CARA MENGECEK KONDISI HARDISK

Seringkali kita dipusingkan menggunakan kinerja komputer atau laptop kita yg bekerja nir normal, poly spekulasi timbul dikepala anda apakah kerusakan ditimbulkan virus, ataukah hardisknya yg mulai rusak. Nah dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana mengecek kondisi hardisk, apakah masih normal ataukah telah mengalami eror ataupun rusak.
1. Kinerja personal komputer menjadi sangat lambat misalnya saat komputer terinveksi virus, buat membuka folder atau atau menjalankan suatu program akan membutuhkan ketika yg usang dan terasa berat.
2. Terdengar suara aneh dari pada hardisk seperti suara berdecit, berderit atupun seperti detak jam dan ini berlangsung berkali kali saat anda menghidupkan personal komputer atau menjalankan program komputer.
3. Bad sector pula bisa sebagai salah satu cara yg menarik buat melihat apakah hardisk anda rusak atau tidak. Apabila di pada harddisk ada bad sector pada jumlah yg banyak, maka hal pertama yang harus anda lakukan merupakan segera menyelamatkan data Anda sebelum seluruh data yang terdapat rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector melalui sebuah aplikasi bawaan yang ada dalam Windows. Jika anda memakai Windows 7, buka Start,kemudian Computer, lalu klik kanan pada hard disk atau partisi yg ingin Anda lihat dan anda periksa. Setelah itu pilih Properties serta masuk ke tab Tools dan pilih Check now. Kemudian Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix arsip system errors
4. Banyaknya file yg korup dalam personal komputer atau laptop anda, korup disini adalah beberapa folder atau dokumen anda tidak terlihat (disable) tersembunyi atau bahkan hilang atau mampu saja properties dari semua arsip anda nir sama dengan volume hardisk. Seumpamanya begini Disk D anda berisi file atau dokumen yg semuanya membutuhkan 1 Gb seumpama dan isi volume hardisk anda berisi 40 Gb tetapi ruang kosong yg seharusnya 38 atau 37 Gb sanggup menjadi hanya 20 Gb.
5. Loading dalam HDD sangat lemot atau lambat, meskipun LED blinking menandakan ada kerja pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, pertanda ada bad sector. Ciri ini juga mampu terlihat saat setup OS baru beberapa tahap telah tidak terdeteksi hingga munculnya blue screen dalam computer dan akhirnya computer meninggal menggunakan sendirinya,seperti kita sedang melakukan restart.
Jika komputer anda mengalami tanda-tanda gejala diatas maka kemungkinan besar hardisk anda telah lemah atau rusak maka harus segera anda perbaiki.

Comments