CARA MERAKIT POWER SOCL 504


SOCL 504  atau super ocl 504 adalah driver sekarng ini lagi buming di kalangan penggemar audio rakitan.driver power ampli ini sebenarnya di adopsi berdasarkan ocl 150 watt hanya saja dalam beberapa komponen memang nir sama. Terutama pada bagian sistem dco yang bisa diatur sebagai akibatnya kta dengan fleksible mengtur dc offsite supaya speaker aman dari tegangan dc.
Socl 504 terkenal dengan karakter suaranya yang lebih jernih namun power full sebagai akibatnya artikulasi menurut sebuah nada dapat terdengar lezat ditelinga. Begitu kir-kira karakter socl 504 sehingga driver power ampli ini sangat buming pada kalangan penghobi ampli rakitan.
Ya! Menurut aku , driver ini karakternya mampu flat dengan pengolahan preampli yg cantik jua. Agar hasilnya pula maksimal .
Cara Merakit Power Ampli SOCL 504 
Sebenarnya pada proses perakitan dalam ini nir tidak sinkron jauh menggunakan ampli lainya hanya saja pada bagian finishing yang tidak selaras. Apa yang menjadi pembeda? Yaitu pada bagian setting DCo.
Setting DCo sangat krusial dilakukan secara akurat untuk dapat menghasilkan tegangan DCo sekecil mungkin pada bagian out speaker. Hal ini bertujuan supaya waktu dipakai tegangan DC nir membakar coil speaker.
Cara mengukur dco power ampli super ocl 504
Agar lebih mudah sat pengukuran gunakanlah dc meter digital lantaran yg kita butuhkan adalah tegangan mendekati  0,0001 sehingga waktu melihat angka menurut tester digital bebih lebih jelasnya dibanding denga tester analog. Kemudian pada tahap pengukuran dco pada input di jumper ke ground kemudian ukur menggunakan 2 ,5v pada multitester. Supaya lebih akurat. Ukur pada bagian ou speaker probe merah  +, setting trimpot variable pelawan ke arah kiri atau kekanan mengikuti nilai paling keci tegangn dc yg terukur pada multitester.
CARA MODIF TEF
Ada yg menyampaikan bahwa buat amplifier lapangan driver socl 504 ini harus pada modip dengan cara menambahkan TEF (triple emitor follower) atau tranasistor tambahan buat lebih memperkuat sinyal output emitor berdasarkan  c4793-A1837......
Terutama untuk mendrive speaker tukuran 18 inc.
Caranya mudah saja komponen yang diperlukan adalah transistor 5200-1943/c5198-1941 serta 2 buah hambatan berukuran 100ohm 1 watt.
Biasanya dalam driver ada lubang buat transistor final. Kita tempatkan saja transistor pada lubang buat tranasistor final.
5200 pada bagian positif, sedangkan a1943 dalam bagian negative.
Pada bagian emitornya terdapat 2 butir hambatan kapur ukuran 0,lima oHm 5watt . Resistor kapur tersebut diganti dengan hambatan ukurn 100ohm 1 watt tersebut.
jadi deh TEF nya.
TES!!!!

Kemudian running test apabila transistor tef terlalu paas anda sanggup menambahkan heatsing agar kinaerja tef tetap terjaga ketika di geber dilapangan.
Super osl 504 ini dalam dsain dasar menggunakan speaker ukuran 15 inc dua buah paralel per satu chanelnya. Itu yg baku.
Jika di modif  mampu dipakai untuk 18 inc. Tetapi hasilnya masih dipertanyakan jika hanya menambah tef saja tanpa membarui komponen tertentu agar kinerja semakin baik dan sanggup bertahan pada atas daya tiggi.
Demikian artikel kali ini semoga berguna tetang socl 504 yang mungin anda masih penasaran dengan hasilnya. Cukup lumayan power ful hampir pada setiap frekuensi yg pada produksi oleh pre amp. 11 13 lah sama 0cl 150. Hehehe....

Comments