CARA MENGGANTI DOMAIN BLOGSPOT KE CUSTOM DOMAIN TLD

Cara Mengganti Domain Blogspot - Meskipun tutorial "cara mengganti domain blogspot ke custom domain (domain sendiri)" sudah banyak beredar, nir terdapat salahnya apabila pembahasan mengenai domain ini kita update pulang, saya fikir ini akan sedikit membantu sobat blogger memecahkan kasus cara mengubah domain blog sobat ke costum domain. Mungkin masih ada yang ingin bertanya "Apasih pengertian costum domain itu?".
Costum domain merupakan alamat situs yg kita pilih sendiri (domain berbayar), costum domain jua di artikan menjadi url (alamat) situs bertaraf TLD atau Top Level Domain. Contoh: indolistrik.com , net, co.id, org serta lain lain, terdapat jua domain geratis seperti .cf, .ga, xyz dll.
Untuk mendapatkan domain tld tadi engkau perlu membelinya pada pandi.id adalah distributor domain terpercaya pada indonesia atau langsung membelinya ke www.godaddy.com merupakan distributor domain amerika. jika anda ingin menggunakan www.domain.co.id maka kamu bisa membelinya di www.pandi.id tapi jika kamu ingin membeli www.domain.com maka kamu bisa membelinya di www.godaddy.com.
Apasih keutamaan costum domain (domain tld)?
  1. Blog/website kamu akan lebih propesional
  2. Url (atau alamat situs engkau sebagai lebih pendek
  3. Alamat situs lebih mudah pada jangan lupa orang
Baiklah kita lanjutkan pembahasan cara cara membarui domain blogspot.com ke costum domain (domain berbayar). Perlu pada ketahui bahwa membarui domain .blogspot.com menjadi .com bukan berarti kita menghapus domain yang usang misal: //caraflexi.blogspot.com melainkan hanya menimpa nya saja menggunakan url pihak ketiga (domain berbayar) menggunakan cara menyeting pengalihan DNS saja. Langsung saja kita praktekkan cara menyeting pengalihan DNS ini menggunakan domain geratis menurut my.freenom.com.
Sebagai latihan dasar menggati domain, kamu bisa me-order sebuah domain geratis di my.freenom.com, karena pada dasar-nya cara mengganti domain itu sama saja meski kamu membelinya di tempat yang berbeda. Baik saya anggap saja kamu telah memiliki domain geratis freenom tersebut.

Cara Menggati Domain Blogspot menggunakan Domain Geratis freenom
  1. Pastikan url costum domain telah pada sediakan
  2. Login ke Blogger serta pilih Pengaturan > Dasar
  3. Pada bagian Alamat Blog klick +Siapkan Url pihak ke-tiga buat blog anda
  4. Masukkan url domain geratis nya dalam kotak yang tersedia contoh: www.fakta7.ga
  5. Klick simpan buat menerima dua pasang kode pengalihan (DNS Records)
  6. Copy 2 pasang kode DNS Records tadi pada sebuah catatan (notepad)
  7. Lihat model gambar pada bawah ini

Perhatikan: 2 kode DNS Records tadi akan kita masukkan ke settingan DNS dalam costum domain yg sudah pada siapkan tadi misal domain aku www.fakta7.ga. Sebelum kode pengalihan tadi pada masukkan ke settingan DNS costum domain, maka url www.fakta7.ga belum mampu disimpan pada blogger.
Langkah selanjut nya adalah mem-verifikasi bahwa costum domain tadi adalah sahih milik kita menggunakan cara memasukkan dua pasang kode pengalihan tersebut ke settingan DNS costum domain.
  1. Login Ke Dashboard freenom anda
  2. Pilih Servis > Pilih My Domain
  3. Pilih Domain yg sudah disiapkan tadi dan klik Manage Domain
  4. Kemudian pilih Manage Freenom DNS
Nah...sehabis anda mengklick Manage Freenom DNS maka anda akan di alihkan ke settingan DNS buat domain anda. Klick tombol Add Record (More Records) buat menambah kolom. Tambahkan hingga sebagai 3 kolom.
Pada tahap ini kamu tinggal memasukan kode DNS Record saja, copy dua kode DNS yang sudah diberikan sang blogger tadi, serta masukkan pada kolom setinggan DNS freenom. Ikuti sesuai petunjuk dalam gambar di bawah:
Keterangan:
  • Dua pasang kode DNS Record di tambahkan dalam kolom 1 dan dua misalnya trlihat pada gambar, satu pasang kode buat satu kolom.
  • Pada kolom nomer 1 dan 2  dalam bagian Type : Pilih CNAME sedangkan TTL Biarkan tetap 14440
  • Pada kolom 3 isi kotak Nama menggunakan www dan kotak Target isi menggunakan IP atau Hostname216.239.32.21
  • Lalu ulangi langkah dalam kolom tiga saja, tambahkan tiga IP lagi, semua IP tersebut merupakan IP Google 216.239.34.21 > 216.239.36.21 dan 216.239.38.21
  • Klick Save Change
Langkah terakhir balik ke blogger serta tekan ulang tombol simpan (save) buat menyelesaikan ingat centang pada bagian "Alihkan fakta7.ga ke www.fakta7.ga". Maka url blog kamu akan akan menjadi dua, lihat contoh gambar di bawah ini, perlu di ingat alamat situs akan selalu di alihkan ke costum domain, begitu juga index google pada situs kamu akan di index menggunakan costum domain.
Demikian saja cara mengganti domain blogspot ke costum domain, silahkan di praktekkan langsung dan semoga ini bermanfaat, ini sangat cocok untuk latihan mengganti domain, sebelum kamu membeli domain berbayar, setidak nya jika kamu sudah mem-praktekkan nya menggunakan domain geratis maka kamu tidak bingung lagi ketika kamu beralih ke domain berbayar. sebab dashboard domain tld itu hampir serupa pada  umum nya, mungkin bebeda pada tatal letak saja. Namun cara setting DNS Record nya tetap sama.

Comments