CARA MENGGUNAKAN WEB BROWSER SAFARI DI IPHONE

Meskipun kamu bisa meng-install browser lain menurut App Store, web browser default yg hadir pada setiap iphone, iPod touch, serta iPad merupakan Safari.
Safari versi iOS diubahsuaikan menurut versi desktop yang telah usang hadir di Mac. Akan tetapi, Safari versi mobile sangat jauh tidak sinkron dengan versi Desktop. Perbedaan yang paling mencolok, engkau mengendalikannya bukan dengan mouse akan tetapi menggunakan sentuhan.

1. Dasar-dasar Safari

Ketuk Dua Kali buat Memperbesar/Memperkecil
Jika kamu ingin memperbesar bagian tertentu dari halaman web (ini sangat bermanfaat buat memperbesar teks yang sedang kamu baca), cukup ketuk 2 kali secara beruntun di bagian layar yg sama. Maka page itu akan diperbesar. Ketuk dua kali lagi untuk memperkecil (pulang ke berukuran semula).

"Mencubit" Layar buat Memperbesar/Memperkecil
Jika engkau ingin menerima poly kontrol atas apa yang kamu perbesar atau berapa banyak zoom yang engkau lakukan, pakai fitur multitouch iPhone.

Letakkan jari telunjuk menggunakan bunda jari kamu di bagian layar iPhone yg ingin engkau perbesar. Kemudian, tarik masing-masing jari kamu ke arah yg antagonis menurut layar. Ini akan memperbesar halaman. Teks serta gambar tampak buram sesaat serta kemudian iPhone membuatnya lebih tajam dan jernih lagi.
Untuk memperkecil page dan membuat semuanya lebih mini , letakkan jari kamu pada ujung layar yang antagonis serta seret satu sama lain, hingga jari engkau bertemu di tengah layar.
Kembali Keatas Halaman
Kamu menggulir halaman ke bawah dengan menyeret jari ke bawah layar. Tapi, tahukah kamu bahwa kamu dapat melompat pulang ke atas laman web tanpa harus menggulir?
Untuk kembali ke bagian atas laman (buat balik ke bilah peramban, bilah pencarian, atau navigasi situs), cukup sentuh jam di bagian tengah atas layar iPhone atau iPod touch dua kali. Ketukan pertama akan membicarakan bilah alamat di Safari, yang kedua akan menarik kamu pulang ke bagian atas page web. Sayangnya, tampaknya nir terdapat jalan pintas yang sama buat melompat ke bagian bawah laman.

Bergerak Kembali dan Maju Melalui Riwayat Kamu
Seperti browser dalam umumnya, Safari terus melacak situs-situs yang telah engkau kunjungi dan memungkinkan kamu memakai tombol kembali (dan terkadang tombol maju) buat berkiprah melalui situs serta halaman yg kamu kunjungi baru-baru ini. Ada 2 cara buat mengakses fitur ini:
  • Tombol Panah — Di sudut kiri bawah layar, ada tombol panah. Ketuk mereka buat mundur atau maju 
  • Swiping — Kamu pula dapat menggesek buat mundur atau maju. Geser tepi kiri layar buat mundur dan tepi kanan buat maju.

2. Buka Halaman pada Jendela Baru

Ada dua cara untuk membuka ventilasi baru pada Safari. Yang pertama adalah dengan mengetuk ikon pada sudut kanan bawah ventilasi Safari yg terlihat misalnya dua kotak pada atas satu sama lain. Ini akan menciptakan laman web engkau saat ini menjadi mini dan menampilkan tombol + (iOS 7 dan lebih tinggi) atau New Page (iOS 6 dan versi sebelumnya) di bagian bawah.
Ketuk itu buat membuka ventilasi baru. Ketuk dua persegi panjang lagi dan geser ke atas serta ke bawah (iOS 7 serta ke atas) atau bolak-pulang (iOS 6 dan sebelumnya) buat berpindah antar jendela, atau ketuk X buat menutup jendela.
Selain membuka jendela kosong baru, kamu juga sanggup membuka tautan pada jendela baru seperti yg engkau lakukan pada komputer desktop. Begini caranya:
  1. Temukan tautan yg ingin engkau buka di ventilasi baru. 
  2. Ketuk tautan dan jangan lepaskan jari kamu menurut layar.
  3. Jangan lepaskan sampai menu timbul berdasarkan bagian bawah layar yang menunjukkan lima opsi: 
    • Open
    • Open in New Page
    • Add to Reading List (iOS 5 dan hanya atas) 
    • Copy 
    • Cancel 
  4. Pilih Open in New Page serta kamu sekarang mempunyai 2 jendela peramban, satu menggunakan situs pertama yg kamu kunjungi, yang kedua menggunakan page baru kamu. 
  5. Jika engkau memiliki perangkat menggunakan layar 3D Touch (hanya seri iPhone X, 8, 6S serta 7, pada ketika penulisan ini), mengetuk serta menahan tautan jua bisa memunculkan pratinjau dari laman yang ditautkan. Tekan layar dengan keras serta pratinjau akan keluar serta sebagai jendela yg kamu telusuri.

3. Menu Tindakan pada Safari

Menu di bagian bawah sentra Safari yang terlihat misalnya kotak menggunakan panah yg keluar dianggap pilihan menu Tindakan. Mengetuk ini akan menampilkan sejumlah fitur. Di sana kamu akan menemukan opsi buat mem-bookmark situs, menambahkannya ke daftar favorit atau reading list, menciptakan shortcut pada home screen perangkat kamu, print, dan poly lagi.

 4. Penjelajahan Pribadi pada Safari

Jika kamu ingin menjelajahi web tanpa situs yang engkau kunjungi ditambahkan ke riwayat browser engkau , pakai fitur ini. Untuk mengaktifkannya di iOS 7 dan lebih tinggi, ketuk 2 persegi panjang buat membuka ventilasi browser baru. Ketuk Private kemudian pilih apakah engkau ingin menyimpan seluruh ventilasi browser yg terbuka atau tutup. Untuk mematikan Penjelajahan Pribadi, ikuti langkah yang sama. (Di iOS 6, Penjelajahan Pribadi diaktifkan melalui pengaturan Safari di aplikasi Pengaturan.)

Comments