CARA MENGATASI TV TIDAK BISA START


Pada dasarnya kerusakan TV terdapat poly sekali macamnya tergantung jenis komponen apa yang menjadi penyababnya. Bisa jadi komponen-komponen ini mengalami sort, terbakar, putus dalam kaki-kaki dan mungkin penyebab lain misalnya terputusnya jalur pada oboard / PCB. Daya tahan sebuah komponen memang sulit sekali pada tebak atau diprediksi secara seksama, kenapa.....? Karena daya tahan komponen ditentukan oleh bagaimana cara penggunaannya. Dari yang aku ketahui komponen yang terbilang memiliki kualitas paling baikpun mampu mengalami kerusakan pada kurun saat yg relatif singkat, namun kebalikannya komponen yang memiliki kualitas rendah mampu bertahan lebih usang. Hal ini tak jarang menjadi kasus bagi sebagian orang lantaran biasanya cara utama pada memilih suatu komponen berdasarkan kualitasnya.

Keterangan pada atas mungkin hanya sebagian mini pada umunya, namun yang kentara kejelian serta ketelitian kita juga ikut menentukannya.

Sebuah pesawat televisi sanggup dikatakan dalam syarat baik apabila dalam saat kita menyalakan TV mulai dari pertama menghidupkan / start hingga kita mematikan / off nir mengalami masalah. Tapi bila dalam langkah tadi kita mengalami kasus maka telah dapat dipastikan bahwa TV pada keadaan nir normal. Salah satu jenis kerusakan TV yang seringkali ditemui merupakan pada waktu kita akan menghidupkan TV ternyata tidak mampu Start menggunakan normal, saat itu pula umumnya ada pertanyaan " apalagi yang rusak TV ini".untuk sebagian orang mungkin setiap hari mengotak-atik komponen TV niscaya sudah memahami komponen apa yang rusak dan meyebabkan TV nir sanggup start, namun tidak jarang pula orang yg masih umum atau bahkan nir memahami sama sekali penyebab kerusakan tersebut. Di kesempatan kita kali ini aku akan coba mengajak anda buat belajar memperbaikinya.
Sesuai denga judul artikel aku diatas, Sekarang sudah saatnya kita membahasnya.

perhatikan langkah-langkah ini dia :
1. Lepas casing belakang TV, tujuannya buat memudahkan kita dalam memperbaikinya.
2. Bersihkan bagian mesin TV supaya mudah mengetahui komponen apa yg rusak.
3. Periksa masing-masing tegangan arus yg keluar dari regulator, apakah masih normal atau tidak.
4. Periksa pula jalur dalam onboard / PCB jika terdapat yg putus atau tidak konek lakukan penyambungan pulang da apabila ada timah patrian yang tanggal lakukan penyolderan ulang.

5. Cek komponen pada blok atau area IC Croma karna disitulah perintah awal start TV dimulai yaitu dengan cara mengukur tegangan arus pada IC tadi yang besarnya 5 -12 Volt. 


6. Cek transistor yg meghubungkan start output berdasarkan IC croma ke plyback, bila terdapat kerusakan ganti.
7. Langkah terakhir adalah setelah kita cek seluruh mulai berdasarkan pengukuran tegangan  arus hingga penggantian komponen yang rusak, kini saatnya melakukan pengetesan apakah TV telah sanggup menyala menggunakan normal atau belum, jika masih belum lakukan pemeriksaan tadi yang lebih spesifik lagi.

Langkah-langkah diatas hanya sebagian kecil saja, namun apabila dilakukan dengan sahih TV akan sanggup di hidupkan dengan normal kembali. Kerusakan ini pula hanya keliru satunya saja berdasarkan sekian banyak macam kerusakan TV, dan tentunya poly pula cara untuk memperbaikinya. Dari sinilah aku tidak bosan-bosannya membagi tips serta trik.

Terima kasih anda sudah meluangkan saat berkunjung ke blog saya dan semoga anda terus belajar karena belajar terdapat jembatan meuju keberhasilan.

Tetap semangat, terus mencoba dan semoga sukses.

Comments