CARA MENGGUNAKAN KAMERA IPHONE

Ada sebuah pepatah dalam fotografi bahwa kamera terbaik merupakan kamera yang kamu miliki. Bagi poly orang, itu kamera di smartphone mereka. Beruntung bagi pemilik iPhone, kamera yang hadir dalam smartphone ini relatif mengesankan.
IPhone pertama memiliki kamera yg sangat sederhana. Bisa mengambil foto, akan tetapi tidak mempunyai fitur seperti penekanan, zoom, atau flash yang diarahkan oleh pengguna. IPhone 3GS menambahkan fokus satu sentuhan, namun butuh saat sampai iPhone 4 buat kamera iPhone menambahkan fitur penting seperti flash serta zoom.
IPhone 4S menambahkan beberapa fitur rupawan seperti foto HDR, ad interim iPhone 5 membawa dukungan untuk gambar panorama. Apapun fitur yg kamu minati, inilah cara menggunakannya:

Beralih Kamera

IPhone 4, iPod touch generasi ke 4, serta iPad dua, serta seluruh model yg lebih baru, memiliki 2 kamera, satu menghadap ke pengguna, yang lainnya terdapat pada bagian belakang perangkat. Ini digunakan baik buat memotret serta menggunakan FaceTime.
Memilih kamera yg ingin kamu pakai itu mudah. Secara default, kamera resolusi tinggi di bagian belakang dipilih, namun buat menentukan yg menghadap pengguna (apabila kamu ingin merogoh selfi, contohnya), relatif ketuk tombol pada sudut kanan atas aplikasi Camera yang Terlihat misalnya kamera dengan panah berputar disekitarnya. Gambar pada layar akan berubah menjadi kamera yang menghadap pengguna. Untuk balik , tekan lagi tombolnya.
Bekerja dalam: iPhone 4 serta lebih tinggi

Zoom

Kamera iPhone tidak hanya penekanan pada elemen gambar saat kamu mengetuknya (lebih poly lagi pada sekejap), kamu jua bisa memperbesar atau memperkecil tampilan.
Untuk melakukan ini, buka pelaksanaan Kamera. Jika kamu ingin memperbesar aspek gambar, cukup cubit serta seret untuk memperbesar seperti yang kamu lakukan dalam pelaksanaan lain (mis., Jempol bunda jari serta telunjuk secara bersamaan pada layar serta seret ke ujung ujung layar). Ini akan memperbesar gambar serta menampilkan slider bar dengan minus pada satu ujung serta satu plus di sisi lainnya akan timbul pada bagian bawah gambar.
Ini adalah zoom. Engkau bisa terus mencubit serta menyeret, atau menggeser bilah kiri atau kanan, untuk memperbesar serta memperkecil tampilan. Gambar akan otomatis disesuaikan saat engkau melakukan ini. Jika kamu hanya memiliki foto yang kamu inginkan, ketuk ikon kamera di bagian tengah bawah layar.
Bekerja pada: iPhone 3GS serta lebih tinggi

Flash

Kamera iPhone umumnya relatif cantik buat merogoh rincian gambar dalam cahaya rendah (terutama dalam iPhone lima, yg mempunyai perangkat tambahan yang didesain spesifik buat kondisi tersebut), tetapi berkat penambahan flash, engkau mampu menerima foto low-light. Setelah berada di aplikasi Camera, engkau akan menemukan ikon lampu kilat pada bagian kiri atas layar, menggunakan baut kilat pada atasnya. Ada beberapa pilihan buat memakai lampu kilat:
  • Off – Ini saya pikir, relatif jelas. Dan merupakan setting default buat kamera.
  • Auto – Ketuk ikon lampu kilat buat menampilkan pilihannya. Pilih Auto bila engkau ingin lampu kilat hanya digunakan ketika diharapkan, misalnya yg ditentukan oleh iPhone.
  • On - Bila kamu memilih ini, lampu kilat akan digunakan dalam setiap gambar yang kamu ambil.

