CARA MERAKIT 2 LNB PARABOLA CBAND AGAR MUDAH SAAT TRACKING TELKOM3S DAN PALAPA

Cara flexi - Merakit lnb parabola adalah kunci keberhasilan melakukan pencarian memakai 2 lnb atau lebih. Apabila perakitan galat maka sinyal akan terjadi saling tarik menarik antar satelit. Mungkin akan lebih gampang bila hanya menggunakan satu lnb jika dibandingkan memakai dua lnb.

Berikut aku akan sedikit menyebarkan cara merakit 2 lnb yg biasa aku lakukan dalam ketika pemasangan parabola.

Baca juga : cara merakit 4 lnb

HAL pertama yang harus diperhatikan ketika merakit lnb merupakan jenis lnb yang anda rakit dan parabola yg akan dipasang. Karena terkadang galat kaprah saat beberapa orang ingin memasang parabola. Misalnya parabola jaring. Jenis c band malah dipasang lnb jenis ku band. Ya bisa sih tetapi wajib paham bagaimana tataletaknya. Lantaran jenis parabola c band sangat tidak selaras menggunakan ku band.

Kedua, arah titik 0° dalam lnb harus sejajar. Artinya bahwa goresan pena yg berada dalam atas lnb membuktikan sudut arah lnb harus segaris lurus pada 0° supaya memudahkan waktu tracking agar seluruh transponder bisa tertangkap polaritas horisontal serta vertikal.


Jarak antar lnb, apabila kita merakit 2 lnb buat menangkap siaran palapa dan telkom 3s wajib diperhatikan betul supaya tidak terjadi sinyal tarik menarik. Jarak antar kedua lnb yg biasa aku rakit merupakan 2 1/2 jari atau lebih kurang 3 cm dari antar body lnb.

Untuk kedalaman itu tergantung cekungan payung, atau umumnya kedalaman lnb sudah diperhitungkan oleh pabrik penghasil dish yaitu ketianggian tiang penekanan. Biasanya aku meletakan kedalaman dalam 38 yg tertulis di body lnb unyuk dish merek soccer dan mitra". Dan terbukti frekuwensi tertangkap seluruh.

Karena sekarang letak satelit sudah berpindah maka kini letak telkom berada pada lnb 1 serta palapa berada pads lnb dua. Maka saat merakit konektor ke dseg harus disamakan dengan program receiver yaitu;

Dseg 1 pada swit ditempati oleh satelit telkom yang berada di arah barat sedangkan palapa berada pada dseg 2 berada di timur. Begitu menggunakan receiver, program berdasarkan pabrik umumnya posisi telkom masih berada dalam dseg 2 ,maka wajib di pindah ke dseg 1 lnb 1.  Sedangkan untuk palapa pula dipindah ke dseg 2 lnb dua.

Karena merakit dua lnb merupakan penentu keberhasilan tracking sinyal,, maka. Pada tahap perakitan harus diperhatikan secara seksama dan tlaten, supaya mempersingkat waktu ketika pencarian frekuwensi parabola.

Agar lebih cepat dalam tracking, sebaiknya bahwa lnb sejajar menggunakan baut penyangga arah Timur serta barat.  Dan jangan lupa bahwa lnb 1 berada dalam posisi barat lnb dua.

Itu diatas merupakan kebiasaan yg aku lakukan, saat bekerja memasang parabola. Mungkin aku akan lebih memberikan saat lebih saat tahap perakitan lnb supaya terpasang dengan matcing. Sehingga memudahkan pada mencari frekuwensi.

Demikian soga berguna ya"!.

Comments