CARA MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE GDRIVE

Cara Menggunakan Google Drive - Google drive atau gdrive adalah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis. Fungsi dan cara kerja gdrive sama hal nya menggunakan memori card yakni merupakan tempat penyimpanan file. Tetapi perbedaan nya adalah gdrive atau google drive hanya dapat diakses melalu internet (secara online), Google derive jua dikenal menggunakan sebutan cloud (penyimpanan online) sama seperti cloud dalam account iphone atau xiaomi yang menyediakan media penyimpanan online. Pagi ini admind akan berbagi cara menggunakan google drive "gdrive" secara lengkap supaya masing-masing kita bisa mengenal grive lebih pada lagi serta bisa memanfaatkan fasilitas google yg penuh manfaat ini "gdrive".
Apa saja yang bisa disimpan di grive?
G-drive atau google drive dapat menyimpan banyak jenis arsip dan sanggup menyimpan file dengan jumlah yang poly, adapun jenis-jenis arsip yg dapat disimpan pada gdrive adalah:
  1. Foto (JPEG, PNG, GIFT, PSD, BMP, PSB, Pixar, Scitex CT serta banyak lagi)
  2. Video (MPEG, MOV, AVI, ASF, WMP, 3GP, MP4, DV, VCD, DVD dan poly lagi)
  3. Doc File atau document (Word, Excel, Power Point, Outlook dan banyak lagi)
  4. Software, Apk, Webp, Archive Zip & Rar dan banyak lagi
Apa Manfaat Google Drive atau Gdrive?

Manfaat menyimpan file di gdrive ada banyak sekali, saya akan mencoba mendefenisikan manfaat gdrive berdasarkan category atau kebanyakan orang yaitu:
  • Manfaat gdrive bagi orang awam adalah menjadi wadah buat menyimpan video atau foto foto berharga yg memiliki nilai sejarah. File yg disimpan pada gdrive dapat di backup kapan saja menggunakan kualitas tinggi, gdrive merupakan penyimpanan data yang sangat baik untuk menghindari berdasarkan kehilangan arsip.
  • Manfaat grive bagi pencari kerja adalah sebagai loka peyimpanan berkas berkas lamaran kerja buat persiapan melamar kerja online, selain itu menyimpan berkas pada google drive bisa mencegah kehilangan / ketinggalan berkas waktu melamar kerja eksklusif pada perusahaan lantaran berkas yang disimpan pada gdrive bisa diakses kapan saja dan bisa pribadi pada cetak / print.
  • Manfaat gdrive untuk mahasiswa / siswa sekolah, untuk menyimpan tugas-tugas kuliah seperti skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagi nya.
  • Manfaat gdrive bagi pengelola website atau page blog merupakan menjadi media penyimpanan file download. Mengingat harga hosting yang tidak murah maka grive merupakan solusi terbaik buat menyimpan file-file yang sebagai kepentingan situs website anda. Gdrive sudah didukung menggunakan Google Drive Direct Link Generator buat menciptakan link download sebagai akibatnya pemirsa situs anda nir perlu mengakses link orisinil gdrive anda [Lihat Detail]
Bagaimana Cara Membuat Account Google Drive?

Gdrive bisa diakses melaui account google atau gmail, hanya menggunakan membuat satu account gmail maka banyak produk google yang dapat di akses melalui account gmail tadi termasuk keliru satu nya gdrive (google drive). Login ke akun gmail anda kemudian buka google drive login maka gdrive bisa langsung diakses menggunakan gampang.

Bagaimana Cara Menyimpan File di Gdrive?
  1. Login ke google drive dengan menggunakan email google, atau
  2. Kunjungi link gdrive //www.google.com/drive/
  3. Klick Go to Google Drive (menuju dashboard grive)
  4. Klick New dan Pilih File Upload buat memasukkan file ke gdrive anda
Lihat model gambar dibawah ini
Setelah meng-klick "new" dalam dashboard gdrive (google drive) anda maka akan muncul pilihan "file upload" dan "folder upluad" serta beberapa pilihan untuk upload arsip menurut google doc ke grive, lihat model gambar dibawah ini untuk melanjutkan meng upload file ke gdrive.
Kemudian setelah memilih arsip upload > upload from my computer > select / pilih arsip anda serta tekan open buat meng upload file ke google drive. Jenis arsip yang di upload bebas (file apa saja) yg terbaca pada personal komputer anda, lihat gambar berikut adalah.
Kamu dapat mengunggah banyak arsip menggunakan sekali upload, select / pilih beberapa arsip yang pada perlukan buat menggunggah arsip anda sekaligus atau pilih folder upload jika di perlukan.

