CARA MENGETAHUI RADIUS PERLINDUNGAN GROUNDING PENAGKAL PETIR

Radius Perlindungan atau "Degree of protection" dari sebuah Grounding atau biasa kita sebut dengan penangkal petir, dapat di hitung menurut tinggi ROD penagkal petir tersebut. Cara mengetahui luas jangkauan/radius proteksi Grounding kali ini masih sama dengan artikel aku yg sebelumnya Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penagkal Petir (Grounding). Yaitu dengan menggunakan rumus segi 3 siku serta rumus bundar. Ini akan sedikit gampang buat pemahaman dasar dasar Grounding (penagkal petir).
Degree of protection Penagkal petir memiliki nilai sudut perlindungan 120 derajat, ini sudah pada tentukan pada perhitungan ilmu Grounding oleh para ilmuan fisika serta telah menjadi ketetapan hingga saat ini. Lalu Bagai mana cara menghitung luas radius perlindungan suatu grounding berdasar kan tinggi tiang rod penagkal petir? Simak langkah langkah berikut adalah.
Sebagai contoh katakan lah tinggi tiang rod penagkal petir adalah 10 meter serta Degree of protection Penagkal petir mempunyai sudut 120 derajat. Sebelumnya harap perhatikan gambar di bawah ini yg menggambarkan nilai sudut/Degree of protection berdasarkan suatu grounding/penagkal petir.
Maka buat menghitung luas radius perlindungan yg bisa di jangkau oleh suatu grounding atau penagkal petir adalah sebagai berikut.
  1. Diketahui tinggi rod grounding merupakan 10 meter.
  2. Sudut segitiga siku dalam rumus matematika merupakan 180 derajat (90 derajat, 60 derajat dan 30 derajat)
Sebelumnya saya mohon maaf saya telah merangkum rumus cara menggitung "radius grounding" ini dalam sebuah gambar, saya nir bisa menuliskan rumus matematika pada blog ini karena keterbatasan ilmu komputer aku . Harap maklum aku hanya seorang electrikal dan bukan lah pakar personal komputer . Jadi mari kita perhatikan gambar Rumus menghitung radius perlindungan Grounding (penagkal petir) di bawah ini.
Penjelasan:
  1. Degree of protection yg menciptakan sudut 120 derajat (segi 3 sama kaki) kita kecil kan menjadi segi 3 siku seperti terlihat pada gambar.
  2. Sudut 90, 60 serta 30 derajat merupakan ilmu pasti dalam perhitungan segi tiga siku.
  3. 10 kali (x) akar tiga merupakan nilai alas segi 3 siku. Belum sebagai luas keseluruhan Radius Perlindungan/Degree of protection Grounding (Penagkal Petir)
Dengan mengetahui nilai alas segi 3 tadi maka kita akan segera mengetahui juga luas jangkauan Radius Perlindungan Grounding (Penagkal Petir) menggunakan tinggi tiang rod 10 meter. Nilai alas segi tiga siku 10 akar tiga = 17.321 meter.
Maka buat mendapat kan nilai luas radius perlindungan penagkal petir (Degree of protection) kita bisa menggunakan rumus menghitung luas bulat menggunakan berakibat 17.321 meter sebagai jari jari. L = π x r x r (Radius Perlindungan Penagkal Petir = π x 17.321 x 17.321)
Rumus bulat ini telah poly terlupakan sejak jaman digital. Jadi kita bisa menggunakan kalkulator scientifik buat mengetahui hasil nya. Artikel ini hanya buat pembelajaran saja agar kita nir kehilangan kemampuan berhitung serta berfikir. Dengan mengetahui demikian sebagai seseorang electrikal atau Grounding master kita dapat mem persentasekan atau menjelas kan point point krusial dalam tekhnik pemasangan grounding penangkal petir. Semoga bermanfaat.

Comments