CARA MUDAH MENGETAHUI PENYEBAB AC TIDAK DINGIN

LANGKAH MENGATASI GANGGUAN KERUSAKAN PADA AC RUMAHAN ( SPLIT )


Bagi seorang teknisi AC ( Air Conditioner ) yg sudah berpengalaman, mungkin pada bilang gampang buat mengatasi gangguan kerusakan yg menyebabkan AC nir dingin atau kurang dingin, tapi disini aku akan menyebutkan penyebab atau kasus yang membuahkan indera pendingin ruangan nir berfungsi menggunakan baik bagi sobat yang belum mengerti tentang cara kerja AC atau baru belajar cara perbaikinya.

Berikut ini langkah buat mengetahui penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin.
  1. Cek pada remote AC. Apakah settingan telah sahih ? Mungkin bisa saja lantaran settingan berubah ke mode fan karena kepencet waktu tidur atau lantaran dibuat mainan anak-anak.
  2. Karena kotor. Lihat bagian cassing AC Indoor dan buka pada saringan apakah kondisi telah kotor, telah lama belum di cuci ( cleaning ) ? Penyebab kurang dingin keliru satunya adalah kotor baik pada saringan, sirip pipa evaporator juga kipas blower. Untuk mengetahuinya mampu juga dengan merasakan hembusan angin, bila nir terasa hembusan angin di blower indoor kemungkinan syarat Ac kotor.
  3. Blower kipas macet. Kerusakan pada motor blower kipas macet bisa sobat cek terlebih dahulu menggunakan mengerakkan blower secara manual apakah karena sudah lama nir pada gunakan berkarat atau ada kotoran nyangkut yang bikin tidak berputar. Bila kondisi motor kipas blower lancar akan tetapi jika dihidupkan nir mau berputar dan hanya bergetar halus, kemungkinan kerusakan disebabkan karena capasitor mati atau rusak ( ganti baru ).
  4. Cek dalam out door. Apakah kondisi sirip pipa kondensor tertutup debu atau kotoran lainnya ? Sirip pipa kondensor yg tertutup debu mengakibatkan panas menurut pipa nir bisa terbuang paripurna menjalar ke pipa evaporator di Indoor dan mesin compressor akan terjadi panas berlebih hingga overload memutus arus listrik ke mesin compressor. Cek motor kipas blower outdoor apakah putaran kencang atau nir.
  5. Cek gas freon ( refrigrant ) dengan selang dan manifolt buat mengetahui isinya yg berkurang, bila habis atau berkurang terlalu cepat berarti ada kebocoran gas berdasarkan pipa atau baut nepel pecah / kendor serta bisa uga lantaran pentil pengisian bocor.

Demikian cara gampang mengetahui penyebab utama AC tidak atau kurang dingin, jika langkah tersebut masih tidak teratasi kemungkinan kerusakan berdasarkan sistem pipa gas tertekuk buntu, penumpukan oli dipipa atau kompresi dalam motor compressor berkurang, akan tetapi jika kondisi belum dingin motor kipas outdoor beserta mesin compressor sudah mangkat kemungkinan penyebabnya ada di thermistor ( sensor suhu ) rusak atau modul pcb rusak.

Comments