CARA MENGATASI SINYAL HP HILANG KARENA KARTU SIM TIDAK TERBACA

Sinyal hp hilang - Bagaimana cara mengatasi kartu sim nir terbaca di hp android ? ? Sebagai pengguna hp android tentu anda pernah mengalami kejadian dimana datang - tiba sim card yg tidak terdeteksi di smartphone android yg mengakibatkan frekuwensi ponsel android tadi sebagai menghilang secara total. Munculnya suatu notifikasi seperti "Insert SIM Card", "SIM Not Accepted" atau "SIM Not Valid" itu sebenarnya adalah merupakan dampak berdasarkan hp android tidak mampu mendeteksi kartu sim namun perlu buat anda ketahui juga terkadang kartu sim nir terbaca setelah root ponsel android tersebut. Lemahnya suatu sinyal memang sering dialami para pengguna smartphone, tetapi adakah cara mengatasi sinyal hp tidak stabil padahal sudah memakai kartu sim 3g ataupun 4g.
Banyak faktor yg bisa menjadi penyebab kartu sim card tidak terdeteksi pada hp android, keliru satunya karena terlalu acapkali mengubah kartu sim keliru satunya sehingga terjadinya konsleting. Handphone yang tidak membaca kartu SIM jua bisa berasal berdasarkan konektor sim card yg aus sang karenanya konektor tidak mampu membaca lagi chip menurut kartu SIM sehingga mengakibatkan jaringan hp tidak terdeteksi. Lalu cara memperbaiki konektor sim card rusak dalam ponsel android ? Sebelum kita mencari cara memperbaiki sinyal hp yg tak jarang hilang, perlu kita lakukan suatu pengecekan terlebih dahulu mengenai perkara kartu sim nir terbaca oleh ponsel android.
Jika sinyal hp masih tak jarang naik turun dan bahkan nir muncul padahal anda telah mencoba dengan mengganti kartu sim 3g yg terdapat pada hp sebelumnya ke smartphone android yg baru maka anda perlu mencoba menggunakan cara yang lain buat menerima sinyal 3g anda kembali. Oleh karena itu kami akan mencoba membuatkan tips buat mengetahui penyebab dan cara memperbaiki sim card tidak terbaca di ponsel android yg menyebabkan frekuwensi hp menjadi sering hilang. Untuk itu mari eksklusif saja beserta CARA FLEXI kita mengulas tentang konflik cara mengatasi kartu sim yg nir ada layanan di hp android yang telah kami rangkum selengkapnya pada bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Lantaran Kartu SIM Tidak Terbaca


Namun sebelum kita mulai membahas mengenai masalah sinyal hp android yang hilang muncul karena kartu sim nir terbaca, alangkah lebih baiknya bila kita telebih dahulu mengetahui apa penyebab sinyal android tadi nir timbul. Mari kita simak penyebab frekuwensi hilang tadi selengkapnya dibawah ini :

Penyebab kartu sim tidak terbaca di hp android


  • Sinyal sedang nir tersedia pada daerah anda. Sebagai contoh sinyal tiga tak jarang hilang dirumah anda dikarenakan jauh berdasarkan pemancar juga berpengaruh.
  • Smartphone anda di setting ke mode hanya menerima jaringan 3G
  • Sinyal HP hilang sesudah jatuh
  • Jaringan frekuwensi operator naik turun atau tidak konsisten
  • Faktor cuaca yg biasanya lantaran hujan yang membuat sinyal sebagai lemah
  • Terjadi kerusakan dalam aplikasi atau hardware anda
  • Ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
  • Sedang dilakukanya pemadaman sinyal sang operator

Cara mengatasi kartu sim yg hanya timbul panggilan darurat pada hp android


1. Tukar Kartu dan Ponsel


  • Jika hal diatas masih jua belum dapat mengatasi kartu sim nir terbaca, bisa dengan memasukkan kartu SIM lain ke dalam ponsel. 
  • Jika terbaca ialah kartu SIM anda yang rusak. Atau lakukan sebaliknya, tambahkan kartu SIM anda ke HP atau Tablet lain, jika terbaca berarti konektor pada hp anda yang rusak, jika sama nir terbaca berarti perlu ganti kartu SIM. 
  • Solusinya datang ke Galeri(indosat) atau Grapari(telkomsel) sesuai provider anda dan minta kartu baru. Jangan lupa membawa KTP, akan diganti dengan kartu baru namun dengan angka yang sama.

2. Periksa Konektor dalam Tempat Kartu SIM


  • Langkah pertama adalah mengecek konektor menggunakan cara membersihkan. 
  • Gosok perlahan pada ujung-ujung konektor dan periksa apakah masih normal secara visual ( tidak ada yg bengkok atau aus).
  • Kemudian periksa sembari dibersihkan secara perlahan supaya kotoran atau kerak yg melekat bisa hilang. Untuk membersihkan bisa memakai larutan minyak kayu putih yang diteteskan dalam ujung cotton bud.

3. Periksa Pada Kartu SIM


  • Biasanya pada kartu SIM yang sudah terlalu usang akan muncul titik-titik bekas konektor, kemudian lakukan pencucian misalnya cara diatas dalam chip kartu SIM anda. Bersihkan pada bagian chip kartu sim lantaran kerak yang menempel menjadi penyebab menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang pulang.

