CARA MENONAKTIFKAN AKSES KE HALAMAN KONFIGURASI FIREFOX DENGAN GROUP POLICY

Tutorial ini menjelaskan cara menonaktifkan akses ke page konfigurasi Firefox menggunakan class policy. Halaman konfigurasi Firefox berisi banyak pengaturan yg dapat Anda sesuaikan sinkron ketenangan Anda. Misalnya, Anda dapat menonaktifkan akses lokasi sang situs web , mengubah tingkat zoom minimum serta maksimum default , serta banyak pengaturan lainnya. Jika Anda ingin melindungi semua pengaturan yg Anda buat pada laman konfigurasi, maka menonaktifkan akses ke laman konfigurasi Firefox mungkin merupakan cara terbaik.
Untungnya, class policy Windows sudah hadir menggunakan fitur yg sangat berguna, yg merupakan kebijakan yang dibubuhi buat Firefox. Di Windows GPO (atau Group Policy), folder Firefox tersedia yg membantu untuk menyesuaikan aneka macam jenis pengaturan, termasuk memblokir akses ke laman konfigurasi.

Sekarang coba anda perhatikan screenshot di atas. Seperti yang Anda lihat, page konfigurasi terlihat di mana pengaturan yang tidak sinkron beda tersedia.
Sekarang lihat screenshot di bawah ini. Jelas terlihat bahwa page konfigurasi diblokir, yg aku lakukan menggunakan Group Policy.

Baca jua: Cara menonaktifkan developer tools di Firefox via Group Policy Windows

Bagaimana cara Menonaktifkan Akses ke Halaman Konfigurasi Firefox dengan group policy Windows?


Langkah 1:  Ini merupakan langkah yg paling krusial. Dukungan group policy niscaya tersedia buat Firefox tetapi Anda perlu menambahkan dukungan ini secara manual. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial yang telah aku buat pada artikel yang berjudul cara menambahkan dukungan class policy di Firefox.
Langkah 2: Ini merupakan langkah yang lebih gampang. Buka Windows GPO menggunakan Run / Search box. Ketik kata kunci "gpedit.msc" dan kemudian pakai tombol Enter / OK.

Langkah tiga: Di bawah folder Mozilla, Anda dapat melihat folder Firefox. Tapi, buat mengakses folder itu, Anda perlu menggunakan path ini: pertama pergi ke Computer Configuration → kemudian pergi ke Administrative Templates → kemudian cari folder Mozilla → serta cari folder Firefox.

Langkah 4: Banyak pengaturan akan terlihat di bagian kanan Windows GPO. Sekarang anda cari pengaturan "Block about: config" serta klik dua kali. Lebih jelasnya lihat di screenshot di atas.
Langkah lima: jendela Block about:config akan terbuka yang memiliki opsi "Enabled". Gunakan opsi tadi dan simpan.

Itu dia! Anda telah berhasil menonaktifkan akses ke laman konfigurasi Firefox menggunakan bantuan group policy.
Ketika Anda ingin mengakses halaman konfigurasi Firefox lagi, cukup pakai langkah-langkah yg saya sebutkan pada atas, dan pada langkah 5, relatif klik dalam opsi "Not Configured" serta simpan.
Demikianlah tutorial kali ini, semoga berguna serta terima kasih atas kunjungannya.

Comments