CARA PASANG SAKLAR GANDA DOUBLE SWITCH TRIPLE DAN MULTI SWITCH

Saklar double atau saklar ganda pada bahasa inggris disebut dengan "double switch", sedangkan apabila tiga saklar diklaim "triple switch" dan 4 saklar diklaim "multi switch", fungsi saklar atau switch itu sendiri biasanya adalah menjadi pengontrol lampu (mematikan serta menyalakan lampu). Pada kesempatan ini saya akan menyebutkan tentang cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch.

Sebagai pendahuluan aku beritahukan bahwa sistem kerja sebuah saklar (switch) adalah menjadi alat pemutus dan penghubung arus listrik. Jadi bisa pihami bahwa pada dalam box switch (kotak saklar) nir ada kebel netral, melainkan hanya kabel phese (arus listrik positif), nah maka kebel phase inilah yg di hubungkan/diputuskan sang switch. Agar gampang di pahami sebelum kita sampai ketahap cara memasang double dwitch, triple switch serta multi switch, aku sudah menyiapkan sebuah gambar "bentuk dasar saklar" atau (traditional switch). Simak gambar berikut ini.
Keterangan:
  1. Kabel warna hitam yg pada tandai dengan alfabet "N" merupakan penghantar arus listrik negatif (neutral)
  2. Kabel warna merah yg di tandai menggunakan alfabet "L" merupakan penghantar arus listrik positif (phase), L berarti line atau jalur arus listrik.
  3. Dari gambar pada atas dapat di pahami bahwa saklar hanya berfungsi sebagai pemutus serta penghubung arus listrik saja, sederhana bukan...!

Cara Memasang Saklar Ganda (Double Switch)

Keterangan:
  1. Kable netral (hitam) di hubungkan eksklusif dari sumber ke fitting lampu.
  2. Kabel phase (merah) berdasarkan sumber "L" dihubungkan ke saklar 1 lalu di jumper ke saklar 2
  3. Pada gambar pemasangan saklar ganda diatas, masih ada cable jumper, kabel jumper tersebut berfungsi sebagai penghantar arus listrik positif (phase) dari saklar 1 ke saklar dua.

Cara Memasang Saklar 3 gang (Triple Switch)

Triple Switch dalam bahasa lainnya merupakan saklar tiga gang atau saklar tiga seri, mungkin di daerah kalian nama nya sanggup saja tidak sinkron, untuk menyatukan disparitas bahasa elektrikal tersebut kita gunakan bahasa inggris saja yaitu "triple switch". Cara memasang saklar tiga seri (triple switch) sama dengan cara memasang saklar ganda (doube switch) yang membedakan nya merupakan dalam pemasangan triple switch phase pada jumper hingga dua kali, perhatikan gambar ini dia.
Catatan: Penting buat melihat kabar gambar pemasangan saklar tiga gang diatas, supaya tidak terjadi kesalah pahaman pada membaca diagram tadi.

Cara Memasang Saklar 4 gang (Multi Switch)

Untuk cara memasang saklar 4 gang ini engkau wajib mengakibatkan ini menjadi PR di tempat tinggal , saya telah menyediakan gambar, namun  anda wajib melengkapi gambar tersebut sebagai latihan anda. Silahkan di download gambar rangkaian sakar 4 gang ini dan coba pada coret-coret menggunakan tinta merah, cobalah buat merangkai-nya, apabila kamu lakukan dengan sahih maka, switch hingga 10 gang pun insya allah sudah sanggup engkau pasang.
Cobalah buat menjumper phase (kabel merah) dari saklar satu ke saklar dua hingga ke saklar 4, lalu hubungkan ke masing masing lampu.

Demikian penerangan cara memasang saklar double switch, triple switch, dan multi switch ini, bagikan artikel ini ke kerabat anda jika dari anda ini bermanfaat, next tunggu artikel tehnik-tehknik listrik lainnya berdasarkan situs blog cara flexi dan semoga berhasil.

Comments