CARA MUDAH BELAJAR MICROSOFT POWER POINT BAGI PEMULA

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint merupakan sebuah program personal komputer buat presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft pada dalam paket pelaksanaan kantoran mereka yaitu Microsoft Office yang didalamnya berisi Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini poly dipakai oleh kalangan perkantoran, pebisnis, dosen, pengajar, mahasiswa serta orang-orang yg tak jarang melakukan presentasi pada depan audiens.

Microsoft power point berjalan pada personal komputer dengan sistem operasi MS Windows dan Apple Macintosh. Microsoft Powepoint merupakan bagian berdasarkan paket pelaksanaan Microsoft Office sebagai akibatnya apabila kita sudah menginstal aplikasi Microsoft Office maka didalamnya telah termasuk pelaksanaan Power Point.

Untuk menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint sebenarnya nir terlalu susah. Menu-pilihan menu di dalamnya sangat mudah buat dipakai. Yang diharapkan merupakan ketekunan serta waktu yang cukup buat mempelajari cara penggunaan Microsoft Power Point. Cara yg termudah belajar Powerpoint merupakan menggunakan praktek pribadi membuat presentasi sederhana.

Sebagai panduan, silahkan ikuti langkah-langkah belajar PowerPoint yg akan diuraikan di bawah ini:

1. Masuk ke aplikasi Microsoft PowerPoint menggunakan mengklik  ikon PowerPoint yang terdapat pada desktop. Bila Ikon PowerPoint nir terdapat pada desktop maka silahkan klik Start, klik All Program.
2. Cari Microsoft Office dan apabila sudah ada klik gambar folder Microsoft Office tadi sehingga nanti ada daftar aplikasi yang terdapat di folder Microsoft office. Klik Microsoft Office PowerPoint.
3. Jendela Microsoft PowerPoint akan terbuka dan siap buat dipakai. Pada laman awal Power Point terdapat lembar kerja (slide) kosong seperti gambar di bawah. Sebelum memulai bekerja menggunakan PowerPoint, klik terlebih dahulu menu layout buat menentukan desain lbr kerja. Pilih desain sesuai dengan keperluan, misal kita pilih desain `Title and Content(panah no dua)


4. Setelah desain lembar kerja (slide) telah kita pilih, saatnya untuk mulai menciptakan presentasi. Klik  kursor di kolom`Click to add title`, kemudian tuliskan pada sana judul presentasi. Misalnya "Gerhana matahari". Kemudian Klik kursor pada kolom`Click to add subtitle` dan isi menggunakan materi yang sinkron dengan judul. Kadang pada presentasi perlu disisipkan gambar/foto/clip art untuk memperjelas pembahasan. Untuk memasukan gambar/foto/clip art, klik Menu Insert serta klik Picture. Kita akan dibawa ke kotak pencarian gambat yg ada pada personal komputer . Cari gambar yg yang dikehendaki pada penyimpanan personal komputer serta jika sudah ditemukan klik insert.


Setelah klik insert, gambar akan masuk ke dalam lbr kerja (slide). 
5. Jika lbr kerja (slide) page pertama telah penuh maka kita perlu laman baru untuk melanjutkan pekerjaan. Klik New Slide, pilih desain lembar kerja yang sesuai kemudian klik pada gambar yang dipilih. 

6. Lakukan pengisian materi presentasi pada lembar kerja (slide) kedua serta seterusnya sampai seluruh materi presentasi masuk ke dalam lembar kerja (slide).
7. Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok menggunakan cara meletakan kursor di contoh desain yg ada di bawah baris pilihan menu. Coba satu persatu hingga memperoleh desain yang cocok. Jika telah menerima desain yang cocok klik pada lokasi gambar yg terpilih.


8. Selanjutnya kita masuk ke Menu Animasi agar agar presentasi lebih menarik saat nanti pada tampilkan pada depan audiens. Klik Menu Animasi serta pilih tipe animasi dengan cara meletakan kursor di lokasi gambar model animasi. Coba satupersatu hingga menemukan animasi yg cocok. Jika sudah ada yg cocok, klik di lokasi gambar.

9. Kemudian kita akan memilih animasi buat tampilan judul serta isi materi. Caranya klik Custom Animation (Gambar panah 1), kemudian klik di lokasi sampai akan timbul kotak segi empat (panah no dua). Selanjutnya klik panah mini di sebelah kanan goresan pena add effect (panah 3). Akan muncul 4 pilihan animasi. Pilih tipe animasi dengan memasukan kursor di pada kotak pilihan (panah 4) sehingga nanti akan keluar beberapa pilihan tipe animasi. Bawa kursor ke tipe animasi yg dikehendaki serta klik di lokasi yang dipilih (panah 5).

10. Jika pilihan animasi yg dipilih nir cocok serta ingin diubah klik di kotak nomor (panah 1) serta lalu klik pilihan menu remove (panah 2)yang berada pada sebelah kanan menu add effect. Kemudian pilih balik animasi yang cocok untuk bagian tadi.

11. Jika animasi buat judul telah selesai dipilih, lakukan buat bagian presentasi yang lain  sebagai akibatnya seluruh memiliki animasi.(caranya klik kursor di lokasi yg akan dibuatkan animasi, klik add effect, lalu pilih pengaruh yang sesuai). Tanda jika tiap bagian sudah berisi animasi adalah adanya kotak angka pada depan bagian tadi. Jika seluruh pekerjaan sudah terselesaikan klik preview (panah di sebelah kiri) buat melihat hasilnya.
12. Simpan presentasi dengan mengklik menu simpan pada kiri atas pelaksanaan PowerPoint.

13. Terakhir adalah melihat output pekerjaan dengan cara klik Menu Slide Show dan pilih Sub Menu from Begining.
13. Layar akan berubah menjadi penuh (fullscreen). Buka presentasi dengan cara mengklik panah yg posisinya ada pada sebelah kiri bawah. 
Demikianlah cara pembuatan presentasi sederhana dengan memakai Microsoft PowerPoint. Lakukanlah berulang-ulang menggunakan cara memilih desain serta animasi yg bhineka. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau mencoba.

Comments