CARA MUDAH BELAJAR POWERPOINT 2010

Microsoft Powerpoint 2010 pada dasarnya sama saja dengan Microsoft Powerpoint 2007. Fungsinya permanen yaitu untuk menciptakan presentasi. Perbedaannya, di Microsoft Powerpoint 2010 terdapat penambahan Menu Transitions, buat pergantian slide satu menggunakan slide berikutnya. Menu ini di Powerpoint 2007 masih manunggal di Menu Animations. Perbedaan lain, di Menu Animatins tampilannya lebih praktis dengan eksklusif ditampilkannya pilihan menu-pilihan menu animasi pada menu bar. 

Bagi yang telah terbiasa menggunakan Powerpoint 2007, perubahan ini tidak terlalu mengagetkan, karena meski menunya relatif sedikit berubah, fungsi-fungsi menu tadi masih tetap sama. Agar lebih jelas, untukyang baru mengenal Microsoft Powerpoint langsung saja ikutilah langkah-langkah membbuat presentasi pada Microsoft Powerpoint 2010 dibawah ini.
  1. Masuk ke aplikasi Microsoft Powerpint 2010 denganmengklik ikon Powerpoint pada layar desktop. Jika di desktop tidak terdapatikon Powerpoint, buka dengan cara klik start, klik seluruh pelaksanaan lalu cariMicrosoft Office menggunakan menggulirkan navigasi ke bawah (Windows 10).
  2. Klik panah di sebelah kanan tulisan MicrosoftOffice dan cari ikon Powerpoint. Selanjutnya klik tulisan Microsoft Powerpointsatu kali. Jendela Microsoft powerpoint akan terbuka. (Bila yang digunakanWindows 7, caranya klik start, klik all program, cari microsoft office setelahketemu klik folder Microsoft Office tersebut sehingga akan ada beberapaaplikasi yang menjadi bagian MS Office tersebut. Klik Microsoft Powerpoint.
  3. Di layar telah otomatis ditampilkan lbr kerjayang siap dipergunakan. Silahkan tulis judul Presentasi yg akan dikerjakan.misalkan kita akan menciptakan presentasi tentang pemilu. Klik kursor pada di kotak `Clickto add title` dan tulis `Pemilu`. Selanjutnya pada kotak `Click to add subtitle`tulis sub judul. Jika hanya akan menulis judul saja pada slide pertama ini,maka hapus saja kolom ke 2 ini menggunakan cara klik kursor pada kolom yg akandihapus, kemudian bawa kursor ke posisi garis pinggir kotak sebagai akibatnya munculgambar panah empat arah serta lalu klik satu kali. Tekan tombol `del` dikeyboard laptop.
  4. Bila tulisan terlalu kucil, silahkan perbesardengan cara blok dulu goresan pena yang akan diperbesar, selanjutnya klik panah yangposisinya ada di sebelah kanan pilihan menu jenis alfabet . Ubah dengan nomor yg sinkron,contohnya ukuran 86
  5. Apabila ingin memberi latar belakang slidedengan foto atau gambar, klik Menu Design, klik backgorund pada sebelah kanan atas menu bar.klik panah kecil pada sebelah kanan goresan pena. Kemudian klik pilihan menu `formatbackground`.
  6. Klik pada bulat`picture or texture fill`.kemudian klik insert form file. Akan ada jendela pencarian. Cari lokasigambar yang ingin dimasukan ke dalam slide. Setelah gambar ditemukan, klik menuinsert di bawah ventilasi pencarian.
  7. Gambar akan masuk ke dalam slide. Apabila gambarhanya akan dimasukan di slide pertama saja, klik close. Sedangkan bila gambarakan dimasukan ke dalam seluruh slide, klik apply to all.
  8. Selanjutnya masukan slide selanjutnya dengancara mengkilk Menu Home, lalu  klik panah mini yang berada pada sebelah kanan pilihan menu new slide. Pilih slideyang cocok menggunakan cara mengkik pada kolom yang sinkron.
  9. Akan ada slide baru di bawah slide pertama. Tulis sub judul presentasi di kotak `Clickto add title`. Misalnya kita masukan tulisan` Pengertian Pemilu`. Dikolom`Click to add teks` masukan materi yg herbi judul. 
  10. Bila ingin memasukan gambar sebagai penjelas,klik menu insert, klik picture. Akan timbul kotak pencarian. Cari lokasi gambaryang ingin dimasukan dan lalu klik insert yg posisinya pada bawah jendelapencarian.
  11. Perkecil gambar bila terlalu besar . Bila gambarmenutupi tulisan, klik gambar, klik pilihan menu format dan lalu klik menu sendbackward. 
  12. Bila slide ke 2 telah terselesaikan, ulangi kembalilangkah ke 8 untuk memasukan slide selanjutnya sampai semua materi presentasihabis.
  13. Setelah presentasi selesai, saatnya memilihdesain slide buat mempercantik slide yang telah dibentuk. Untuk menentukan desainklik pilihan menu `design`. Pilih desain dengan meletakan kursor pada ikon desain yang terdapat. Untuk melihat gambar desain yang lain, klik panah kecil disebelah kanan gambar desain yg berada di tengah . Pilih desain yang cocok denganmeletakan kursor di lokasi desain dan slide akan berubah sinkron desain yangdipilih. Bila telah terdapat yang cocok klik pada gambar desain. 
  14. Sekarang saatnya memberi animasi di slide yangtelah dibentuk. Kita mulai dengan halaman awal/judul slide. Klik di lokasitulisan judul sebagai akibatnya timbul garis kotak terputus putus. Kemudian pilih menu `Animations`.pilih animasi menurut gambar yang tersedia dengan cara meletakan kursor di ikon animasi. Lihat preview slide. Jika inginmelihat animasi yang lainnya, klik panah tengah yang berada pada sebelah kanan.bila telah menemukan animasi yg sesuai, klik di pilihan menu animasi yg dipilih.
  15. Untuk mengatur durasi animasi mampu dilakukandengan mengklik panah pada pilihan menu `duration` yang berada di sebelah kanan
    .
  16. Lakukan kegiatan diatas buat semua halamanslide. Jika telah selesai, saatnya melihat hasil kerja.klik menu `Slide Show`, lanjut menggunakan mengkikmenu `From Begining`. 
  17. Klik panah yang posisinya ada disebelah kiri bawahpresentasi buat mebuka presentasi satu persatu ( klik pula bisa dilakukan dimana saja, otomatis waktu di klik presentasi akan berjalan.
  18. Bila telah selesai klik pilihan menu ` End Show`.
  19. Lakukan latihan membuat presentasi beberapa kalisampai lancar.

Comments