Bekerja dalam: iPhone 4 serta lebih tinggi

Foto HDR

HDR, atau High Dynamic Range, foto yg mengambil banyak eksposur dari pemandangan yang sama serta lalu menggabungkannya buat membentuk citra yg lebih baik serta lebih detil.
Fotografi HDR dibubuhi ke iPhone dengan iOS 4.1.
Jika engkau menjalankan iOS 4.1 atau yang lebih tinggi, saat kamu membuka pelaksanaan Camera, kamu akan menemukan tombol yang bertuliskan HDR On di bagian tengah atas layar. Jika engkau menjalankan iOS 5-6, kamu akan melihat tombol Options di bagian atas layar. Ketuk buat memunculkan slider buat mengaktifkan foto HDR. Di iOS 7, tombol On/Off HDR telah balik ke permukaan layar.
Untuk mematikannya (engkau pasti ingin melakukan ini bila kamu mencoba buat menghemat ruang penyimpanan), tekan tombol/gerakkan slider sebagai akibatnya sebagai HDR Offf.
Bekerja dalam: iPhone 4 serta lebih tinggi

AutoFocus

Untuk secara otomatis membawa fokus foto ke area eksklusif, sentuh area layar.
Kotak akan muncul pada layar buat menunjukkan bagian gambar yg dipusatkan kamera. AutoFocus jua secara otomatis mengatur exposure serta white balance buat mencoba menghadirkan foto yang terbaik.
Bekerja dalam: iPhone 4 serta lebih tinggi

Foto Panorama

Ingin menangkap vista yang lebih lebar atau lebih tinggi dari ukuran gambar standar yang ditawarkan oleh foto iPhone? Jika engkau menjalankan iOS 6 pada model tertentu, kamu dapat menggunakan fitur panorama untuk mengambil foto yang sangat besar. IPhone tidak termasuk lensa panorama; Sebagai gantinya, ia menggunakan software buat menjahit beberapa foto menjadi satu gambar akbar.
Untuk mengambil foto panorama, langkah-langkah yang perlu kamu ambil bergantung pada versi iOS yg kamu pakai. Di iOS 7 atau lebih tinggi, gesek teks pada bawah ventilasi bidik hingga Pano disorot. Di iOS 6 atau sebelumnya, ketika engkau berada di aplikasi Camera, ketuk Options, kemudian ketuk Panorama.
Ketuk tombol yang digunakan buat mengambil foto. Ini akan berubah sebagai tombol yang mengungkapkan Done. Gerakkan iPhone dengan perlahan serta mantap melintasi subjek yang ingin kamu potret dalam panorama. Bila kamu telah memiliki gambar lengkap, ketuk tombol Done serta foto panorama akan disimpan ke aplikasi Photos kamu. Foto akan terlihat bergerigi pada iPhone kamu (yang tidak dapat menampilkan gambar panorama karena batas ukuran layarnya). Mengirim melalui Email atau mencetaknya, serta kamu akan melihat foto ukuran penuh. Bekerja pada: iPhone 4S serta lebih tinggi menjalankan iOS 6 serta yang lebih tinggi

Format Foto Square (iOS 7)

Jika engkau menjalankan iOS 7 atau lebih tinggi, kamu dapat menggunakan foto square atau persegi Instagram serta bukan foto persegi yang biasanya ditangkap kamera. Untuk beralih ke mode Square, gesek kata-istilah di bawah jendela bidik hingga kotak dipilih. Kemudian pakai kamera misalnya biasa.
Bekerja pada: iPhone 4S serta lebih tinggi menjalankan iOS 7 serta yang lebih tinggi

Burst Mode (iOS 7)

Kombinasi iOS 7 serta iPhone 5S menghadirkan beberapa pilihan baru yang ampuh untuk fotografer iPhone. Salah satu pilihan ini adalah burst mode. Jika kamu ingin menangkap banyak foto dengan cepat--terutama apabila kamu memotret tindakan--engkau akan menyukai burst mode. Alih-alih hanya menjentikkan gambar setiap kali engkau menekan tombol rana, menggunakan itu kamu bisa memakan saat hingga 10 foto per dtk. Untuk memakai burst mode, pakai aplikasi Camera seperti biasa kecuali jika kamu ingin memotret, cukup ketuk serta tahan tombolnya. Kamu akan melihat jumlah layar meningkat dengan cepat. Ini jumlah foto yang kamu ambil. Kamu kemudian dapat membuka aplikasi Photos buat meninjau foto burst-mode kamu serta menghapus yang tidak kamu inginkan.
Bekerja pada: iPhone 5S serta lebih tinggi

