapkan buat mengoptimalkan konten / artikel, berikut penerangan lengkap nya;
  • Buatlah konten atau artikel menggunakan penjelasan yang lengkap serta nir bertele-tele.
  • Gunakan "bullet list" buat mengumpulkan poin-poin materi.
  • Gunakan long tail keyword buat mendukung kata kunci primer artikel.
  • Buat deskripsi artikel menggunakan kalimat jelas (deskriptif) serta berisi kata kunci
  • Gunakan subheading (heading tag) pada artikel yang panjang
  • Hubungkan antar artikel yg mempunyai keterkaitan yg sangat dekat dengan menggunakan tautan.
  • Gunakan atribut "nofollow" dalam url pihak ketiga atau external links.
2. Optimasi Multimedia "Gambar atau Image"
Salah satu perayap google yg paling berpengaruh terhadap indexing serta crawling situs web merupakan googlebot-image, Itu sebabnya pada dalam sebuah artikel hendaknya disertakan multimedia pendukung misalnya seperti gambar, tujuan-nya supaya artikel lebih gampang dikenali serta dapat ditemukan pada page hasil pencarian menggunakan poly cara.
Untuk memaksimalkan perayapan "googlebot-image" terhadap halaman web atau artikel perlu dilakukan beberapa pengoptimalan dalam gambar artikel yaitu;
  • Tambahkan Caption serta Tag Alt Image dalam gambar yg di upload kedalam artikel
  • Sisipkan kata kunci primer artikel dalam teks Caption serta Tag Alt Image
  • Gunkan file gambar yg sesuai menggunakan standard web (PNG, JPG, GIF, and SVG)
  • Hindari penggunaan gambar diatas 500kb
Selain memaksimalkan konten di mesin telusur, penggunaan gambar menggunakan size yang lebih kecil jua bermanfaat buat menjaga kecepatan pemuatan "loading" situs web/blog.

SEO Strategy

Apa yg dimaksud menggunakan SEO Strategy? Mengapa SEO membutuhkan strategy? Selain mengoptimalkan konten serta keyword, Optimasi SEO juga membutuhkan strategy buat menunjang konten yang sudah dioptimalkan pada mesin telusur serta berikut adalah merupakan beberapa strategy yg harus diterapkan pada Optimasi SEO Blogger.
1. Membuat Navigasi Situs Yang Jelas
  • Kelompokkan artikel dengan menggunakan tag label
  • Hindari penggunaan tag label yg berlebihan (Ideal nya 1 sampai dua tag label)
  • Hindari penggabungan tag label yang antagonis misalnya "SEOCooking", yg sahih merupakan "SEO, Blogging".
Fungsi tag label pada dasarnya adalah buat membuat kategori artikel/mengelompokkan konten berdasarkan kategori, kemudian didukung dengan Breadcrumb akan memudahkan mesin pencari menemukan konten atau artikel menurut kategori (tag label).
2. Optimasi Blog pada Sosial Media

Mengapa wajib mengoptimalkan blog pada sosial media? Dalam global blogging sosial media merupakan alat kenaikan pangkat situs/konten yang paling efektif, secara nir pribadi grafik kemudian lintas (trafik) yang diperoleh melalui sosial media pula menghipnotis "memberikan efek baik" terhadap rating konten serta situs itu sendiri pada search engine serta yg wajib dilakukan untuk mengoptimalkan situs web pada sosial media adalah;
  • Setting thumbnail share posts serta header blog supaya lebih menonjol pada Sosial Media (Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn serta sebagainya)
  • Membuat halaman sosial media yg serupa menggunakan nama (judul situs web), ini bertujuan agar keyword situs bisa mendominasi halaman output penelusuran search engine "google".
  • Kaitkan halaman sosial media menggunakan situs blog buat membangun backlink positif
  • Bagikan setiap post yg di publikasikan di situs blog ke laman sosial media, buat mendongkrak keterlihatan (Fanspage Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn dsb) dilaman hasil pencarian search engine.
Sebagai contoh meningkatkan secara optimal SEO dengan memanfaatkan sosial media, cobalah ketikkan Keyword "Halaman Kepri" pada penelusur anda, hampir 100% halaman hasil pencarian dikuasai sepenuhnya oleh situs tadi.

3. Memaksimalkan Kecepatan Pemuatan Situs
  • Asynchronous bundling javascript yang memblokir rendering
  • Kurangi penggunaan inline css pada html situs
  • Minify JavaScript, CSS serta HTML Situs
  • Gunakan Tag DNS Prefetching, atau
  • Gunakan template AMP bila memungkinkan.
Prioritas utama google dalam mesin pencari merupakan mengutamakan kenyamanan pada pengguna-nya khususnya pengguna mobile device. Oleh karena itu google mengajak semua pengembang situs buat menciptakan website yg mobile friendly (ramah seluler), Dan bukan rahasia umum apabila google memprioritaskan situs yang lebih cepat di mesin pencarian nya.
4. Membantu Penelusur Menemukan Konten Situs
  1. Hindari pencekalan perayapan yang hiperbola sang robots.txt
  2. Submit sitemap atau peta situs ke webmaster tools "Google Search Console"
  3. Tambahkan Breadcrumb ke situs web/blog
  4. Aktifkan/Buat Tag lokasi buat mengoptimalkan konten di pencarian lokal
  5. Gunakan meta keyword blogger
  6. Perbaiki markup structured data situs
Lakukan hal serupa "submit sitemap" dalam webmaster bing, yahoo serta yandex agar konten situs (artikel) bisa ditemukan pada laman output penelusuran mereka.
5. Membangun Backlink Secara Berkala

Setiap konten situs blog yg sudah di index oleh perayap google biasanya telah mendapatkan backlink (tautan kembali) dari google, namun itu belum relatif buat menaikkan rating situs lantaran situs web lain jua menerima backlink serupa, berikut tips membangun backlink situs;
  • Upload arsip video atau gambar original ke dalam konten situs (file original adalah umpan buat menerima backlink berkualitas saat file dipinjam oleh situs lain)
  • Berkomentar pada situs-situs terkenal secara berkala serta pilih situs yang memakai kolom komentar menggunakan link situs (Forum profile).
  • Menulis pada blog guest posts atau lembaga-forum terbuka.
Terakhir kaitkan situs blog dengan Google Analytics, bagian ini sebenarnya hanya buat menganalisa kinerja situs baik performa juga keberadaan situs pada halaman output penelusuran, melalui hasil analisa tadi kita dapat menetapkan langkah-langkah apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang perkembangan situs serta pengoptimalan mesin telusur (SEO).
Tutorial diatas merupakan adonan teknik SEO On-Page serta SEO-Off  Page, diterapkan dengan benar maka situs blog sudah tergolong seo friendly sehingga hampir tidak perlu lagi mempelajari teknik SEO On-Page serta SEO-Off  Page melainkan hanya memahami dasar-dasar materi nya saja.
Demikian "Teknik SEO Blogger" yang bisa aku sharing sama sahabat-teman blogger, semoga dapat membantu anda pada mengoptimalkan blog di mesin telusur (Search Engine Optimization). Berikan donasi anda mengenai teknik SEO buat menyebarkan "Blogging" di indonesia melalui kolom komentar jangan lupa Subscribe sebelumnya.

Comments