CARA MENGHEMAT PENGELUARAN BIAYA ENERGY LISTRIK

Listrik adalah bagian terpenting pada era modern seperti sekarang ini, Hampir setiap kegiatan serta setiap orang memerlukan energy listrik. Mulai menurut memasak, mencuci, menyetrika, berhemat bahan pangan, olah raga, dan dalam bekerja kita memerlukan energy listrik, pertanyaan nya berapakah uang yang anda keluarkan untuk energy setiap bulannya? Sebagai seseorang electrical saya sering mendapat pertanyaan “Bagai mana cara menghemat porto tagihan listrik” pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut menggunakan hal hal sederhana namun efektif buat menghemat pengeluaran porto energy listrik di rumah.
Saya membagi tips  berhemat biaya buat energy listrik ini menjadi dua bagian, Kedua bagian  ini akan sangat efektif buat mengurangi biaya energy listrik dirumah. Bagian pertma adalah Tips menghemat porto nir permanen energy listrik , serta bagian kedua merupakan Cara menghemat biaya tetap energy listrik. Baiklah kita mulai berdasarkan bagian pertama.
Tips Hemat Listrik Biaya Tidak Tetap.
Biaya tidak tetap yang aku maksud merupakan biaya yg anda keluarkan buat servis, penggantian material, serta lain lain.
Pastikan anda menerapkan intalasi listrik menggunakan kualitas yang baik di rumah anda.
Cobalah berkonsultasi menggunakan electrical anda sebelum melakukan instalasi jaringan listrik pada tempat tinggal anda. Hal ini perlu dilakukan Agar penggunaan listrik pada rumah anda tercukupi dengan baik dan menggunakan perhitungan material yg tepat.
Standard instalasi listrik di Indonesia masih tergolong rendah di banding Negara tetangga lainnya. Instalasi listrik standard merupakan  instalasi listrik dengan satu pengaman /MCB (mini circuit breaker) seperti yg biasa kita lihat waktu membeli tempat tinggal menurut deplover. Kebanyakan berdasarkan mereka nir mengoptimalkan kualitas instalasi yg mereka berikan. Sehingga kebanyakan pembeli rumah akan melakukan penambahan instalasi listrik atau pemugaran.
Instalasi listrik dengan memakai satu mcb nir bertahan lebih usang dibanding instalasi full safty yang memakai lebih dari 3 mcb serta pembaian yg tepat. Kabel instalasi dengan satu mcb akan menahan beban penuh dan cepat panas serta rapuh. Hal ini akan memaksa konsument mengeluarkan porto tambahan buat reparasi atau penggantian material instalasi listrik.
Instalasi listrik yang menggunakan lebih berdasarkan 3 pengaman, 5 atau pun sepuluh tergantung kebutuhan suatu bangunan. Dan memiliki system pembagian energy sebagai akibatnya kabel serta material lainnya misalnya stop hubungan nir cepat rapuh atau meleleh dan konslet.  Instalasi yang memakai 5 pengaman /MCB pula mempunyai 5 line phase sebagai akibatnya masing masing kebel line nir menunda beban aporisma dab nir cepat ringkih. Instalasi ini akan mampu bertahan 15-20 tahun. Sehingga konsumen nir perlu mengeluarkan biaya tambahan buat reparasi serta servis pada kurun saat yang relatif lama .
Gunakan material instalasi listrik ( Cable, stop kontak, switch, breaker,fitting dll)  yg memenuhi standard dengan kualitas yang baik.
Penggunaan material yang memenuhi standard akan membantu anda pada mengurangi biaya tidak permanen buat energy listrik. Misal Stop hubungan AC serta lemari pendingin. Gunakan stop hubungan dengan ketahanan 13-16 ampere (Sesuaikan menggunakan kebutuhan) buat kedua peralatan tadi, Agar stop kontak tidak cepat meleleh. Kebanyakan konsument masih memakai stop kontak 10 ampere sehingga pada beberapa bulan anda akan memanggil tukang listrik balik .
Tidak menumpuk banyak steker pada satu stop hubungan. Menumpuk steker hiperbola akan membuat stop hubungan cepat panas serta meleleh sehingga anda akan memanggil tukang buat memperbaikinya. Apabila tips di atas di terapkan jauh kemungkinan anda akan memanggil jasa servis listrik pada waktu dekat.
Menghemat Biaya tetap Energi listrik/ Biaya bulanan.
Untuk berhemat pengeluaran porto tagihan listrik setiap bulannya anda bisa mengikuti langkah langkah berikut adalah. Menghemat biaya tagihan listrik berarti menghemat energy. Tetapi bagai mana cara nya agar kita dapat menghemat tanpa harus kekurangan penjelasan dan penggunaan listrik lainnya?
Periksa/Cek Tagihan Listrik anda sebelum membayar lakukan pengecekan rutin setiap bulan buat mengetahui kinerja / aktivutas listrik pada rumah anda dan mengontrol pemakaian listrik anda. Klick Periksa/Cek.
Gunakan lampu hemat energy misalnya yang lagi trend kini ini merupakan lampu LED, Penggunaan lampu LED bisa mengurangi biaya penerangan berdasarkan bola lampu biasanya. Selain berhemat energy lampu LED pula mempunyai ketahanan/ jam tayang  yg lebih lama pada banding bola lampu biasanya. Pastikan anda membeli lampu LED menggunakan kualitas baik.
Periksa peralatan listrik anda secara rutin misalnya rice cooker, Blender serta lainnya. Peralatan yang telah lama akan memakan energy lebih poly/ tidak stabil. Itu galat satu karena kebanyakan masyarakat Singapore membuang peralan listrik yang telah berusia 5 tahun.
Matikan alat-alat yang sedang tidak pada pakai, misal computer, TV serta lainnya. Saya juga seringkali tidak mematikan computer dan tv ketika tidur. Ini merupakan kebiasaan buruk dan boros energy. Tetapi karna Ampere meter di tempat tinggal masih menggunaka meteran 6 ampere saya tidak begitu khawatir. Sebab meteran 6 ampere nir mempunyai biaya beban yg tinggi/ Bebab nya masih murah. Setiap ampere meter di kenakan porto beban selain porto pemakaian.
Pada intinya Kita tidak bisa menghemat biaya/ uang untuk energy listrik tanpa menghemat pemakaian energy. Sabab pada dasar nya listrik yang kita gunakan sudah memiliki harga yang s di tetapkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) kita hanya bisa mengurangi banyaknya Energy yang kita gunakan agar sesuai dengan pendapatan masing masing.
Semoga artikel ini bermanfaat… serta saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda ke blog CARA FLEXI  sekian Tips Cara berhemat  pengeluaran biaya listrik. Jangan lupa share ke kekerabat lainnya. Menghemat Energy nir hanya membatu ekonomi famili. Namun juga membantu Negara serta masyarakat lainnya.

Comments