CARA MODIF ELCO MENAMBAH VOLT DAN CAPASITASNYA

Cara menambah volt elco - Elco adalah singkatan menurut ekectrolit condensator.

Dalam penerapan rangkaian, elco sering digunakan menjadi pemfilter tegangan, penyetabil tegangan, atau tak jarang berfungsi sebagai penampung listrik ad interim.

Sebagaimana fungsi elco, terkadang pada penerapanya ada kendala yang mana ukuran voltasenya maupun ukuran kapasitasnya tidak terdapat stok maupun sulit didapat sinkron dengan kebutuhan. Untuk itu perlu memodif elco sehingga dapat diterapkan kedalam rangkaian.

Kali ini aku akan shere bagaimana cara memodif elco supaya mampu diterapkan kedalam rangkaian.  Yaitu menambah volt serta menambah kapasitasnya/microfarad.


Namun sebelum itu, perlu dipahami bahwa elco adalah jenis komponen berpolaritas. Sehingga jika pemasangan terbalik maka sanggup meledak.

1. Cara menambah volt elco

Volt yg tertulis di badan elco merupakan batas maksimum tegangan yg bisa di tampung oleh elco, sebagai akibatnya hal ini sangat penting buat dipahami . Karena apabila tegangan yg akan difilter melebihi batas aporisma, elco akan meledak.

Misalnya dibadan elko tertulis 100uf 10v tetapi ternyata volt yang akan pada filter 12 volt dc.  Itu elco akan panas lalu meledak. 

Sedangkan goresan pena uf merupakan satuan kapasitas si elco.

Dan buat menandai yang mana polaritas  positif serta negatif di badan elco umumnya akan ditandai cat putih. Atau apabila elco baru, maka kaki pada elco positif akan ditandai menggunakan lebih panjang.

Jika di pcb buat menandai polaritas umumnya dalam lubang negatif akan dicat putih jua.


Volt dalam batas maksimum elko dapat kita rubah menggunakan cara merakit beberapa elco secara seri. Sehingga volt elco bisa bertambah menggunakan catatan perakitan tidak boleh terbalik polaritasnya. 

Namun dalam hal ini terdapat kelemahannya yaitu kapasitas elko menjadi berkurang, sebagaimana hukum rumus capasitor jika dirakit secara seri maka nilai capasitasnya akan berkurang sebagaimana berukuran beberapa elko yg diseri.

Seri=1/c1+1/c2…

Jadi, buat memperoleh nilai uf yg permanen tetapi capasitas tetap .maka harus dirakit secara seri serta paralel.
Contoh :

kita membutuhkan elco ukuran 1000 uf 50 v sedangkan yang kita punya adalalh eco ukuran 1000 uf 25. Volt. Untuk memperoleh nilai yg sama maka kita membutuhkan elko sebanyak 4 biji di rakit secara seri dan paralel. Caranya gabungkan elco secara paralel terlebih dahulu lalu baru digabung secara seri.
Paralel=[1/1000uf25v +1/1000uf25volt]=[500uf25v]

Paralel=[1/1000uf25v +1/1000uf25volt]=[500uf25]

Kemudian di rakit seri
Seri=500uf25+500uf25 =1000uf50volt

2. Cara menambah serta mengurangi capasitas

Sebagaimana sudah saya sampaikan diatas bahwa merakit capasitor secara seri maka kapsitasnya akan semakin berkurang sedangkan bila kita merakit capasitor secara paralel maka capasitsnya akan semakin bertambah namun voltasenta akan permanen.

Paralel=c1+c2 ……..

Contoh:

Kita membutuhkan elko ukuran 100 uf 50 volt....  Sedangkan yg kita punya hanya elko ukuran 10 uf50v semua.
Maka buat mendapatkan nilai 100 uf
Maka kita rakit secara paralel 

=10+10+10+10+10+10+10+10+10+10=100

Itu hanya model saja. Karena pada penerapan pada rangkaian terkadang memodif elko hanya menjadi jalan terakhir saat kepepet.

Ini hanya sebagai cara lain saja. Apabila terdapat komponen yg ukuranya sama nir perlu dimodif. Karena biasanya elco yg diterapkan secara seri yaitu menambah volt apabila elco aporisma suhu dibawah 105° tidak akan awet terhadap penggunaan jangka panjang.

Dan juga, saat elco dirakit secara seri serta paralel bila diterapkan ke fcb agak sedikit ribet. Misalnya pada mobo tv _
Cara menambah volt elco dan merubah nilai micro faradnya diatas jua berlaku pada capasitor non polaritas ,misalnya bila pada rangkaian tv capasitor resonan area horizontal.

Karena umumnya buat menerima nilai yg sama relatif sulit. Sehingga perlu menggunakan cara menambah atau mengurangi nilai capasitor.
Jika pada capasitor resonant perlu diperhatikan berukuran voltase dan capasitasnya. Apabila kurang teliti maka bisa membahayakan tabung crt. Mulai berdasarkan berukuran kapasitas dan volt agar nir melenceng jauh berdasarkan ukuran aslinya.
Dalam penerapan menambah volt elco umumnya paling sering diterapkan dalam power suplay power amplifier. 

Hal ini berkaitan dengan harga elco yg relatif tidak mengecewakan mahal . Lantaran semakin tinggi volt maka, harganya pun semakin mahal.

Atau disebabkan lantaran ingin menaikan tegangan.

Misalnya didalam power amplifier, awalnya memakai tegangan 32 volt ct menggunakan memakai elko 10000 uf 50 volt 4 buah.
Kemudian ingin menaikan tegangan sebagai 70 volt, maka elko yang kita butuhkan batas maksimumnya nir memenuhi kriteria. Untuk itu perlu pada modif, menggunakan cara merakita secara seri ke empat elco tersebut.
Dengan begitu batas maksimum elko akan sebagai 100 volt , namun microfarad akan berkurang sebagai 5000 uf 100volt.

Modifikasi elco dengan menambah atau mengurangi ukuran, itu hanyalah saat syarat terdesak contohnya, ketika call job jauh dari toko komponen sehingga perlu kreatifitas untuk mempersingkat ketika pengerjaan.


Thanks!

Comments