CARA MENGEMBALIKAN FILE YANG TERHAPUS DI LAPTOP

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Laptop - Bagi sebagian akbar orang yang bergelut pada dunia IT khususnya operator, guru atau mahasiswa. Mengalami kejadian yang paling mengecewakan serta membuat hati kesal adalah kehilangan sebuah file krusial yang berada di laptop. Baik itu kehilangan file dampak serangan virus, tak sengaja terhapus atau bahkan lupa memberikan filenya dalam folder yang mana di laptop. Tetapi, jangan terlalu cemas, ada trik buat mengembalikan file yang terhapus tadi.
File yang terhapus di laptop sebenarnya tidak secara eksklusif hilang bila terhapus secara tidak sengaja ataupun disengaja. File tadi hanya tersembunyi dan anda perlu cara buat mengembalikannya seperti semula pada tempatnya. Dalam beberapa syarat, anda bisa melakukan beberapa cara seperti pada bawah ini :
  1. Cari pada Folder Recycle Bin
  2. Gunakan Fitur Restore Previous Version Windows
  3. Gunakan Software Recovery
  4. Tips Menghindari File Hilang atau Terhapus pada Laptop

Cari pada Folder Recycle Bin

Apabila file penting tadi terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja melalui tombol "Delete" di keyboard atau menggunakan Klik Kanan lalu pilih "Delete", maka arsip penting tadi masuk ke pada folder Recycle Bin.
Folder Recycle Bin merupakan folder yang berisi arsip-file data yg dari menurut terhapus baik sengaja atau tidak disengaja sang pengguna laptop. Recycle Bin umumnya masih ada di page dekstop laptop anda, sebagai akibatnya gampang buat menemukannya.
Langkah - langkahnya : Buka folder Recycle Bin - Klik kiri dua kali - Lalu cari file yang terhapus - kemudian Klik kanan - Pilih Restore.
Setelah melakukan langkah diatas, maka file data anda akan kembali ke lokasi dimana anda menyimpan file tersebut. Dalam beberapa kondisi, waktu anda secara nir sengaja atau sengaja menghapus file krusial, buat mengembalikannya secara langsung relatif dengan Tekan CTRL+Z pada saat selesainya file tersebut terhapus.

Fitur Restore Previous Versions

Apabila telah mencari di recycle bin akan tetapi data file tadi telah terhapus, anda jangan cemas. Anda bisa mengembalikan arsip yang hilang menggunakan Restore Previous Version. Fitur ini merupakan bawaan dari windows, sebagai akibatnya sudah niscaya mampu digunakan dilaptop anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa anda telah mengaktifkan fitur restore previous versions.
Langkah-langkahnya : Klik Kanan My Computer - Pilih Properties - Pilih Advance System Setting - Pilih System Protection - Pilih Drive Misal C: - Pilih Configure - Pilih Restore system Settings and Previous Versions of files - Pilih OK - Lalu Restart laptop.
Jika sebelumnya sudah diaktifkan, maka anda tinggal menggunakan fitur tadi. Berikut ini panduan mengembalikan file yg terhapus di laptop menggunakan Restore Previous Versions.
Langkah - langkahnya : Pilih folder dimana file penting tadi terhapus - Klik kanan pilih “Restore Previous versions” - pilih tab “Previous versions” - Pilih File/folder terakhir yg ingin anda restore. Selanjutnya restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Gunakan Software Recovery File

Apabila anda telah melakukan 2 cara diatas, baik itu mencari pada recycle bin maupun menggunakan fitur restore previous versions tetapi file tadi belum bisa pulang. Maka cara terakhir yg mampu dipakai adalah memakai software recovery file. Ada banyak software yang disediakan oleh aneka macam developer baik itu secara gratis juga secara berbayar misalnya pada bawah ini :
  1. MiniTool Partition Recovery - //www.partitionwizard.com/download/10.dua.dua/pw102-free.exe
  2. Recuva - //www.ccleaner.com/recuva
  3. Wise Data Recovery - //www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html
  4. PC Inspector File Recovery - //pc-inspector-file-recovery.id.uptodown.com/windows

Tips Menghindari File Hilang atau Terhapus pada Laptop

Kehilangan arsip penting membuat anda berfikir bagaimana cara buat mengembalikan file yang hilang tersebut? Nah, daripada anda patah hati karena kehilangan file, sebaiknya anda ikuti tips untuk menghindari file hilang atau terhapus pada laptop sebagai berikut.
  1. Back-Up File secara bersiklus pada Hardisk eksternal atau Flashdisk.
  2. Memakai teknologi Cloud Computing untuk mengupload data ke server online.
  3. Aktifkan fitur Restore Previous Versions di laptop anda.
File pada Flashdisk Hilang? Baca : Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk
Demikian ulasan mengenai cara mengembalikan arsip yg terhapus pada laptop baik sengaja terhapus atau tidak sengaja ataupun terkena agresi virus. Jangan hingga insiden file yang terhapus atau hilang terulang lagi di laptop anda. Lakukan pencegahan menggunakan mengikuti tips yg sudah ada diatas. Semoga file data anda segera pulih balik , bila masih gagal, silahkan mencari jasa recovery file secara online yang dekat dengan lokasi anda tinggal. Terima kasih

Comments