CARA MENGATUR DAN MENGGUNAKAN PEMBATASAN DI IPHONE

Orang tua yang risi dengan apa yg dicermati atau dilakukan anak-anak saat memakai iPhone atau iPod touch, sekarang nir perlu lagi terlalu tak jarang memperhatikan gerak-gerik anak-anak mereka. Sebagai gantinya, orang tua dapat menggunakan indera pre-installed iOS buat mengontrol konten, aplikasi, dan fitur lainnya yg bisa diakses oleh anak-anak.
Alat — restriksi atau restrictions iPhone ini — meliputi daftar layanan dan pelaksanaan Apple yg lengkap, serta memperlihatkan orang tua yg bersangkutan cara buat mengatur kontrol orang tua yang dapat kamu modifikasi pulang saat si anak tadi tumbuh. Kontrol ini bisa ditemukan di bagian Restrictions dalam aplikasi Settings.

Cara Mengaktifkan Pembatasan iPhone

Untuk mengaktifkan serta mengkonfigurasi kontrol, ikuti langkah berikut:
  1. Ketuk aplikasi Settings dalam iPhone yg ingin engkau ganti batasannya.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Restrictions.
  4. Ketuk Enable Restrictions.
  5. Kamu akan diminta untuk menciptakan passcode empat digit yang memberi kamu-bukan akses si anak ke pengaturan restriksi pada iPhone. Setiap kali engkau perlu mengakses atau mengganti batasan layar engkau wajib memasukkan kode ini, jadi pilihlah angka yg dapat engkau jangan lupa menggunakan mudah. Jangan pakai passcode yang sama dengan passcode untuk membuka kunci iPhone, atau anak kamu akan dapat mengganti pengaturan restriksi konten apa pun bila dia bisa membuka kunci telepon.
  6. Masukkan passcode buat kedua kalinya dan restriksi akan diaktifkan.

Menjelajahi Layar Pengaturan Pembatasan

Setelah engkau mengaktifkan Pembatasan, layar pengaturan akan menampilkan daftar panjang aplikasi dan fitur yang bisa kamu blokir di telepon. Telusuri melalui setiap bagian dan menciptakan keputusan menurut usia si anak dan preferensi engkau .
Di samping setiap item merupakan slider. Gerakkan slider ke posisi on buat memungkinkan si anak mengakses pelaksanaan atau fitur. Gerakkan slider ke posisi off buat memblokir akses. Di iOS 7 dan ke atas, posisi "On" ditunjukkan oleh sebuah bar hijau dalam slider. Posisi "Off" ditunjukkan oleh sebuah bar putih.
Inilah yang perlu kamu ketahui mengenai setiap bagian setelan:
  • Bagian pertama, yang berjudul "Allow" meliputi serangkaian aplikasi serta perangkat yang meliputi diantaranya: Safari, Camera, Siri dan FaceTime. Aplikasi apa pun yang engkau matikan benar-sahih tersembunyi dari si anak-tidak akan ditampilkan pada home screen iPhone. Memindahkan slider balik ke posisi "On" mengembalikan pelaksanaan ke iPhone.
  • Catatan: apabila kamu membiarkan Safari tersedia, Apple tidak menyediakan cara untuk mematikan Penjelajahan Pribadi di Safari. Ini berarti si anak bisa memakai Penjelajahan Pribadi buat mencegah engkau melihat riwayat penjelajahan mereka.

Bagian selanjutnya memberi engkau kontrol atas akses ke konten online toko Apple.
  • Dalam bagian ini termasuk iTunes Store, iBooks Store, Apple Music, perpustakaan Podcast, dan akses ke App Store. Jika engkau menonaktifkannya, si anak nir akan dapat membeli atau mendownload konten dari Apple.
    • Untuk pendekatan yg lebih fleksibel dalam mengendalikan pembelian, pertimbangkan buat menyiapkan Family Sharing serta meminta persetujuan kamu buat mendownload berdasarkan toko ini
  • Ada 2 kontrol lain yg bermanfaat di sini: Menghapus Aplikasi dan Pembelian pada Aplikasi. Kamu mungkin menonaktifkan Menghapus Aplikasi jika kamu ingin memastikan aplikasi tertentu tetap terinstal di perangkat. Nonaktifkan Pembelian pada Aplikasi untuk mencegah si anak mengeluarkan tagihan besar berdasarkan iTunes tanpa biar engkau atau karena kesalahan. Jika kamu hanya membuat satu pilihan di pengaturan Pembatasan, untuk yang ini buat mencegah kejutan finansial yang tidak menyenangkan.

