CARA MENGOLAH SUSU SEGAR MENJADI YOGURT YANG ENAK DI DAPUR SENDIRI

BEtapa banyaknya manfaat yogurt bagi kesehatan, Yogurt merupakan produk olahan berdasarkan susu murni sebagai kuliner yang enak dengan proses Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu buat menghasilkan tekstur misalnya gel dan aroma unik, aromanya yg wangi serta lebih terasa lezat lagi jika pada padukan menggunakan banyak sekali macam rasa butir yg segar. Beberapa manfaat yg paling signifikan menurut produk Yogurt bagi kesehatan kita adalah, menaikkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini jua dapat membantu menyehatkan pencernaan sampai menghindari terjadinya darah tinggi, serta sejumlah kandungan yoghurt seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya berguna buat kesehatan dan perawatan kecantikan.
Ternyata Produk Olahan susu yang di beri nama Yogurt memiliki sejuta manfaat, dan dengan gampang juga anda bisa memasak atau membuatnya sendiri di dapur anda, selain citra rasa yg bisa anda sesuaikan dengan kesukaan, kasus kehigienisan jua telah pasti terjamin, lantaran anda mengolahnya dengan hati - hati pada dapur anda. Lalu bagaimana caranya Mengolah Susu Segar Menjadi Yogurt Yang Enak pada Dapur Sendiri ?
Berbagai macam citra rasa dan jenis yougurt bisa anda jumpai sehari - hari pada minimarket atau pada toko - toko penjual susu segar pada kota anda, namun buat menambah pengetahuan serta wawasan anda mengenai puluhan jenis bahkan ratusan jenis citra rasa yogurt, serta jua alat-alat yg sanggup anda gunakan buat mengolah yogurt dengan cepat mulai dari peralatan yg tradisional hingga yg moderen seluruh bisa anda simak selengkapnya silahkan anda Klik di --> SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI


Begilah Cara Yang Paling Praktis dan Praktis Mengolah Susu Segar Menjadi Yogurt yang Lezat !
Ternyata Yoghurt aman dikonsumsi sang anak-anak sampai orang tua. Yoghurt jua bisa dikreasikan menjadi banyak sekali pelengkap pada makanan ataupun minuman. Selain itu Yoghurt sangat cocok buat dijadikan galat satu pilihan menu diet anda selain salad. Serta Berikut ini langkah - langkah proses pembuatannya :

Bahan Pembuat Yoghurt :

  1. Siapkan 1 liter susu murni. Boleh memakai susu bungkus tapi lebih baik susu murni atau susu segar
  2. Bibit yoghurt sebanyak lima% menurut banyaknya susu murni. Untuk 1 liter susu murni mampu memakai kurang lebih 50 mL atau dua sendok makan bibit yoghurt. Bibit ini Bisa dibeli pada pasar swalayan atau beli di  SINI
    Atau Bisa Anda Cari pada --->  SINI


Cara Membuat Yoghurt :

  1. Panaskan susu murni di atas api mini sembari terus diaduk selama 30 mnt dan jaga agar susu tidak sampai mendidih agar protein susu tidak rusak.
  2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan sampai hangat kuku dalam suhu ruangan
  3. Masukan bibit yoghurt lalu aduk rata sampai rata menggunakan menggunakan alat pengaduk steril. Bila kesulitan mencari indera pengaduk dapat memakai spatula kayu yang sebelumnya telah disiram memakai air panas menjadi proses sterilisasi indera.
  4. Apabila telah selesai masukan ke wadah tertutup kemudian tutupin menggunakan serbet buat menciptakan syarat gelap yg merupakan kondisi hayati bakteri fermentasi selama 20-24 jam.
  5. Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.
    Bila dirasa sudah pas, mixer menggunakan indera steril hingga tercampur rata.
  6. Jika hendak membuat yoghurt lagi, sisihkan beberapa sendok ke dalam cup mini . Inilah yang kelak akan menjadi starter jika hendak menciptakan yoghurt lagi jadi nir perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup kedap, tuliskan lepas pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu agar tetap terjaga rasa dan sterilitasnya
  7. Bila telah siap, sanggup ditambahkan sirup atau rasa butir-buahan sesuai selera anda. Selamat merasakan.

Tips Cara Membuat Yoghurt :

  1. Pastikan proses fermentasi yoghurt memakai wadah rapat udara. Wadah yg tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi
  2. Saat membeli yoghurt plain, lihat dulu masa kadaluarsanya. Kalau sudah expired maka proses pembuatan yoghurt nir akan berhasil
  3. Saat memasukan susu ke wadah, pastikan susu dalam keadaan hangat. Tidak panas serta nir terlalu dingin
  4. Bibit yoghurt yg dimaksud adalah produk yoghurt misalnya cimory, biokul, dst. Disebut bibit lantaran itulah yg akan sebagai biang penghasil yoghurt. Saat menentukan bibit pilihlah bibit yg masih ada goresan pena “Live Culture” pada kemasannya supaya bakteri fermentasi bisa berkembang. Live culture yang dimaksud pada umumnya merupakan bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus 
  5. Pastikan perbandingan susu murni dan bibitnya sempurna. Jika nanti yoghurtnya terlampau kental, itu artinya terlalu poly bibit. Bila terlalu encer berarti terlalu sedikit.


Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Yoghurt mempunyai kemampuan buat menaikkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini jua bisa membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat pada yoghurt favorit anda misalnya Yunani yoghurt, kedelai organik serta sebagainya. Berikut ini manfaat yoghurt buat kesehatan
1. Sarat VitaminYoghurt adalah sumber signifikan menurut kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, serta vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah serta membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan pada produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seseorang vegetarian mungkin sulit buat mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness serta penulis Big Green Cookbook.
Makan lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi: Seporsi yoghurt (8 ons) menyediakan yaitu 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa.
2. Mencegah Darah TinggiSetiap hari lebih kurang 70 persen menurut kita, mengkonsumsi lebih menurut dua kali jumlah garam yg disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke ketika ini dapat menyebabkan hipertensi serta ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.
3. Menyehatkan Gigi
Meskipun yoghrt mengandung gula akan tetapi nir menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat pada yogurt juga terdapat buat menaruh proteksi gusi. Orang-orang yg makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, mempunyai risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yg tidak melakukannya.
4. Makanan berprotein tinggi
Yogurt bisa menjadi sumber protein yg sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan mempunyai 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gr protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan kurang lebih 8 hingga 10 gram protein per porsi.
5. Membantu Pencernaan
Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan dan menjaga Anda biasa, istilah Robin Plotkin, RD, seorang pakar masakan dan gizi. Tetapi pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup.
6. Pencegahan Osteoporosis
” Gizi yg cukup memainkan peran primer dalam pencegahan serta pengobatan osteoporosis, serta mikronutrien terbesar adalah kalsium serta vitamin D, ” istilah Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing pada Rumah Sakit Hayes Helen New York.
Manfaat susu memang mengandung poly kalsium, yang telah terbukti mempunyai impak menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. Asam laktat  menyerap kalsium dan fosfor yg baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yg terdapat dalam manfaat yoghurt jua membantu metabolisme tulang supaya berjalan menggunakan baik.

Manfaat Yoghurt Untuk Rambut dan Kulit Cantik


Tidak hanya baik menjadi bahan kuliner, tapi yoghurt  juga dikenal lantaran sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut yg bertenaga. Menggunakan yoghurt buat kulit serta rambut merupakan cara suku India antik. Bahkan, Cleopatra menurut Mesir antik diketahui melakukan mandi yoghurt buat menjaga kecantikan kulitnya.
7. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sifat pelembab yogurt bisa menjadi scrub yang sangat baik buat mengangkat sel kulit mangkat . Hal ini sangat baik buat mereka yg mempunyai kulit kemarau serta sensitif.
  • Buat scrub alami pada tempat tinggal – dua sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit menggunakan cara, memijat lembut kulit menggunakan gerakan memutar.
  • Komedo –  masukkan yoghurt denga sedikit tepung beras, sampai menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar mini , lalu cuci dengan air dingin.

8. Memerangi Jerawat
Menambahkan yoghurt ke pada pilihan menu diet harian atau sebagai perawatan wajah buat menyembuhkan jerawat. Lantaran sifat asam, yogurt menghancurkan aneka macam bakteri penyebab jerawat, fungi serta kuman dalam tubuh.
Terapkan krim yoghurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci sesudah 30 mnt menggunakan air bersih buat membersihkan kulit.atau buat pasta berdasarkan yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit serbuk, gula serta serbuk cendana. Pijat pasta pada kulit serta bilas menggunakan air dingin sesudah 15 mnt.9. Menyembuhkan Kulit Terbakar
Yogurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt menggunakan menambahkan beberapa minyak esensial seperti manfaat minyak zaitun. Gunakan ini dalam bagian atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 mnt sebelum membilasnya.

10 Menyingkirkan Ketombe

Yogurt mengandung sifat anti fungi dan anti-bakteri yg membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak menjadi pembersih alami serta menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri jua membantu menenangkan kulit kepala serta mengurangi rasa gatal.

Pijat kulit ketua dengan yoghurt serta cuci ketua dengan air hangat setelah 15 mnt. Sifat asam laktat membantu melembabkan kulit ketua dan mengangkat sel kulit meninggal, sebagai akibatnya menyembuhkan ketombe dan memulihkan kesehatan rambut.
Komposisi Nutrisi Yang Terkandung dalam Yogurt !

Yoghurt adalah bahan kuliner yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Yoghurt mengandung tenaga sebesar 52 kilokalori, protein 3,tiga gram, karbohidrat 4 gram, lemak 2,5 gram, kalsium 120 miligram, fosfor 90 miligram, serta zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Yoghurt juga terkandung vitamin A sebanyak 73 IU, vitamin B1 0,04 miligram serta vitamin C 0 miligram.  Hasil tadi didapat berdasarkan melakukan penelitian terhadap 100 gram Yoghurt, dengan jumlah yg bisa dimakan sebesar 100 %.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Yoghurt :
Nama Bahan Makanan : Yoghurt
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Yoghurt yang diteliti (Food Weight) = 100 gram
Bagian Yoghurt yang bisa dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Yoghurt = 52 kkal
Jumlah Kandungan Protein Yoghurt = 3,tiga gr
Jumlah Kandungan Lemak Yoghurt = 2,lima gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Yoghurt = 4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Yoghurt = 120 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Yoghurt = 90 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Yoghurt = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Yoghurt = 73 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Yoghurt = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Yoghurt = 0 mg
Khasiat / Manfaat Yoghurt : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : Y

--> SELANJUTNYA

Comments