CARA MENONAKTIFKAN DATA TELEMETRI DI WINDOWS 10

Tips dibawah ini berfungsi buat menonaktifkan data telemetri. - Windows 10 hadir dengan fitur telemetri yg sudah diaktifkan secara default, telematri ini mengumpulkan segala macam aktivitas pengguna dan mengirimkannya ke Microsoft. Sayangnya, Microsoft tidak menyediakan cara buat menonaktifkan sepenuhnya menggunakan pelaksanaan Pengaturan buat edisi Home serta Pro Windows 10. Hanya windows 10 versi Enterprise bisa menonaktifkan layanan telemetri ini. Berikut adalah solusi buat versi selain Enterprise buat menonaktifkan telemetri dan Pengumpulan Data pada Windows 10.

Cara menonaktifkan data telemetri pada windows 10


Ketika Anda memakai Windows 10, Microsoft akan mengumpulkan keterangan penggunaan komputer anda. Semua pilihan tersedia pada Settings -> Privacy - Feedback and Diagnostics. Di sini Anda bisa mengatur opsi "Diagnostik dan data penggunaan" ke keliru satu pilihan berikut, misalnya yang dijelaskan oleh Microsoft:

Basic
Basic information adalah data yang sangat penting buat operasi Windows. Data ini membantu menjaga Windows dan apps berjalan menggunakan baik dengan membiarkan Microsoft tahu kemampuan perangkat Anda, apa yang sudah diinstal, dan apakah Windows beroperasi dengan benar. Jika Anda menentukan opsi ini, kita(microsoft) akan bisa memberikan update ke Windows (melalui Windows Update, termasuk perlindungan software berbahaya sang Malicious Software Removal Tool), jika ada beberapa aplikasi serta fitur nir bekerja dengan benar atau bahkan nir sanggup bekerja sama sekali.

Enhanced
Enhanced data meliputi semua data basic ditambah data tentang bagaimana Anda menggunakan Windows, seperti seberapa seringkali atau berapa lama Anda memakai fitur eksklusif atau pelaksanaan dan aplikasi mana yg paling acapkali dipakai. Opsi ini juga memungkinkan kita(microsoft) mengumpulkan informasi diagnostik yang disempurnakan, seperti berukuran keandalan perangkat, sistem operasi, dan pelaksanaan. Apabila Anda menentukan opsi ini, kita akan dapat menyediakan Anda menggunakan pengalaman Windows yang ditingkatkan serta personal.

Full
Full data mencakup seluruh data basic dan Enhanced, serta pula akan mengaktifkan fitur-fitur sophisticated diagnostik yg mengumpulkan data tambahan berdasarkan perangkat Anda, misalnya arsip sistem atau snapshot memori, yg mungkin nir sengaja termasuk bagian berdasarkan dokumen Anda ketika terjadi masalah. Informasi ini membantu kami lebih lanjut memecahkan perkara serta memperbaiki perkara. Jika laporan kesalahan berisi data langsung, kita nir akan memakai berita tersebut buat mengidentifikasi, kontak, atau menargetkan iklan kepada Anda. [ Baca juga cara membuat komputer anda dapat berbicara ]

Diatas merupakan penjelasan berdasarkan microsoft mengenai tingkatan-strata pengaturan data telematri.

Banyak user / pengguna yg tidak terima dengan data telemetri ini, karena banyak yg takut data/dokumen penting mereka akan diserap juga oleh microsoft. Apabila anda termasuk keliru satunya, anda dapat menonaktifkan pengumpulan data telemetri pada Windows 10. Hal ini bisa dilakukan menggunakan tweak Registry. Untuk menonaktifkan telemetri dan Pengumpulan Data di Windows 10 baik versi Home atau pro, Anda perlu melakukan hal berikut:

1] Buka Registry Editor. Pergi ke Registry key berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Policies Microsoft Windows DataCollection

2] Di sini Anda harus membuat nilai DWORD 32-bit baru dan beri nama AllowTelemetry dan set ke 0.

Sekarang, Anda perlu menonaktifkan beberapa layanan Windows. Klik kanan item File Explorer di menu Start Windows 10 dan pilih Manage menurut pilihan menu konteks:

Pergi ke Services and Applications -> pada sebelah kiri berdasarkan daftar services, nonaktifkan services berikut:


Diagnostics Tracking Service
dmwappushsvc


Untuk windows 10 versi 1511 nonaktifkan services berikut:


Connected User Experiences and Telemetry
dmwappushsvc


double klik dalam services yang disebutkan diatas serta pilih "Disabled" buat jenis startup.

Sekarang silahkan restart komputer anda buat melihat perubahan yang anda lakukan tersebut. Tips ini mencegah Windows 10 memata-matai Anda. Jika Anda memiliki solusi yang lebih elegan buat ini atau pertanyaan, jangan ragu untuk menulis komentar.

Comments