CATATAN PERBAIKAN 2 HARI DI BULAN AGUSTUS SODIRADEM BLOG

Sudah beberapa hari cara flexi nir posting tentang apapun. Karena lumayan sibuk di dunia off line. Job servis panggilan semua. Sehingga sangat Lelah ketika telah pulang ke tempat tinggal . Idepun tidak muncul waktu Lelah. Nah mumpung ada saat luang kali ini aku akan merangkum beberapa catatan krusial mengenai pemugaran bersama penyebabnya yang sudah saya alami beberapa hari belakangan.
To the poin saja tidak bosa basi mudah mudahan dapat sebagai sebuah refrensi buat rekan – semuanya.
1.   Mperbaiki Receiver Matrix
 Memperbaiki receiver matrix jadul, lupa tipe nya tetapi acara telah mirip menggunakan receiver burger mpg2. Kerusakan waktu dihidupkan Nampak lampu indikator berkedip cepat lalu mcb anjlok. Setelah ganti elko pada bagian primer yaitu 47 uf35volt tidak terdapat perubahan. Akhirnya ganti satu blog smps. Langsung cling.
2.   Memperbiki amplifier kurang nendang
Kedua saya disuruh memperbaiki amplifier kurang power full, buat suplay 2 speaker 12 inci. Bass kurang mantap. Trafo memakai 5 ampere era, 32 volts. Ternyata sesudah aku Telusuri penyebabnya; suplay hanya dihubungkan 25-volt saja. Sedangkan transistor asli sanken. Lalu aku kasih penjelasan tentang hal ini. Bahwa transistor sanken yg orisinil, bisa disuplay lebih dari 32-volt ct. Istilah yg punya, ucapnya takut keluar jinn hehehe. Kemudian aku betulkan ke 32-volt ac. Kesalahan tidak berhenti di situ saja, ternyata cara memparalel transistor final pun masih belum tahu. Menggunakan 4 pasang transistor sanken ternyata penahan kapur hanya menggunakan 2 butir saja. Alhasil transistor panas berlebih. Pantes saja dulu sempat mengalami transistor keluar jinn. La Wong transistor Nya pada paralel secara pribadi.
Baca juga: cara membuat power supaly power amplifier
Yang lebih apes lagi saya waktu itu hanya jalan-mengantarkan receiver. Tidak membawa indera servis. Denga terpaksa saya menggunakan solder milik orang tadi. Ampuuun deh soldernya gak sanggup untuk melelehan tinol dengan cepat. Sehingga memakan ketika yang cukup lama . Ternyata setelah saya bongkar rangkaianya, solderan kabel tanggal seluruh. Seperti effect multi player, lepas satu, tanggal semua. Akhirnya saya merakit ulang. Lantaran keterbatasan alat yang aku pakai, yg krusial sambungan antar kabel sudah kuat.  hambatan kapur aku tambah menjadi 8 butir, tegangan dalam trafo saya hubungkan dengan 32 volt ct, solderan sudah kuat,
 Kemudian ditess, orang tersebut geleng-geleng ketua, sambil bilang 'mantap!'.
3.    Memperbaiki Speaker Aktif Setereo
Gejala bunyi serak. Beberapa kali saya mengalami bahwa speaker aktif yg menggunakan stereo dalam blog amplifier akan mengalami mangkat sebelah yang terjadi secara terus menerus. Satu nya normal’ satunya lagi terbakar. Mungkin kerja pada amplifier mengalami ketidak imbang antar amplifier. Lantaran board sudah terbakar, saya menetapkan buat mengubah out board blog amplifier. Mengganti menggunakan kit baru. Dengan transistor final yg lebih tinggi daya tahan yaitu menggunakan Toshiba seri SC serta SA. Sehingga kuat meski harganya gak lebih mahal namun gampang-mudahan nir pulang bengkel lagi.
Nah beberapa catatan servis saya meski hanya catatan ringan, gampang-mudahan mampu sebagai refrensi terutama bagi pemula pada bidang servis elektro. Sampai bertmu dia artikel caRa flexi Selanjutnya….

Comments