CARA MUDAH BELAJAR MAIN CATUR BAGI PEMULA AGAR CEPAT MAHIR

SUngguh Luar Biasa, tenyata  Permainan Papan Catur ini merupakan Game yg sangat kuno tetapi seiring perjalanan waktu dan perkembangan tehnologi permainan ini masih tetap eksis dan permanen update bagi semua orang yg memainkannya. Permainan ini adalah permainan pikiran yang dimainkan sang 2 orang, ada jutaan kombinasi langkah serta strategi menjalankan permainan catur ini, hal inilah yang menciptakan permainan ini di akui sebagai permainan yg dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, dan apabila anda atau anak - anak anda ingin lebih cerdas kalian mampu melatih otak kalian pada dalam permainan ini, dan faktanya  Permainan catur ini sudah ada selama berabad-abad menjadi permainan kaum intelek serta sarjana menjadi sarana untuk olahraga otak, karena permainan ini memang memerlukan tingkat genius – namun bukan berarti anak mini nir mampu mengalahkan orang dewasa, atau seorang petani tidak bisa mengalahkan seorang sarjana didalam permainan catur ini. Inilah yg menciptakan permainan catur semakin unik. Apakah anda sudah memahami cara main catur ?
Jika anda Belum memiliki papan catur Tradisional standart, maka anda dapat melihat contohnya, selengkapnya silahkan anda Klik di -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI



Langkah - Langkah Belajar Main Catur !

Mari kita Mulai Memahami Aturan Permainan, Papan, serta Buah Catur Terlebih Dahulu !


Mulailah Pelajari tiap butir catur serta bagaimana gerakannya. Tiap buah berkecimpung dengan cara tidak selaras. Berikut nama tiap bagian dan bagaimana beliau berkiprah (menggunakan satu atau dua pengecualian, yang akan kami jelaskan sementara waktu lagi):
  • Pion (Pawn): Buah paling dasar pada permainan (Anda memiliki 8 biji). Pada gerakan pertamanya, dia mampu berkiprah ke depan satu atau 2 kotak, namun hanya boleh maju satu kotak sehabis itu. Pion hanya boleh menyerang bagian lain satu kotak secara diagonal darinya, dan nir berkiprah mundur.
  • Benteng (Rook): Buah ini terlihat seperti menara istana. Ia mampu beranjak secara horizontal dan vertikal sejauh mungkin. Ia mampu menyerang butir yang berada pada jalurnya.
  • Kuda (Knight): Ini dilambangkan seekor kuda dan merupakan butir yg paling rumit. Ia berkecimpung dengan bentuk ‘L’ yg terdiri dari dua kotak horizontal kemudian satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal serta 2 kotak vertikal, ke arah manapun. Kuda adalah “satu-satunya butir yang bisa melompati butir lain”. Ia hanya menyerang buah yang berada pada kotak yang ditempatinya.
  • Gajah (Bishop): Buah ini hanya mampu beranjak secaravertikal, namun sanggup berkiprah sejauh mungkin hingga menyerang. Ia berbentuk misalnya topi menteri.
  • Ratu (Queen): Ia merupakan buah yang paling berkuasa (umumnya mempunyai mahkota yang lebih feminin). Ia bisa beranjak secara horizontal, vertikal, juga diagonal sejauh mungkin serta menyerah berdasarkan arah tadi juga.
  • Raja (King): Ia hanya mampu berkiprah satu kotak ke arah manapun dan menyerang menggunakan cara sama. Ia adalah buah yg Anda “nir ingin kehilangan bagaimanapun caranya”, karenanya akan membuat Anda kalah pada permainan.
  • Ingat poin terkuat menurut masing-masing butir.
    • Raja sangat berharga serta wajib dilindungi.
    • Ratu merupakan butir yg paling serba guna serta paling bermanfaat buat melinsungi butir, serta tak jarang dipakai buat cabang/serangan berganda (forking). Ratu mengkombinasikan kekuatan gajah dan benteng dalam satu buah. Ia dianggap paling berharga, disamping Raja.
    • Kuda sangat unggul buat agresi tiba-tiba serta fork. Pole gerakannya seringkali dilalui dan membingungkan untuk pemain pemula.
    • Gajah umumnya unggul dalam posisi terbuka. Namun banyak pemain pemula terkadang meremehkan gajah dan tidak mempergunakannya menggunakan maksimal .
    • Benteng kuat serta mempunyai jeda bergerak yg panjang. Mereka paling rupawan pada barisan terbuka.
    • Pion mungkin terlihat tidak penting, namun ia mampu sangat cantik buat memerangkap lawan saat dikorbankan buat menangkap buah yang lebih berharga. Jika dimainkan dengan tepat, sebuah pion bahkan bisa men-skak mat Raja!
Pahamilah Apa yg dimaksud dengan skak. Jika Raja Anda terkena skak, beliau dibawah serangan buah versus Anda. Saat Raja Anda dibawah skak, Anda harus beranjak keluar menurut skak pada giliran berikutnya. Anda bisa keluar berdasarkan skak menggunakan tiga metode:
  • Dengan memindahkan Raja Anda ke kotak aman. Kotak yg aman adalah kotak dimana Raja Anda tidak pada bawah skak.
  • Dengan menangkap butir yang melakukan skak.
  • Dengan menghalangi menggunakan keliru satu butir Anda. Ini tidak sanggup dilakukan menggunakan Pion atau Kuda.
    • Jika Anda tidak bisa melakukan keliru satu hal di atas, dan Raja Anda masih terkena skak, permainan berakhir serta Anda kalah.
Dalam Permainan catur, Anda wajib berusaha menangkap Raja versus Anda, Walaupun ini tujuan primer, tujuan pendukung adalah buat melindungi Raja Anda dari tertangkap. Ini dilakukan salah satunya menggunakan menangkap butir versus Anda sebesar mungkin atau Anda mampu menghindari penangkapan buah miliki Anda.
  • Catur adalah permainan akal budi serta strategi. Ada poly gerakan dan peraturan yang awalnya nir bisa diramal atau dimengerti oleh pemula. Sabarlah! Ia akan menjadi semakin menyenangkan selagi Anda lebih poly bermain.

