CARA MUTASI PTK ANTAR SEKOLAH MELALUI DAPODIK

Mutasi atau perpindahan tempat tugas PTK berdasarkan satu sekolah ke sekolah yang lain, baik masih pada satu jenjang atau tidak sinkron jenjang pasti melibatkan aplikasi Dapodik antara 2 sekolah yang bersangkutan. Dengan istilah lain, dapodik adalah salah satu pintu yg harus dilalui PTK jika ingin pindah tempat tugas. Oleh karenanya krusial buat tahu alur perpindahan PTK melalui dapodik.

Untuk itu admin akan menguraikan secara singkat rapikan cara mutasi PTK pada dapodik. Di sini yang akan diuraikan merupakan proses mutasi lewat dapodik bukan secara birokrasi. Tentu saja proses perpindahan PTK ini selain lewat dapodik juga memerlukan proses secara birokrasi bila PTK tadi seseorang PNS. Tapi apabila yang akan pindah itu seorang GTT atau GTY, prosesnya nir sama menggunakan pengajar PNS. Cukup menghadap ke ketua sekolah atau kepala yayasan.

A.  Di sekolah Asal
PTK yang berniat pindah tentu saja harus mengjukan surat permohonan pindah kepada dinas terkait. Jika surat persetujuan sudah diperoleh, PTK tadi secepatnya menghubungi operator dapodik buat meminta mengeluarkan PTK tersebut menurut dapodik. Langkah-langkahnya merupakan:
  1. Login ke dapodik, pilih menu GTK, pilih Pengajar. Klik dalam pengajar yg akan mutasi. Selanjutnya klik pilihan menu penugasan yang posisinya berada di atas sebelah kanan. Akan ada ventilasi penugasan. Isi alasan keluar serta lepas keluar sinkron kebutuhan. Setelah terselesaikan klik simpan dan tutup. Selanjutnya sinkronkan dapodik supaya perubahan masuk ke server pusat.
  2. Jika proses mutasi di dapodik serta sinkronisasi sudah selesai, merupakan secara resmi nama PTK tadi sudah dimuntahkan dari sekolah dan datanya sudah nir terdapat pada dapodik sekolah berasal. Selanjutnya tinggal pulang ke sekolah tujuan serta menghubungi operator dapodik sekolah tujuan.
B. Di sekolah Tujuan
Langkah-langkah memasukan PTK ke pada dapodik di sekolah tujuan merupakan:
  1. Masuk ke alamat : //dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Setelah laman situs terbuka, klik login dan pilih login operator sekolah.
  2. Masuk menggunakan user id serta password yg biasa digunakan buat masuk ke dapodik. Setelah berhasil login, pilih pilihan menu "Tarik PTK". Selanjutnya isi data sekolah dari dengan sahih.
  3. Kemudian ketikan NUPTK, Nama PTK dan nama mak kandung PTK pindahan dengan benar pada kolom yang tersedia. Jika sudah benar klik pilihan menu "Cari PTK".
  4. Jika data yang dimasukan benar, maka akan timbul nama PTK yg akan pindah tersebut akan ada pada kolom "Belum konfirmasi", 
  5. Selanjutnya keluar dari alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan hubungi dinas pendidikan buat minta konfirmasi /persetujuan.  apabila proses mutasi telah dikonfirmasi, maka jika login kembali di situs apo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, posisi PTK tadi akan berpindah ke loka "Sudah Konfirmasi"
  6. Lakukan sinkronisasi dapodik supaya PTK yang pindah masuk ke dapodik.
  7. Selesai

Comments