CARA MERAKIT POWER AMPLIFIER BERDAYA TINGGI


Cara Merakit Power Amplifier Berdaya Tinggi - Pada dasarnya rangkaian power OCL di atas sama dengan rangkaian yg lain pada umumnya, yaitu sama menggunakan rangkaian diferensial menjadi penguat depan tau Pre Amp kemudian di kuatkan menggunakan driver penguat akhir.yang tidak selaras menurut rangkaian ini adalah tipe Transistor dan beberapa penyesuaian tegangan kerja pada setiap bagian amplifier.

Skema rangkaian diatas tersebut memperlihatkan bagian diferensian disusun oleh transistor yang berfungsi menjadi penguat depan / pre amp sebelum akhirnya masuk ke bagian driver. Dan dalam penguat akhir disusun secara darlington buat mendapat faktor kali yang lebih bertenaga serta besar . Untuk mendapatkan daya penguatan yg lebih tinggi lagi, transistor akhir pada tambahkan dengan beberapa transistor lagi yg penyusunananya secara paralel

Untuk sistem keamanan pada pemasangan baik pada loudspeaker maupun powe amplifier sendiri, saya sarankan buat memakai rangkaian speaker protector agar waktu pemasangan tidak terjadi hal-hal yg tidak di inginkan mengingat semua komponen dalam rangkaian ini berdaya tinggi dan busa dikatakan harganyapun pula sangat mahal.

Rangkaian OCL ini selain kelebihan juga memiliki kelemahan yaitu panas yang di timbulkan dalam masing-masing transistor umumnya nir sama atau merata mengingat penyusunanya yang paralel. Untuk itu dalam penguat akhirsaya sarankan untuk memakai sirip pendingin yg cukup besar sebagai penyerap panas lebih aman lagi bisa kita tambahkan kipas untuk membantu menghilangkan panas.
Kira-kira misalnya bambar di bawah inilah sirip pendingin yang harus kita pasang :


sekian trik menurut aku mengenai cara merakit power berdaya tinggi, masiah poly trik yg akan aku tunjukkan buat itu kunjungi artikel aku yang lain.


Wassalamualaikum...., selamat mencoba dan semoga berhasil.

Comments