CARA MENGISI PETA KOORDINAT LINTANG DAN BUJUR GTK DAN SISWA DI DAPODIK VERSI 2018.B

Dapodik Versi 2018 telah resmi dirilis resmi oleh Admin Dapodikdas pusat pada tanggal 31 Januari 2018. Ada poly pemugaran dan pembaharuan pada dapodik versi 2018. Ada pula penambahan pilihan menu pengisian kelengkapan biodata GTK serta Peserta Didik.. Satu diantaranya merupakan harus mengisi garis bujur dan lintang rumah GTK serta Peserta Didik.

Terbayang kan beratnya pekerjaan ini? Mending apabila misalnya jumlah muridnya sedikit atau siswanya sudah setingkat SLTP atau SLTA. Kita tinggal menyuruh mereka mencari titik kordinat rumahnya sendiri. Operator tinggal mengentrikan di dapodik.  Jika muridnya murid Sekolah Dasar serta jumlahnya banyak, asanya tak mungkin untuk menyuruh siswa menetukan sendiri letak koordinat rumahnya. Jadi disini diperlukan kerjasama antara operator sekolah dengan para wali kelas buat  berbagi tugas. 

Dalam hal ini, operator sekolah pula harus memilih skala prioritas. Menurut saya, pengisian titik koordinat guru dan siswa merupakan prioritas ke 2. Yang terpenting lengkapi data pengajar seperti pembelajaran, jadwal pelajaran, keaktifan, mutasi siswa dll . Lakukan sikron bila data-data penting pengajar dan siswa telah beres. Hal lain seperti letak koordinat, data peridik siswa, perbaikan data rinci sarparas mampu dilanjut selesainya sinkron. 

Kembali ke pembahasan pengisian peta koordinat guru serta peserta didik, terdapat banyak tehnik yang sanggup dilakukan. Silahkan isi dari pilihan tehnik masing-masing. Dibawah ini akan diuraikan cara pengisian titik koordinat pengajar menggunakan cara yg berdasarkan saya relatif mudah. Syaratnya laptop/komputer wajib tersambung dengan jaringan internet. Berikut langkah-langahnya :
  1. Buka dapodik seperti biasa. Pilih GTK lalu pilih pengajar. Klik guru yang ingin diisi titik koordinat rumahnya kemudian klik ubah.
  2. Scrool ke bawah sampai di lokasi pengisian titik koordinat. Klik pilihan menu Buka Peta Koordinat. 
  3. Akan ada Maps menggunakan posisi awal pada DKI Jakarta. Perbesar dulu ventilasi peta koordinat dengan mengklik tanda panah pada sudut atas sebelah kanan ventilasi peta.
  4. Jika anda bukan orang DKI Jakarta, pindahkan dulu lokasi pencarian ke loka yg sesuai. Kecilkan dulu peta menggunakan mengklik pertanda min yang terdapat pada pojok sebelah bawah kiri peta.
  5. Kecilkan sampai lokasi kita terlihat. Posisikan wilayah /lokasi  kita di tengah-tengah peta.
  6. Perbesar peta sedikit demi sedikit sembari terus penekanan pada wilayah yang ingin kita cari. Mula- mula penekanan pada nama kota/kabupaten loka kita tinggal, kemudian kecamatan dan desa. Akan sangat mudah apabila di peta ada penanda yang telah diberi identitas, misalkan mesjid, balai desa, hotel, rumah sakit dll yang dekat menggunakan  tempat tinggal orang yang dicari.
  7. Jika peta telah berada dalam posisi yang lebih detil, ubah peta sebagai mode satelit menggunakan mengklik pilihan menu satelit di sebelah atas kiri.
  8. Perbesar peta sampai titik maksimal dan abaikan pengajar yang bersangkutan menentukan lokasi rumahnya. 
  9. Jika sudah merasa yakin klik di atas tempat tinggal yang dipilih, lalu klik simpan dan tutup ventilasi. 
  10. Kemudian klik simpan sekali lagi sebagai akibatnya titik koordinat tersebut tersimpan di dapodik.
  11. Pencarian titik koordinat rumah terselesaikan.
Pencarian titik koordinat loka tinggal relatif gampang bila di lokasi tempat tinggal yg bersangkutan sudah poly loka umum yang diberi penanda. Pencarian pada atas akan susah dilakukan jika lokasi loka tinggal guru atau siswa berada di wilayah yang jarang penduduknya lantaran kadangkala posisi tempat tinggal tidak terlihat terhalang pepohonan. Ditambah lagi, bila nir ada tempat generik yang sudah diberi penanda, akan semakin susah lagi. Satu-satunya cara wajib pulang ke lokasi rumah tersebut serta menentukan titik kordinat tempat tinggal menggunakan maps di hp android atau indera khusus.
Jika peta koordinat tidak bisa dibuka di dapodik karena eror, maka kita harus membuka google maps atau google earth buat memilih titik koordinat tempat tinggal peserta didik. Caranya sebagai berikut :
  1. Masuk Google Maps  di alamat : //www.google.com/maps/. Di kotak pencarian tulis nama desa loka tinggal peserta didik/pengajar lalu tekan enter. Ciutkan panel pencarian menggunakan mengklik tanda panah.
  2. Ubah mode peta dengan mengklik kolom satelit di pojok kiri bawah. Posisikan lokasi pencarian pada tengah-tengah. Perbesar peta menggunakan mengklik tanda tambah (+) sampai mentok. 
  3. Cari lokasi tempat tinggal guru/anak menggunakan teliti dengan memperhatiakan penanda yg ada contohnya mesjid atau loka generik lainnya.. Apabila nir memahami lokasi tempat tinggal guru/anak, sanggup mengajak pengajar/anak bersangkutan buat menerangkan lokasi rumahnya. Apabila telah ditemukan klik di atap rumah yang dimaksud. Akan timbul kotak yang berisi keterangan lintang dan bujur bersama nama desa, kecamatan, kabupaten dan propinsi. Tulis garis lintang serta bujur yang muncul dan lalu masukan ke dapodik.

Comments