Pelajari Aturan susunan buah pada papan Catur, Setelah Anda mengenali tiap butir, Anda bisa meletakkannya dalam papan. Luruskan agat tiap pemain memiliki kotak berwarna terang di bagian bawah sebelah kanan. Berikut cara mengatur buah Anda:
  • Letakkan semua pion pada barisan ke 2 di depan Anda agar Anda memiliki dinding pion di antara Anda dan versus Anda.
  • Letakkan benteng pada ujung tiap sisi papan Anda.
  • Letakkan kuda pada sebelah tiap benteng serta gajah di sebelah tiap kuda..
  • Letakkan ratu pada keliru satu kotak yg tersisa, bergantung dalam warnanya (contohnya, jika Anda mempunyai ratu hitam, ia diletakkan pada kotak hitam; apabila putih, kemudian harus diletakkan di kotak putih).
  • Terakhir, letakkan Raja pada kotak yang tersisa. Periksa bahwa lawan Anda mempunyai pengaturan butir yg sama. Ratu seharusnya saling antagonis serta pula Raja.

Aturannya merupakan Pemain putih menciptakan gerakan pertama. Mereka menentukan butir tertentu yang ingin digerakkan buat memulai agresi pertama, atau pembukaan. Mereka menggerakkan satu butir, serta pemain hitam melawannya. Pembukaan merupakan galat satu bagian terpenting pada permainan. Tidak terdapat cara yang paling "sahih" buat melakukannya – tiap orang mempunyai gaya tersendiri serta Anda akan menemukan gaya Anda. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus diingat:
  • Jangan berusaha menyerang buat ketika ini. Pada pembukaan Anda, Anda hanya menggerakkan buah Anda ke tempat yang paling berguna. Anda ingin mereka berada di kotak yang baik "dan" kondusif.
  • Umumnya, buatlah hanya 1 atau gerakan dengan pion Anda. Lalu mulailah berkonsentrasi pada buah yang lebih berkuasa – gajah, kuda, ratu, dan benteng. "Perkembangan" (menempatkan butir Anda ke kotak aktif, misalnya pada tengah) tidak komplit sampai semuah buah ini sudah digerakkan.
  • Kebanyakan gerakan pembukaan Anda bergantung pada lawan – Anda hanya harus merasakan arah permainan. Jadi amati dan lihat apakah Anda bisa menduga apa rancangannya. Permainan ini lebih tentang mengantisipasi ancaman dan ramalan.

Namun bila Anda ingin memahami cara memainkan permainan menggunakan cara Perancis serta sedikit lebih rumit, berikut caranya:
  • Jika Anda jangan lupa, pion Anda mampu berkecimpung dua kotak ke depan pada gerakan pertama. Katakan Anda melakukan itu, mendarat pada sebelah pion versus Anda, dalam deret yang sama. Pada gerakan berikutnya – serta hanya gerakan berikutnya – lawan Anda bisa menangkap pion Anda "en-passant" (yang diterjemahkan sebagai: “in passing” atau melewati). Biasanya, pion hanya sanggup menyerang satu kotak diagonal – namun ini kasus pengecualian dimana ia mampu menangkap saat melewati serta tetapi mendarat pada kotak diagonal yg sama.
  • Sekali lagi, ini hanya bisa terjadi "eksklusif" sehabis pion membuat gerakan dua kotak pertamanya. Apabila giliran dilalui, kesempatan itu hilang. Gerakan ini hanya buat pion serta nir butir yang lain. Dengan begitu Anda tidak bisa menangkap ratu atau kuda menggunakan en passant.

