CARA MENGGANTI FONT DEFAULT WINDOWS 10


Tutorial ini menjelaskan cara mengubah font default pada Windows 10. Mengganti font mampu dilakukan menggunakan mudah dengan tweak sederhana pada Windows 10 Registry. Anda perlu membuat serta menginstal file font pada Windows 10 Registry. Setelah arsip font baru diinstal, Anda akan melihat perubahan di seluruh PC Windows 10 Anda. Font default Windows 10 yg telah diganti dengan font baru dapat ditinjau perubahannya di teks ikon desktop, Panel Kontrol, jam baki sistem, judul pelaksanaan, File Explorer, menu konteks klik kanan, dan banyak lagi.

Bagiamana Cara Mengganti Font Default Pada Windows 10?

Langkah 1: Sebelum menambahkan perubahan, sebaiknya buat cadangan seluruh registri atau buat system restore point. Untuk mengekspor registri, Anda perlu membuka Registry Editor → File → Export.


Langkah dua: Copy kode berikut serta paste pada Notepad.

Windows Registry Editor Versi lima.00

[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionFonts]
"Segoe UI (TrueType)" = ""
"Segoe UI (TrueType)" = ""
"Segoe UI Black (TrueType)" = ""
"Segoe UI Black Italic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Bold (TrueType)" = ""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Historic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Italic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Light (TrueType)" = ""
"Segoe UI Light Italic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Semibold (TrueType)" = ""
"Segoe UI Semibold Italic (TrueType)" = ""
"Segoe UI Semilight (TrueType)" = ""
"Segoe UI Semilight Italic (TrueType)" = ""

[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionFontSubstitutes]
"Segoe UI" = "Arial"

Catatan : Ini sangat penting, supaya tidak terjadi error sangat disarankan buat mengetik ulang terlebih dahulu tanda kutip (") ini ya.

Langkah 3: Ubah nama font yg terlihat pada baris kode terakhir (warna biru) menggunakan font lain pilihan Anda. Bisa anda ubah jadi Tahoma, Verdana, atau font lainnya.

Langkah 4: Sekarang simpan kode sebagai file REG. Anda perlu menentukan opsi 'All Files' pada Save as type serta menambahkan perluasan ".reg" sehabis nama arsip. Lihat gambar di bawah ini.


Langkah 5: Jalankan file registri yg baru saja Anda buat. Sebelum menerapkan perubahan, anda akan diminta Anda buat mengonfirmasi tindakan anda. Tekan tombol 'Yes'.


Langkah 6: Restart PC dan lalu Anda akan melihat perubahannya.

Kesimpulan: apabila Anda bosan dengan font default yang digunakan dalam Windows 10, maka tutorial ini sangat membantu Anda buat mencoba serta / atau menggunakan font baru pilihan Anda secara tetap. Yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan arsip REG, menambahkan nama font pilihan Anda, serta menginstal arsip tadi.

Comments