CARA MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP GILLNET

Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net - Alat Tangkap Gillnet adalah Alat tangkap Yang ramah lingkungan lantaran Alat Tangkap Gill net Menangkap Ikan menggunakan Target Spesifik atau sempurna target. Untuk mengoperasikan Alat tangkap ini kita wajib mengetahui terlebih dahulu atau mengenal jenis jenis alat tangkap gill net dari sasaran tangkapan serta cara pengoperasiannya.

Nah buat mengetahui cara menggunakan alat tangkap gill net secara generik kita mampu baca pedoman serta teknik nya di bawah ini 

Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net


Persiapan, 

menuju fishing ground, pemasangan jaring (setting), menunggu (drifting), serta penarikan jaring (hauling) . Proses yg dilakukan dalam termin persiapan merupakan proses yg berkaitan dengan merakit dan menyusun indera tangkap gillnet milenium serta kelengkapan buat operasi penangkapan, yaitu Pelampung umbul serta tali pelampung umbul disiapkan. 

kemudian diikatkan pada ujung jaring gillnet bagian atas permukaan (tali ris atas) batas antara pieces, 

Tali ris samping masing-masing piece dari 2 piece yg kontiniu pribadi diikat sebagai satu ikatan, 


Pemberat diikatkan masing-masing sebesar 2 butir pada ujung jaring gillnet bagian atas bagian bawah (tali ris bawah) batas antara piece, 


Menyusun indera tangkap gillnet bagian atas pada bagian tengah sebelah kanan kapal buat persiapan setting, Memasang tali selambar pada kedua ujung jaring, serta pemasangan pelampung pertanda yang telah diberi bendera.

Kapal menggunakan alat tangkap tsb berangkat dari fishing base menuju fishing ground . 

Tahap awal dalam pengoperasian adalah penentuan fishing ground, yaitu berdasarkan pada posisi atau koordinat lokasi penangkapan yang sudah direncanakan. 


Waktu yg diharapkan dari fishing base menuju ke fishing ground 3 - 4 jam dengan jarak tempuh antara tiga - 4 mil.

Setting/ Penurunan alat tangkap gill net 

Setelah sampai pada fishing ground  tim mulai bersiap di samping kanan kapal buat proses setting (penurunan jaring) dimulai menggunakan menurunkan pelampung pertanda yang diikatkan pada ujung tali selambar ke bahari. 

Kemudian secara perlahan kapal beranjak mengikuti arah angin serta jaring pun mulai diturunkan dalam sebelah kanan haluan kapal.  


Dimulai menggunakan pelemparan pemberat atau badan jaring bagian bawah dahulu kemudian pelemparan pelampung umbul. 


Pelemparan pemberat serta pelampung harus dilakukan dengan tepat agar jaring nir terbelit sebagai akibatnya dapat terentang pada perairan. 


Panjang jaring yg dipakai yaitu sebesar 10-15 piece. Proses setting ini berlangsung selama ± 60 mnt.  


Tali selambar terakhir lalu diikatkan pada kapal agar jaring dapat terpantau dengan baik.

Drifting 

Proses menunggu (drifting) dilakukan sehabis penurunan indera tangkap terselesaikan dilakukan. Proses ini dilakukan  ± 9 jam.  

Selama proses menununggu galat satu anggota diberi tugas buat mengawasi serta menjaga kapal dan alat tangkap yang sedang dioperasikan supaya terhindar berdasarkan mobilitas atau laju kapal alat tangkap yg sedang berangkat dan akan beroperasi disekitar lokasi operasi penangkapan.

Penarikan jaring (hauling) 

dilakukan selesainya proses menunggu (drifting) selama ± 9 jam . 


Pada penarikan jaring kapal bergerak maju perlahan sampai pada posisi yg benar sesuai dengan arah arah angin, arah arus, dan posisi jaring lalu mesin kapal dimatikan. 


Kemudian jaring mulai ditarik di samping kanan kapal menggunakan tangan tanpa menggunakan alat bantu penarik. Masingmasing menarik permukaan jaring, tengah jaring, serta bagian bawah jaring.

Penarikan dimulai menurut bagian jaring yg diturunkan paling akhir atau dalam tali selambar bagian jaring terakhir diturunkan yang diikatkan ke kapal. 

Apabila dalam ketika penarikan Alat tangkap Ikan terdapat ikan yang terjerat maka tim langsung melepaskan ikan tersebut berdasarkan jeratan jaring serta meletakkannya pada bagian samping kiri kapal, selesainya itu melanjutkan penarikan jaring balik .

Waktu Penarikan alat tangkap Gill Net

Waktu yang diperlukan buat sekali penarikan jaring (hauling) berkisar antara 60 - 70 menit. Bergantung kepada banyaknya ikan yg tertangkap serta sampah-sampah yang tersangkut pada jaring.

Begitu lah sekilas Gambaran Umum Tentang Cara memakai indera tangkap Gill Net Secara sederhana

Comments