CIRI CIRI FISHING GROUND

Ciri Ciri Fishing Ground

Fishing Ground atau Daerah Penangkapan Ikan sangat penting keberadaanya buat menentukan pada penangkapan Ikan. Walaupun dalam mencari Ikan Kita sudah menggunakan alat canggih misalnya Fish fender tetapi nir selamanya fish fender selalu pada kondisi baik.

Keberadaan akan ikan juga bisa amati dengan melihat karakteristik ciri nya atau tanda - tanda akan adanya  fishing ground atau tempat berkumpulnyan ikan. Dan daerah dimana tempat berkumpulnya ikan itulah yang dinamakan dengan Fishing Ground.

Pengetahuan akan Fishing Ground sudah miliki para nelayan sebelum adanya alat-alat canggih seperti Fish Finder, GPS, Maupun Sounder. Daerah Daerah Fishing Ground inilah yang menjadi patokan kebiasan dari nelayan menentukan kebiasaan menangkap ikan.

Yang Dapat Mempengaruhi akan fishing Ground

Beberapa Yang ternyata bisa menghipnotis wilayah penangkapan ikan pada antaranya adalah 

- temperatur air, 

- kadar gram (salinitas), 

- pH, kecerahan (transparancy), 

- Arus /gerakan air,
- kedalaman perairan, 

- topographi dasar perairan, 

- bentuk bangunan yang ada pada dasar perairan(bottom propertis), 

- kandungan oxygen terlarut serta makanan.

Ciri Ciri Fishing Ground

Ada beberapa faktor dimana faktor tersebut menciptakan suatu wilayah penangkapan yang baru. Dan Daerah Penangkapan tadi terkadang tidak di catat oleh nelayan menjadi data buat mampu mengetahui tentang konvoi ikan. Adapun Ciri ciri Fishing ground secara umum adalah :

- Terdapat rumpon atau bangunan pada atas atau di bawah air, Karakteristik menurut ikan yang menghuninya (misalnya sub populasi, umur, ukuran, jangka waktu/usang kehidupan serta tingkat pertumbuhan).

- Adanya kumpulan Burung burung

- Nampak Riak Riak Air,  Air mengelurakan gelumbung Udara

Jumlah individu ikan (seperti ukuran sub populasi, jumlah ikan yang tiba ke Fishing ground, jumlah gerombolan ikan serta tingkat kepadatan individu buat setiap kelompok.

- Karakteristik fishing ground (seperti : letak/posisinya, wilayahnya, dan kedalamannya).

- Waktu (misalnya : animo, lamanya tinggal )

Faktor Pembentuk Fishing Ground

Fishing Ground yang terbentuk lantaran adanya Terumbu KarangFishing Ground yg terbentuk lantaran faktor Kemiringan Benua (Continental shelves)Fishing Ground yang terbentuk lantaran Topography Dasar atau Bentuk Dari Garis PantaiFishing Ground yg terbentuk  lantaran adanya Arus UpwellingFishing Ground yg terbentuk akibat Daerah Pertemuan 2 Buah Arus
Demikian artikel tentang Ciri ciri fishing Ground semoga berguna bagi pembaca

Comments