Filter (iOS 7)

Beberapa aplikasi foto terbaru yang paling populer memungkinkan kamu menerapkan efek serta filter bergaya ke foto kamu agar terlihat lebih keren. Untuk menggunakan filter, ketuk ikon dari tiga lingkaran yang saling terkait di sudut bawah aplikasi. kamu akan memiliki 8 opsi filter, dengan masing-masing menampilkan pratinjau seperti apa yang akan diterapkan pada foto kamu. Ketuk filter yang ingin kamu gunakan serta jendela bidik akan memperbarui saat menampilkan foto kamu dengan filter yang diterapkan. Gunakan aplikasi Camera misalnya yg kamu inginkan. Foto yang disimpan ke aplikasi Photos akan mempunyai filter dalam foto tadi.
Bekerja pada: iPhone 4S serta lebih tinggi menjalankan iOS 7 serta yang lebih tinggi

Grid

Ada pilihan lain pada menu Options iOS 5 serta lebih tinggi: Grid. Di iOS 7, Grid diaktifkan secara default (kamu dapat mematikannya dari bagian Photos & Camera dalam pelaksanaan Settings). Pindahkan slider ke On serta grid akan dilapisi di layar (hanya untuk komposisi; grid tidak akan muncul pada gambar kamu). Grid memecah gambar menjadi sembilan kotak berukuran sama serta dapat membantu kamu meng-compose foto kamu.
Bekerja pada: iPhone 3GS serta lebih tinggi

AE/AF Lock

Di iOS 5 serta yang lebih tinggi, aplikasi Kamera mencakup fitur AE/AF Lock buat membiarkan kamu mengunci pengaturan auto-exposure atau autofocus. Untuk mengaktifkannya, ketuk layar serta tahan sampai kamu melihat AE/AF Lock ada di bagian bawah layar. Untuk mematikan sebagai lock off, sentuh layar lagi. (Fitur ini sudah dihapus di iOS 7.)
Bekerja pada: iPhone 3GS serta lebih tinggi

Merekam Video

Kamera belakang iPhone 5S, 5C, 5, serta 4S juga dapat merekam video hingga HD 1080p, sementara rekaman kamera iPhone 4 pada HD 720p (kamera 5-megapiksel yang lebih tinggi juga dapat merekam video pada HD 720p). Cara untuk mengubah dari mengambil foto ke video bergantung pada versi iOS yang kamu gunakan. Di iOS 7 serta yang lebih tinggi, geser istilah-istilah sempurna di bawah jendela bidik supaya video disorot. Di iOS 6 atau sebelumnya, cari slider di sudut kanan bawah layar. Di sana kamu akan melihat dua ikon, yang terlihat seperti kamera, yang lainnya terlihat seperti kotak dengan segitiga yang keluar darinya (dirancang agar terlihat seperti kamera film). Gerakkan slider agar tombolnya berada di bawah ikon kamera film serta kamera iPhone akan beralih ke mode video.
Untuk mulai merekam video, ketuk tombol dengan lingkaran merah di dalamnya. Saat kamu merekam, tombol merah akan berkedip serta pewaktu akan muncul di layar. Untuk berhenti merekam, sentuh kembali tombolnya.
Beberapa fitur fotografi yang terdapat pada pelaksanaan, misalnya foto atau panorama HDR, tidak berfungsi saat merekam video, meski ada flash.
Hasil rekaman video dari kamera iPhone dapat diedit menggunakan editor video bult-in iPhone, aplikasi iMovie Apple (Pembelian pada iTunes), atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Slow Motion Video (iOS 7)

Seiring dengan burst mode, ini adalah peningkatan besar lainnya yang disampaikan oleh kombinasi iOS 7 serta iPhone 5S. Tidak hanya mengambil video 30 frame/second, 5S dapat mengambil Slow Motion Video yang berjalan pada 120 frame/second. Pilihan ini dapat menambahkan drama serta detail ke video kamu serta terlihat sangat hebat serta keren. Untuk menggunakannya, cukup gesek deretan opsi di bawah jendela bidik ke Slo-Mo serta rekam video seperti biasa.
Bekerja dengan: iPhone 5S serta lebih tinggi.

Comments