CARA SERVIS TV CRT LAYAR GELAP SUARA NORMAL

Terlihat TV keadaan hidup namun layar tetap gelap, sebagian orang awam bahwa ini adalah tabung CRT yang rusak. Tapi bagi teknisi nir semudah itu memfonis sebelum benar-benar mengcek seluruh komponen dan tegangan yang berhubungaan menggunakan kasus layar gelap. Oleh karena itu saya sebagai seseorang teknisi ingin membuatkan sedikit pengalaman yang mungkin mampu buat di jadikan refrensi buat rekan semuanya terutama pemula.

Cara Menangani Masalah CRT Gelap

Sebelum melakukan penyelidikan ke semua komponen ada baiknya bersihkan mesin TV dari debu dan kotoran lainya yang menepel pada komponen, karena debu yang tertimbun teramat lama akan mempengaruhi komponen berkarat dan akan menambahkan konduktor dan resistensi, pada pada dasarnya debu serta kotoran sangat mepengaruhi kinerja casis TV jika udara sedang lembab. Karena sanggup jadi kerusakan hanya pada pengaruhi debu.
Setelah semuanya pada bersihkan kini saatnya melangkah ke penyelidikan ke komponen dan tegangan.
Berikut ulasanya:

1. Solderan  Retak
Kualitas sebuah mesin TV mampu ditinjau dari segi solderan. Apabila solderan terlihat retak-ratak maka bisa di katakan soldiran kualitas rendah. Oleh karena itu, kadang kerusakan hanya di sebabkan oleh solderan yg hanya retak sebagai akibatnya kaki komponen tidak konek dengan jalur FCB. 

2. B+ Drop
Saat menemui masalah layar gelap hal ke 2 yg harus pada lakukan merupakan mengukur tegangan B+ 115 volt yg berfungsi menjadi penyuplay flyback. Pastikan elco pemfilter tegangan B+ pada keadaan baik, meski masih baik pribadi ganti yang baru. Karena kebanyakan CRT gelap seringkali di sebabkan oleh elco pemfilter B+ short maupun berkurang kapasitasnya.
Cek dioda penyearah B+ pula, apabila elco meledak atau B+ drop secara drastis.

3. Tegangan 180 volt
Setelah semua di pastikan kerja flyback baik, langkah selanjutnya menuju output flyback pada bagian jalur penyuplay 180 volt. Pastikan 180 atau sedikit di toleransi lima-10volt. Sama misalnya B+ 115 bahwa pemfilter 180 volt pula tidak luput menurut pemeriksaan pastikan benar benar baik. Elco ukuran kecil tetapi berpengaruh akbar.

4. Tegangan Sreen
Cek tegangan screen dalam Grid screen. Jika tidak ada tegangan periksa capasitor scren, umumnya jikalau masalahnya layar gelap capasitor ini akan short dengan groun, jika layar terlalu blangking berarti capasitasnya berkurang.

5. Filamen pemanas
Sebelum memastikan tegangan ada baiknya jka cek filamen CRT. Menggunakan ohm meter 1× untuk memastikan filemen CRT masih nyambung. Cek filamen CRT dengan tegangan lebih kurang 4-5 vot AC. Jika tidak timbul telusuri mulai berdasarkan out heater flyback. Ukur resistor pembatas yang dekat menggunakan output heater jika melar ganti menggunakan yang sama, boleh ganti tidak sama asalkan lebih mini ukuranya.

6. Flyback mati
Setelah semua di pastikan normal akan tetapi. Output flyback tak kunjung timbul bisa  di pastikan flyback sudah tidak layak kerja atau lemah. Maka ganti dengan yg baru.

7. Tabung CRT mati
Tabung CRT meninggal umumnya di tandai menggunakan layar gelap. Dan yg lebih parah lagi crt
•filmen putus
•filamen ngupil
Kedua masalah tadi terjadi kebanyakan merupakan dalam TV yg memang sudah berumur serta faktor kerja berlebih.
Dari perseteruan pada atas bisa di simpulkan bahwa dalam pada dasarnya kerusakan tabung layar gelap tapi suara terdapat  terletak pada flyback dan CRT itu Sendiri.

Artikel terkait;Masalah CRT gambar Gelap

Demikian yg dapat aku catat berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun terahir menangani, layar TV gelap namun suara normal. Semoga berguna!


Comments