CARA MENGATASI SPEAKER AKTIVE SERAK


CARA FLEXI - Speaker aktive berbunyi serak, artikulasinya niscaya tidak kentara misalnya radio hilang signal, Memang sangat mengganggu indera pendengaran kita. Kita sedang lezat -enak dengerin musik menurut speaker aktive ,eh datang-tiba vokalnya misalnya orang yang lagi berdahak. Hal ini sangat menonjol dalam saat nada midle. Apabila di nada low tidak begitu terasa. Tapi di saat mid low akan berbunyi "greeek".
‘’Lalu apa penyebabnya?‘Mari kita ulas dan kita urutkan tentang beberapa hal penyebab speaker aktive serak,sebelum menginjak cara mengatasinya.
Penyebabnya sanggup pada sebabkan sang beberapa kerusakan yg terjadi pada:

#1. Sumber Input Speaker aktive
Sumber input berdasarkan speaker aktive sangat berfariasi dewasa ini. Untuk saat ini produk yg terdapat pada pasaran sudah pada lengkapi asal input berdasarkan pada berupa mp3. Penggunaan mp3 di speaker aktif terdapat baiknya juga terdapat buruknya. Baiknya, simple dan gampang di pakai di banding menggunakan input menurut luar jika harus menggunakan jek soket sebagai penghubung, sangat lebih baik mp3. Efektifitasnya penggunaan minimum kabel pada dalam sepiker aktive. Burukny atau kekuranganya merupakan suara dimonopoli sang stelan mp3, bila dibandingkan dengan asal input menurut luar masih bisa diberi aksesoris berupa equaliser contohnya tentu akan lebih bisa pada atur karakter sesuai menggunakan yang anda kehendaki.
Pernah saat itu aku menerima servisan speaker aktive,kata usernya suaranya serak. Ternyata setelah di coba di bengkel aku ,bunyi seraknya hilang. Lalu usernya bawa pulang balik . Setelah pada coba pada rumah ternyata masih saja serak.  Usut  punya usut, ternyata asal inputnya menurut dvd dan  dvd itu yang rusak,bukan speaker aktifnya. Lalu DVDnya yang dibawa ke loka saya. Saya coba nyalakan, ternyata suaranya normal. Dalam benak saya pun muncul sebuah saran agar mengubah kabel jak RCA nya. Benar!, selesainya  diganti menggunakan kabel RCA lain bunyi normal kembali. Hanya kabel RCA nya soak. ‘‘hehehe’’.

#2. Blog Tone Control.
Setelah membahas asal input, kini kita beranjak masuk ke dalam box yaitu, blog tone control.
Biasanya sporadis apabila tone control menyababkan suara serak. Tone kontrol umumnya jika terjadi kerusakan,
ditandai menggunakan bunyi putus-putus, ada suara dengung serta nois, potensio apabila di putar berbunyi kresek- kersek.

#3. Blog Amplifier
Pada bagian ini mungkin sering terjadi pada antara blog yg lainya apabila memang kerusakanya bergejala suara serak. Untuk mengatasi pada blog ini mungkin sedikit wajib paham mengenai pengukuran ,pengecekan kaki transistor serta bagaimana tanda kerusakan transistor.

B. Cara Mengatasi Speaker Aktive Suara Serak.

#1. Pengecekan speaker
Kita menginjak pada bagian pertama, yaitu speaker. Coba gerakan daun speaker, bila berbunyi krek-krek berarti memang kotor spoelnya. Jika speaker dirasa memang kotor dalam bagian spoel, maka sanggup dibersihkan memakai cairan minyak cleaner,bensin pula sanggup. Jika spoel dalam speaker kendor ,ganti dengan yang baru,akan tetapi jika parah ,speakernya mini maka akan sulit pada penggantian spolnya,mampu ganti speaker menggunakan yang baru.

#dua. Sumber Input.
Cara mengatasinya yaitu coba di urutkan mengeceknya. Mulai menurut mengubah sumber input yang lain. Setelah percobaan nir berhasil maka coba input dilangsung ke blog amplifier,pada situ akan kelihatan apakah blog ampli atau tone controlnya. Apabila suara speaker masih serak,berarti amplifiernya.

#3. Amplifier
Ini yg seringkali terjadi ialah kerusakan bagian transistor penguat . Kerusakan pada blog amplifier pula kadang ditandai dengan suara sumbar.
Langkahnya penanganannya sbb:
-cek transistor penguat akhir. ‘‘anda harus paham pada pengukuran transistor’’sebelum memfonisnya. Tapi terkadang pada cek normal tapi setelah pada pergunakan masih permanen serak. Ini berlaku jika amplifier berdaya di atas 150 watt. Transistor driver yg berfungsi penyuplay basis penguat akhir dalam bagian min(-) yang sering terjadi kerusakan. Ada beberapa seri transistor driver yang tak jarang pada gunakan pada spiker aktif yang menggunakan transistor di antaranya; TIP41,TIP42_BD139,BD140,C945,A733 .dan masih banyak lagi.

- Cek hambatan pada bagian emitor biasanya seringkali putus atau terbakar pada sebabkan transistor short,atau short speaker. Resistor ini sanggup berbntuk ,pelawan kapur(tahu) ,atau hambatan mini biasa serta ukuran 0,33 hingga 0,5 ohm.

- Dan yg terkhir adalah pengecekan kabel yang putus. Periksa semuanya sebelum menyalakan pulang, lantaran pada dalam box kita tak pernah tau kekuatan kabel pada posisi serta penempelan solderan pada kabel instalasi.

Semoga tips berdasarkan aku pada atas memberikan manfaat serta menjadi refrensi anda dalam mengatasi speaker aktive serak. Dan mungkin masih poly lagi mengatasi speaker aktive yang serak. Mungkin lain saat akan saya shere. Kritik dan saranya dinantikan. Jika ada pertanyaan bisa pada post kan di kolom komentar mengenai topik ini.

By//soldiradem.blog

Comments