Anda serta versus Anda merogoh giliran, berusaha menangkap raja masing-masing serta menangkap butir sembari melakukannya. Jika Anda sanggup mengancam ratu atau rajanya serta membuatnya defensif, Anda akan mandapat laba, namun ada kemungkinan yang nir terhingga buat cara menang.
  • Pion mungkin saja terlihat hanya sebagai penghalang, namun jangan tergoda buat mengorbankannya dulu. Apabila Anda hingga ke sisi lain papan, dia mampu menjadi buah yang lain (kecuali raja)! Biasanya orang akan menentukan ratu, namun Anda pula bisa menjadikannya benteng atau kuda atau gajah. Jika Anda bisa menyelinapkan pion Anda ke sisi lain tanpa lawan Anda memperhatikan, Anda mampu mengganti arus permainan secara holistik.

Rahasia Supaya Selalu Menang Dalam Permainan Catur merupakan :
Selalu berpikir satu atau 2 langkah lebih awal. apabila Anda memindahkan kuda Anda kesana, apa yang akan terjadi? Apakah ini membuka butir lain buat giliran versus Anda yang berikutnya? Apakah Anda memiliki saat buat bermain penyerang atau apakah raja (atau bahkan ratu) Anda membutuhkan perlindungan? Apa ide yang tampaknya terbentuk di pihak versus Anda? Kemana arah permainan berdasarkan Anda dalam beberapa giliran berikutnya?
  • Ini bukan permainan dimana Anda mampu memindahkan butir kesana kemari tanpa berpikir – dia akan menghipnotis satu sama lain satu atau lain cara. Anda akan memiliki pion yg menghalangi agresi gajah, Anda akan memiliki kuda yg melindungi raja Anda, serta benteng lawa Anda akan menangkap ratu Anda jika Anda tidak melakukan sesuatu. Jadi rencanakan gerakan selanjutnya serta gerakan selesainya itu pula – serta gerakan versus Anda jua, bila mampu. Untuk menang, Anda wajib memakai strategi serta strategi!
  • Selalu miliki gerakan serangan balik , apabila memungkinan. Anda sanggup menyerahkan pion Anda ke gajah versus bila itu berarti Anda bisa mengambil gajah tadi dengan kuda Anda. Terkadang pengorbanan yg direncanakan menggunakan sempurna wajib dibuat.
Ada gerakan spesifik yang melibatkan menggerakkan benteng dan Raja. Ini satu-satunya waktu dimana Anda sanggup menggerakkan 2 buah dalam giliran yg sama. Selain gerakan en passant pion, satu gerakan khas lain adalah rokade. Ini ketika benteng dan raja Anda bertukar posisi – ini melindungi raja dan membuat benteng Anda berkembang serta siap beraksi. Biasanya berguna buat melakukan rokade dalam raja Anda.anda sanggup melakukan rokade hanya jika:
  • Raja serta benteng yg akan dirokade belum digerakkan.
  • Raja nir dibawah skak.
  • Tidak terdapat butir diantara Raja dan benteng.
  • Saat buah lawan Anda nir mengendalikan kotak pada antara posisi akhir rokade serta posisi yang nir dirokade.
Pada satu giliran, Anda mengerakkan raja serta benteng Anda bersamaan. Jika melakukan rokade ke arah sisi Raja, raja Anda berkecimpung 2 kotak ke kanan serta benteng Anda ditempatkan tepat pada sebelah raja, (sesudah beranjak dua kotak) apabila melakukan rokase ke arah sisi Ratu, raja Anda beranjak 2 kotak ke arah kiri dan benteng Anda ditempatkan pada sebelah raja (setelah digerakkan tiga kotak ke kanan).