Nah gampang bukan,,,,! Sekarang kamu telah berhasil meng upload foto, berkas lamaran dan lainnya ke google drive, bagaimana apabila kita lanjutkan ke cara mengunduh nya kembali menurut google drive ke komputer anda atau mencetak / print file berdasarkan google drive? Masih betahkan membaca tutorial cara memakai google drive ini.

Unduh / Cetak / Print File dari Google Drive
  1. Kembali ke google drive login
  2. Anda akan eksklusif melihat arsip-arsip yg telah anda upolad ke google drive
  3. Select / double klick atau klick dua kali pada arsip yg akan pada unduh atau pada cetak (print arsip google drive)
Lihat model pada bawah ini
Keterangan:
  • Untuk menampilkan file secara utuh / lebar, double click pada arsip (dua kali klick beruntun serta secara cepat dalam arsip di gdrive)
  • Jika anda ingin mencetak / print file menurut google drive maka tekan logo print misalnya terlihat pada model diatas, dan
  • Jika anda ingin mengunduh arsip dari google drive maka tekan tombol download

Bagaimana Cara Membagikan File dari Google Drive?

Untuk menshare / menunjukkan file dari gdrive anda ke orang lain atau kerabat maka silahkan kembali ke dashboard gdrive kemudian select / pilih arsip kemudian akan ada tombol buat menampilkan link share arsip seperti model berikut adalah. 
Kemudian setting share link arsip google drive anda agar dapat pada akses oleh banyak orang (publik), metode ini juga berguna buat anda bila ingin mencetak file / print arsip gdrive di warnet atau toko fotocopy. Apabila menggunakan komputer sendiri anda bisa eksklusif mencetak nya misalnya yang saya contohkan sebelum nya. Akan namun apabila mencetak arsip gdrive melalui komputer orang lain cukup berikan link share file gdrive anda saja, sebagai akibatnya anda tidak perlu login pada personal komputer mereka buat menghindari pencurian akun google anda. Begini kelanjutan cara setting share link file google drive!
Pada langkah diatas sebenar nya link share file google drive sudah dapat di copy atau pada ambil untuk dibagikan ke publik (ke banyak orang). Agar lebih puas maka lihat juga sharing settings seperti gambar dibawah ini.
Copy link arsip gdrive anda dan biarkan status nya "Anyone with the link can view", maksud nya seluruh orang bisa melihat file link tersebut namun tidak bisa mengedit/merubah nya. Terakhir tekan done (terselesaikan).

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Drive

Mungkin sebagian kamu penasaran seberapa akbar kapasitas penyimpanan online gdrive yg disediakan google secara geratis bagi para user atau pengguna akun google. Kapasitas penyimpan online (cloud storage) google drive yg di geratiskan merupakan sebanyak 15GB (Giga Byte) atau setara dengan 15000MB. Bayangkan saja memori smartphone anda menggunakan akbar kapasitas penyimpanan yg sama dapat menampung berapa poly file. Di-era smartphone (Android) gdrive merogoh peranan akbar sebagai pem backup / pencadangan file, contact serta menjadi-nya.

Sedikit saya ceritakan pengalaman aku memakai google drive (gdrive), pernah ketika hendak mengusrus kartu kuning (kartu pencari kerja) aku meninggalkan fotocopy ijazah aku , dampak nya kartu kuning tidak dapat pada urus jika tanpa fotocopy ijazah padahal jeda tempat tinggal saya menggunakan tempat kerja kelurahan sangat jauh sekali. Akan tetapi lantaran aku menyimpan hampir seluruh dokument pada google drive aku nir perlu balik untuk mengambil nya. Buka google drive copy link share nya dan tinggal print di warnet terdekat, practice bukan?

Berkas lamaran kerja lengkap jua aku siapkan (simpan) di google drive buat jaga-jaga bila terdapat yg kasi lowongan kerja tinggal print lewat google drive serta yg lebih seru nya lagi aku menggunakan google drive buat berburu lowongan kerja online (melamar kerja online). Saya fikir demikian saja penjelasan saya tentang "Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)", kamu dapat mengikuti jejak aku menggunakan google drive buat memudahkan / kepraktisan mengurus sesuatu.

Comments