CARA SERVIS TV LG LAYAR MENYEMPIT

Servis TV LG - Kemarin aku mendapat beberapa servisan tv lg menggunakan permasalaahan yang berbeda. Namun yg paling saya jangan lupa adalah LG FLATRON 21FC1CG-TH dengan gejala gambar mengecil serta LG29FS4RKE menggunakan gejala layar bagian bawah kurang penuh atau terpotong sekitar 5cm.

Kedua konflik tv tadi sudah aku rangkum menjadi catatan kecil saya pada cara flexi. Berikut ulasanya.

#1. LG FLATRON 21FC1CG-TH tanda-tanda gambar mengecil

Dari segi pengamatan chasis tv lg ini komponen dan solderan masih terlihat baik. Yang sebagai keunggulan TV protesis lg memang solderan slalu terlihat Bagus meski TV telah berumur sekalipun. Bahakan jarang solderan terlihat retak. Seperti lg flatron ini ketika saya aamati nir terdapat solderan retak satupun. Bahkan komponen masih terlihat Bagus selesainya fcb dibersihkan.

Karena pengamatan nir ada komponen yg terbakar atau elko yg gembung. Sesudah melakukan pengukuran ternyata tegangan output  power suplay drop. Terutama dalam bagian b+ flyback.

Sempat berpikir bahwa terdapat komponen yg short pada area horizontal karena kebanyakan b+ 115v drop disebabkan sang transistor horizontal atau flyback, karena dalam waktu saya mencoba mencabut transistor HORIZONTAL tegangan b+ normal.  Setelah aku cek transistor ternyata normal. Ini berarti terdapat yang short akan tetapi bagian lain, begitu fikir saya. Sempat membarui flyback ternyata hasilnya masih tetap sama yaitu gambar masih mengecil. Ternyata selesainya aku cek lagi out regulator drop semua ini berarti ada perkara pasa bagian signal input regulator bermasalah. Itu adalah permasalah pada bagian optocoupler. Cek komponen hambatan pada bagian optocopler smua normal nir ada yang melar ataupun short. Kemudian  baru memutuskan buat mengganti ic optocopler.

Alhasil TV menyala normal tegangan normal semua. Ternyata biangnya adalah ic optocopler rusak sebagai akibatnya mengakibatkan nir bisa merespon perubahan beban B+ menjadikan pada input power suplay lemah berimbas dalam tampilan layar menyempit.

TV LG FLATRON Menggunakan optocoupler PC 17L1. Pada bagian ac matic memakai ic STR W6753. Vertikal LA78040N. Horisontal C 6073. FBT 6174V-8006W = BSC25-NO352 =2R0809Y-23. Ic audio LA42072N . Memori 24C16A MCU 01CTMSA003F LG631 9R.

#dua.tv LG 29FS4 tanda-tanda menyempit bagian bawah lalu mati total sesudah panas.

Servis TV LG yg kedua ini sedikit relatif aneh, namun gejalanya jelas TV hidup namun setelah panas mangkat meninggalkan jejak menyempitnya layar bagian bawah.

Menangani TV dengan gejala misalnya ini butuh kecepatan dalam menentukan berukuran tegangan sebelum TV pulang tewas. Naqmun sebelum menuju ke termin pengukuran tegangan melakukan pengamatan serta resoldering dalam bagian solderan yang retak. Namu ternyata keduanya masih baik secara kasap mata.

Setelah melalui tahqp pengamatan serta resoldering kini menginjak ke termin pengukuran. Kali ini lebih sigap memilih ukuran tegangan. Lantaran sehabis layar menyempit bagian bawah durasinya sangat sebentar lebih kurang 5 dtk lalu meninggal total.

Ternyata tegangan waktu kumat, penyuplai ic vertikal memang sedikit drop.

Pertama mengubah dioda penyuplai ic vertikal. Tes selama satu jam normal namun setelah dipakai beberapa hari TV pulang rusak dengan tanda-tanda yg sama sehabis panas meninggal.
Sampai akhirnya kasus ini rampung tidak kumat lagi hingga kini merupakan dengan mengganti dioda penyuply ic vertikan dan mengganti ic vertikal TDA4863AJ .
Itulah kedua rangkuman servis tv LG yang cara flexi dapat tuliskan buat pembaca setia. Demikian semoga menaruh berita Refrensi servis tv lg layar bermasalah.

Comments