CARA PENGISIAN NILAI RAPOR DAN US/USBN PADA DAPODIK VERSI 2018C

Pengisian Nilai Rapor serta US/USBN

Pada bulan ini sudah dirilis Aplikasi Dapodik Versi terkini yaitu versi 2017c. Yang paling fundamental salah satu perubahan dengan versi Dapodik sebelumnya yaitu dalam versi 2017 terdapat input nilai Rapor dan US/USBN. 

Pada kesempatan ini, saya sedikit cara flEXI tentang cara input Nilai Raport serta US/USBN dalam pelaksanaan 2017c. Saya anggap teman - teman operator sudah update versi dapodik 2017c serta saya anggap sudah download prefill rapor nya.

Langsung saja kita masuk ke menu Nilai serta pilih Rapor buat mengisi nilai rapor.

Pada bilah Menu Evaluasi Rapor, kita pilih semester dulu diubahsuaikan dengan kebutuhan, apakah semester gasal atau semester genap. Setelah itu pilih Rombongan Belajar (rombel), mau kelas berapa dulu yang mau diinput nilai rapor nya.

Untuk langkah selanjutnya, masih pada bilah Menu Evaluasi Rapor, pilih menu tambah yaitu buat menambah atau memasukan Mata Pelajaran yg ada dalam pelaksanaan dapodik tersebut. 
Untuk urutan Mata Pelajaran disesuaikan menggunakan Rapor pada wilayah masing - masing.
Setelah pada pilih Mata Pelajaran, baru klik tombol Simpan dan Tutup. Untuk memasukan Mata Pelajaran yang lainya, urutan kerjanya sama dengan pada atas, sampai Mata Pelajaran terinput seluruh dalam Menu Evaluasi Rapor.

Untuk langkah selanjutnya yaitu pengisian Nilai Rapor serta KKM. Untuk memunculkan bilah Nilai Rapor, kita tinggal klik ganda/dua kali pada Mata Pelajaran yang sudah diinput tersebut. Maka secara otomatis akan ada nama Peserta Didik berikut kolom isian buat input nilai.
Setelah nilai rapor selesai pada input, selanjutnya kita tinggal mengisi Nilai US/USBN. Dalam pengisian nilai US/USBN buat langkah - langkahnya sama menggunakan pengisian Nilai Raport. Perbedaanya menggunakan rapor adalah untuk nilai US/USBN hanya menginput nilainya saja nir ada KKM.

Setelah seluruh mata pelajaran diinput, selanjutnya kita buat Akun Guru terutama guru yg memiliki tugas sebagai wali kelas. Lantaran buat memasukan nilai wajib pengajar wali kelas, jika diisi sang operator,maka nilainya nir bisa disimpan.
Untuk menciptakan akun Pengajar mampu ditinjau pada artikel Cara Membuat Akun Guru/PTK Pada Aplikasi Dapodik.
Demikian artikel mengenai Cara pengisian nilai rapor dan US/USBN dalam pelaksanaan Dapodik versi 2017c, semoga bisa membantu.

Comments