CARA SIDELOAD APLIKASI DI ANDROID


Apabila Anda pengguna Android maka Anda memahami bahwa terdapat banyak aplikasi pada Play Store yg bisa Anda unduh dan instal ke perangkat Anda. Namun, nir seluruh aplikasi yg mungkin ingin Anda pakai tersedia dari Play Store. Bergantung dalam daerah di mana Anda berada dan versi Android yg digunakan perangkat Anda, beberapa pelaksanaan mungkin nir tersedia pada Play Store. Ketika ini terjadi serta Anda ingin menginstal pelaksanaan tetapi nir tersedia di Play Store, Anda dapat menginstal aplikasi secara manual eksklusif dari arsip installer dan proses ini yang diklaim sideload.
Dalam artikel ini, aku akan share dasar-dasar mengenai siteload dan apa risiko yang terkait dengannya, sehingga Anda dapat melanjutkan dengan aman. Bukan hanya itu saja, saya pula akan memberitahuakn kepada Anda cara melakukan sideload aplikasi di Android.
Apa Sideloading itu?

Sideloading adalah istilah yg mengacu dalam menginstal pelaksanaan ke perangkat Android Anda yg nir asal berdasarkan Play Store. Biasanya, saat Anda ingin menginstal aplikasi ke perangkat Android Anda maka Anda relatif pulang ke Play Store, mencari aplikasi yg Anda inginkan, serta kemudian menginstalnya berdasarkan laman Play Store. Namun terkadang Anda ingin memasang aplikasi dari sumber selain Play Store.
Untuk melakukan sideload pelaksanaan pada Android, Anda perlu mengganti beberapa pengaturan pada perangkat Android Anda serta lalu mencari file apk buat menginstal pelaksanaan yang Anda inginkan. Proses ini disebut sideloading.
Apa Saja Risiko Aplikasi Sideloading?

Anda akan melihat poly peringatan mengenai sideloading, baik berdasarkan situs web yang memberikan liputan tentang itu dan dari perangkat Anda saat Anda memulai proses pengistalan. Ini lantaran memang terdapat risiko keamanan pelaksanaan sideloading yg harus Anda waspadai. Aplikasi yg Anda kirim ulang belum diperiksa serta disetujui oleh Play Store, artinya pelaksanaan itu mungkin berisi kode berbahaya yg bisa membahayakan atau bahkan menciptakan perangkat Anda sebagai rusak.
Aplikasi yang diunduh secara ilegal seringkali mengalami perkara ini. File apk yang Anda gunakan buat menginstal pelaksanaan mungkin terlihat absah dan bahkan mungkin sahih-sahih berfungsi buat menginstal aplikasi, namun juga dapat menyertakan malware tersembunyi tambahan di dalamnya. Malware ini dapat melakukan hal-hal misalnya mencuri data Anda, memasukkan iklan ekstra ke browser web Anda dan pelaksanaan lain, atau menjadikan perangkat Anda bagian menurut botnet.
Untuk alasan ini, Anda harus sangat berhati-hati untuk hanya memakai asal yg bonafide saat Anda mengistal aplikasi. Anggap saja seperti ini: Anda nir akan menyerahkan ponsel yg tidak terkunci ke orang asing buat mereka mainkan. Dan menginstal arsip .apk misalnya membiarkan acara mengakses ponsel yg nir terkunci. Oleh karena itu, Anda usahakan hanya menginstal .apks menurut situs yg Anda kenal serta terpercaya.
Baca pula: 9 Aplikasi android terbaik yang nir terdapat pada Google Play Store
Cara Melakukan Sideload Aplikasi

Sekarang setelah Anda memahami apa proses sidelading serta apa risiko yang terlibat, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin melanjutkan. Untuk memulai sideloading Anda wajib terlebih dahulu mengaktifkan penggunaan asal yg tidak dikenal di perangkat Anda, dan lalu Anda dapat berpindah ke pemuatan aplikasi sebenarnya. Jangan khawatir, ini proses yg sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah berikut buat mulai memilah-milah pelaksanaan ke perangkat Android Anda:
Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Untuk memulai aplikasi sideloading, pertama-tama Anda harus mematikan fitur mencegah asal yang tidak dikenal pada menu keamanan Android. Opsi ini terdapat buat mencegah orang menginstal software secara tidak sengaja ke perangkat berdasarkan situs yang nir bonafide. Jika Anda pengguna Android serta Anda memahami mengenai keamanan maka Anda dapat mematikan opsi ini dan berhati-hati hanya buat menginstal aplikasi berdasarkan situs yang Anda percayai.
Berikut cara mengaktifkan penggunaan asal tidak dikenal untuk menginstal aplikasi pada Android:
1. Pergi ke Pengaturan
2. Buka Keamanan
3. Temukan item Sumber tidak dikenal
4. Setel penggeser ke posisi aktif
5. Anda akan melihat peringatan bahwa menginstal dari sumber yg nir dikenal mungkin berbahaya bagi perangkat Anda. Klik OK buat melanjutkan
6. Sekarang Anda bisa menginstal pelaksanaan dari lokasi selain Play Store serta Anda siap memulai aplikasi sideloading
Kesimpulan: Jika Anda ingin menginstal aplikasi Android menurut asal selain Play Store, Anda harus tahu cara melakukan sideload pelaksanaan. Anda harus berhati-hati ketika melakukan ini karena Anda harus menginstal pelaksanaan dari asal yg Anda percaya, karena Anda akan membiarkan aplikasi mempunyai akses ke data sensitif di ponsel Anda. Namun, jika Anda memahami asal aplikasi Anda dan Anda memercayainya, maka proses buat sidelading itu sederhana serta perlu buat diketahui.

Comments