CARA PENANGANAN IKAN DI DARAT

Cara Penanganan Ikan Di Darat - Ikan yang baru saja mangkat di sebut bahan pangan yg berada pada taraf kesegaran aporisma dalam hal ini adalah kita hanya bisa mempertahankan taraf kesejukan  atau menjaga mutu ikan.

Tingkat kesejukan ikan aporisma tadi atau sampai disitulah tingkat kesegarannya maksimalnya serta telah nir sanggup ditingkatkan lagi serta kita hanya sanggup mempertahankannya. 

Yang terjadi pada ikan output tangkapan ikan apabila tidak di tangani disaat di atas kapal menggunakan baik yaitu mutu atau tingkat kesejukan berdasarkan ikan tidak bisa dipertahankan karena pasti tubuh ikan akan mendapat luka.

luka dalam tubuh ikan cepat pada serang oleh bakteri yg menyebabkan kemundururan mutu dalam ikan serta apabila ini terjadi maka proses pembusukan akan cepat terjadi dalam ikan mengetahui bagaimana cara penanganan ikan di darat maka percuma saja.

Pentingnya penanganan ikan baik di atas kapal juga di darat memiliki peranan yg penting dalam menjaga kualitas serta mutu ikan. 

Cara Penanganan Ikan Di Darat


Adapun cara penanganan Ikan di darat anatara lain :

- semua kegiatan yg terlibat pada penanganan ikan haruslah dalam keadaan saniter

Karena apabila semuanya tidak saniter/ bersih maka bakteri sanggup berada pada mana saja  serta pula kuman penyakit serta ini membahayakan ikan terutama mutu kesegaran ikan ini akan cepat menurun akibat kegiatan bakteri. Termasuk pada pada nya wadah, serta Tempat pelangan Ikan.

- Menetapkan 4 Prinsip Penanganan Ikan di atas darat

Cepat

Ikan akan cepat menurun syarat kesegarannya/ atau mutunya karena pertumbuhan bakteri sangat cepat menggerogoti ikan oleh karenanya kita wajib melakukan penanganan dengan cepat supaya syarat kesegarannya/ mutunya bisa di pertahankan.

Cermat/ hati- hati

Dalam melakukan penanganan ikan pada darat kita harus memperlakukan ikan menggunakan hati- hati dalam ketika penanganan ikan sedang berlangsung, lantaran jika nir hati hati maka tubuh ikan bisa saja mendapat luka, jika terdapat luka dalam tubuh ikan maka bakteri akan sangat cepat menyerang tubuh ikan melalui luka ini. 

Oleh karenanya kita harus memperlakukan ikan menggunakan sangat baik supaya tubuh ikan tidak cacat serta tidak mengalami kemunduran mutu ikan segar.

Bersih/ sehat

Ikan cepat menurun mutu kesegarannya dan cepat pada serang bakteri jika pada ketika penanganan pada atas darat pada keadaan nir sehat, wadah yang di pakai nir bersih. Bukan hanya wadah saja yg perlu pada perhatikan dalam ketika penanganan ikan tapi seluruh yg terlibat pada penanganan ikan haruslah higienis.

Menerapkan suhu rendah/ dingin

Menerapkan suhu rendah atau dingin sangat dianjurkan pada ketika penaganan karena bisa menghambat kegiatan bakteri yg ada pada tubuh ikan dan menjadikan ikan permanen pada keadaan segar.

Pentingnya Peranan peranan yang mampu menjaga kualitas serta mutu ikan wajib terus di jaga , Baik penanganan ikan di atas kapal maupun penanganan ikan di darat wajib selalu sesuai menggunakan mekanisme menjaga mutu ikan Segar

Cara Penanganan Ikan Di Darat

Comments