Bagian ketiga menurut Pembatasan Layar diberi label "Allowed Content". Ini mengontrol jenis dan tingkat kematangan konten yang dapat dipandang si anak di iPhone.
  • Ratings For: Pilih negara yg sistem ratingnya ingin engkau terapkan pada konten. Masuk logika buat memilih negara loka engkau tinggal.
  • Music & Podcast & News: Gunakan ini buat memilih apakah konten eksplisit dapat diputar atau ditinjau pada iPhone. Dalam kasus musik, setting ini hanya bekerja dengan konten dari iTunes Store. Apabila iPhone berisi musik yang didownload dari lokasi lain atau dicabik dari CD, telepon nir akan memahami apakah isinya eksplisit, dan akan memainkannya. Hal ini jua berlaku buat film serta episode TV yang didapat berdasarkan asal lain selain iTunes.
  • Movies: Pilih taraf rating tertinggi yang ingin engkau izinkan menggunakan mengetuknya, menurut G ke NC-17. Acara TV Shows, Books dan Apps bekerja sama.
  • Siri: Kendalikan apakah Siri bisa berbicara atau mencari bahasa eksplisit.
  • Website: Batasi si anak untuk mengunjungi situs web dewasa (seperti yang dipengaruhi sang Apple) atau buat kontrol yang lebih akbar lagi buat daftar situs web yang bisa mereka kunjungi dan blokir berdasarkan yg lainnya.

Bagian berlabel Privacy memberi kamu banyak kontrol atas pengaturan privasi dan keamanan dalam iPhone si anak. Pengaturan ini terlalu luas buat dibahas secara rinci disini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, baca Menggunakan Setelan Privasi iPhone. Bagian ini berisi pengaturan privasi buat Layanan Lokasi, Contact, Calenders, Pengingat, Foto serta pelaksanaan serta fitur lainnya.
Bagian selanjutnya, berlabel Allow Changes, mencegah si anak menciptakan perubahan pada fitur eksklusif dalam iPhone, termasuk:
  • Accounts: Jika kamu menonaktifkan fitur ini, si anak tidak dapat menambahkan atau menghapus akun pada pelaksanaan Mail, Contact, dan Calenders bawaan.
  • Celluler Data Use: Gunakan ini buat mengizinkan atau memblokir si anak agar nir mengaktifkan atau menonaktifkan data seluler.
  • Background App Refresh: Fitur ini sedikit menguras daya baterai, jadi kamu mungkin menetapkan buat mematikannya.
  • Limite Volume: Untuk mencegah kerusakan indera pendengaran dalam si anak, engkau mungkin telah tetapkan batas volume buat pemutaran audio. Pengaturan ini mencegah si anak mengganti batas itu.
  • TV Provider: Digunakan dengan aplikasi TV built-in buat menentukan konten video streaming apa yang tersedia di telepon.

Bagian terakhir, yang meliputi fitur gaming Game Canter Apple, memberikan kontrol berikut:
  • Multiplayer Games: Nonaktifkan opsi ini buat mencegah si anak bermain game online dengan orang lain.
  • Add Friends: Game Center memungkinkan pemain buat "saling berteman", gaya Facebook, buat koneksi yang lebih mudah. Jika engkau merasa nir nyaman menggunakan si anak memiliki opsi ini, nonaktifkan.
  • Screen Recording: Beberapa pelaksanaan membiarkan pemain merekam sesi permainan mereka serta membaginya secara online. Pengaturan ini menonaktifkan perekaman layar.

Cara Menonaktifkan Pembatasan iPhone

Bila suatu ketika si anak telah tidak lagi membutuhkan Pembatasan, kamu dapat menonaktifkan seluruh fitur serta mengembalikan iPhone ke pengaturan semula. Menghapus pembatasan jauh lebih cepat daripada pengaturannya.
Untuk menonaktifkan seluruh pembatasan konten, buka Settings -> Restrictions serta masukkan passcode. Kemudian ketuk Disable Restrictions di bagian atas layar.

Comments