Ingat Tujuan anda main catur adalah Memenangkan permainan menggunakan men-skak mat raja lawan Anda. Ini berarti Anda melakukan skak pada raja namun kali ini nir ada cara melarikan diri. Saat ini terjadi, berkata "Skak mat!" mampu diterima, tetapi tidak perlu. Pada titik ini lawan Anda menjatuhkan rajanya serta mengisyaratkan kekalahan.
  • Remis (Stalemate) sanggup terjadi – dimana permainan dasarnya berakhir seri. Ini saat raja Anda nir pada keadaan skak, namun juga nir mempunyai kotak aman buat berpindah.
  • Ada beberapa alternatif dimana permainan mampu berakhir seri.
    • Dengan persetujuan. Jika kedua pemain sepakat bahwa mereka nir bisa menang atau melihat metode buat menang, mereka sanggup setuju seri..
    • Dengan pengulangan. Jika posisi persis sama papan catur, berlaku dalam 3 titik tidak sama sebuah permainan, permainan dinyatakan seri. Contohnya, jika kedua pemain hanya tetap menggerakkan kuda kesana kemari ke kotak yg sama, permainan akan dinyatakn seri.
    • Dengan peraturan 50 gerakan. Jika ke 2 pemain tidak menggerakkan pion atau menangkap buah selama 50 gerakan yang berurutan, permainan akan dinyatakan seri. Ini menghindari pemain berdasarkan bermain tanpa henti, atau melelahkan pemain..
    • Dengan bahan yang tidak relatif. Apabila ke 2 pemain tidak memiliki bahan yang relatif buat melakukan skak mat dalam raja, permainan dianggap seri. Contohnya, Kuda serta Raja saja tidak bisa men-skak mat raja versus yang sendirian.
    • Jika semua butir lain kecuali raja sudah ditangkap serta dihilangkan berdasarkan papan. Ini contoh berdasarkan bahan yg nir mencukupi serta Raja nir mampu melakukan skak mat atau skak dalam raja lainnya sendirian. Permainan akan berakhir seri.

Strategi Bermain Catur
Selalu Berfikir Gunakan serta menjalankan semua butir catur Anda. Jangan tetap menggerakkan Kuda Anda kesana kemari, hanya lantaran dia mampu melakukan poly skak. Gunakan seluruh tentara Anda! Salah satu kesalahan pemula terbesar adalah hanya memakai sedikit butir Anda. Saat itu terjadi, yang lainnya hanya tertinggal pada belakang serta menjadi penangkapan yang mudah buat versus Anda. Jadi untuk papan permanen hayati, untuk lawan Anda tetap waspada.
  • Pada pembukaan Anda, letakkan beberapa pion satu atau kotak maju lalu mulai gerakkan buah lainnya. Ini membolehkan butir di baris pertama buat melalui dan memasuki lapangan permainan menggunakan mudah, memberikan Anda kekuatan menyerang yg lebih banyak.
Karena banyak buah yg sanggup berkiprah ke poly arah, mengendalikan bagian tengah dipercaya lebih menguntungkan dibandingkan mengendalikan sisi. Saat Anda mendominasi bagian tengah, butir Anda lebih gampang beranjak dibandinginkan di samping atau ujung. Sebagai model, kuda hanya mempunyai dua pilihan buat bergerak menurut ujung, tetapi ia mempunyai delapan pilihan berkiprah berdasarkan kotak tengah! Dominasi bagian tengah secepat mungkin.
  • Karena alasan inilah kebanyakan orang menciptakan pion tengah memulai permainan. Pastikan saja Anda nir membuka raja Anda untuk skak mat yang awal oleh gajah atau ratu yang ditempatkan secara sempurna!

Ingat ! Jangan Pernah  mengorbankan buah Catur Anda tanpa guna. Ini sangat krusial, namun poly pemain mengorbankan buahnya, bahkan grandmaster jua! Jika Anda memberikannya begitu saja buatlah menjadi penukaran. Jangan hanya melepaskan salah satu tanoa berpikir – mereka seluruh berharga, tak peduli itu pion atau ratu. Anda sistem poin, jika Anda ingin tahu. Semakin berharga, semakin banyak nilai poinnya:
  • Pion bernilai satu poin
  • Kuda bernilai 3 poin
  • Gajah bernilai tiga poin
  • Benteng bernilai lima poin
  • Ratu bernilai 9 poin
    • Raja nir ternilai lantaran apabila Anda kehilangan raja Anda, Anda kalah dalam permainan.

Selalu Lindungi raja Anda. Ini sesuatu yang harus Anda perhatikan. Apabila Anda nir banyak melakukan hal lain – bila Anda nir banyak menyerang – Anda harus melindungi raja Anda. Pindahkan dia ke ujung dengan melakukan rokade, bangun benteng menggunakan buah yang mengelilinginya, pastikan Anda meberikannya kotak untuk melarikan diri, bila lawan Anda sanggup melakukan skak. Anda ingin membuat lawan Anda lebih poly melarikan diri dibandingkan menyerang secepat mungkin.
  • Ia hanya mampu melakukan sedikit sendirian, tetapi ia bisa mempertahankan diri. Pada fase awal serta pertengahan permainan, ia selalu membutuhkan setidaknya satu atau dua buah buat mengawasi skak. Namun dalam bagian akhir permainan, waktu hanya beberapa butir dan sedikit pion yg tersisa di papan, Raja sebagai buah perlawanan serta wajib dipusatkan.

--> SELANJUTNYA

Comments