Jika menurut ketiga cara diatas masih saja belum berhasil ada kemungkinan sinyal hp android anda hilang berasal dari konektor antena handphone anda. Maka menurut itu kami akan coba berikan sebuah cara memperkuat sinyal hp android anda agar dapat memperkuat frekuwensi / jaringan ponsel android anda yang hilang, berikut tutorialnya :

Cara cek jaringan yang error pada hp android


baca juga :

1. Coba periksa terlebih dahulu komponen antena serta konektor antena.


Pastikan nir terdapat yang terputus. Apalagi apabila ponsel anda adalah ponsel dengan antena dalam, herbi PCB atau mainboard melalui dua pointer hubungan yg kenyal. Jika kedua pointer kontak ini mengalami hubungan yg jelek, masalah yang muncul adalah nir adanya jaringan (no network) serta penerimaan frekuwensi yang tidak baik bahkan frekuwensi hilang (no signal). Khususnya menggunakan mesin yg terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang jelek serta oksidasi akan terjadi dalam pointer kontak. Saklar antena adalah satu-satunya jalan buat rnenerima dan mengirim sinyal, jika rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul kasus nir adanya network atau transmisi.

2. Coba cari jaringan pada ponsel menggunakan metode manual.


  • Jika menggunakan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, jadi kita sanggup pastikan terdapat kasus pada IC RF (HAGAR), gantilah IC RF (HAGAR) ini maka perkara akan selesai.
  • Jika mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka terdapat masalah menggunakan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka perkara akan terselesaikan.
  • Jaringan bisa dicari menggunakan metode manual tetapi kadang-kadang gagal, bahkan tidak bisa terhubung jua dengan jaringan. Gejala ini ditimbulkan masalah IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Apabila modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang ditimbulkan sang penyolderan BGA-nya dan unit-unit pada sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan kasus HAGAR dikarenakan unit-unitnya jelek.

3. Jika tidak terdapat kasus menggunakan metode manual, periksalah jalur arus menurut battery ke IC PA.


Jika tidak ada perkara dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi menggunakan baik. Kita bisa pakai multitester buat menguji IC PA, bila ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka masalah akan terselesaikan.
Setelah pengujian serta pemugaran dalam hardware yg telah kita lakukan tetapi  sinyal permanen tidak terdapat / hilang, maka kita berkecimpung pada softwarenya. Kita flash ponsel sesuai menggunakan jenis ponsel serta versi aplikasi ponsel sebelumnya ataupun dengan versi perangkat lunak yg lebih baru ( upgrade). Masalahsinyal yang tidak stabil / hp nir terdapat frekuwensi terkadang bisa memusingkan kita tatkala sedang membutuhkan fungsi ponsel buat melakukan panggilan yg terhitung penting.sesungguhnya masih ada 2 penyebab sinyal hp tidak mau ada, yaitu  :
  1. Kualitas sinyal menurut BTS operator yang lemah dan kondisi ponsel itu sendiri yang memang mempunyai masalah pada dalamnya.
  2. Jika pancaran frekuwensi BTS memang tidak mempunyai perkara sama sekali maka bisa dipastikan, kasus yang terjadi ditimbulkan oleh ponsel.

artikel menarik lainnya :

Cara memperbaiki antena penguat sinyal hp android yang rusak


Switch antena yg lemah, bukan berarti wajib dilakukan suatu pergantian. Jika memang dana yg dimiliki sangat terbatas buat membeli indera buat memperkuat frekuwensi hp supaya nir ada panggilan darurat pada hp android, maka kita mampu melakukan jumper switch antena tanpa wajib mengganti IC PA. Peralatan yang dipersiapkan buat Teknik Jumper ini adalah :
  • Solder berikut timah 0,tiga mm
  • Cairan Flux
  • Kabel jumper 0,tiga mm

Langkah yg dilakukan untuk jumper switch antena :
  1. Pertama - tama lepaskan casing ponsel sampai tinggal PCB / Board Ponsel
  2. Lalu siapkan kabel jumper untuk disambung pada titik sempurna di IC PA
  3. Kemudian selesainya melakukan jumper, satukan pulang bagian-bagian ponsel misalnya semula.
  4. Langkah terakhir coba lihat perubahan dalam ponsel telah sanggup dipakai dengan tangkapan sinyal yang lebih baik atau belum.

Hal yang harus anda perhatikan : Teknik jumper switch antena ini akan berpengaruh dalam kemampuan ponsel dual band sebagai satu band saja, yakni 900 MHz. Trick ini disarankan hanya buat menyiasati keterbatasan dana. Jika memang nir ingin kehilangan kemampuan ponsel dual band sebagai satu band saja, maka alternatifnya adalah melakukan pergantian IC PA dengan yg baru.

Demikian postingan kami kali ini yg sudah mengulas mengenai cara memperkuat sinyal hp untuk mendapatkan kembali sinyal hp yg acapkali tidak stabil ataupun hilang lantaran kartu sim nir terbaca sang ponsel itu sendiri. Apabila anda kurang percaya diri buat memperkuat frekuwensi hp android menggunakan cara diatas, anda dapat mencoba alternatif mengatasi sinyal hp android yang lemah pada artikel kami selanjutnya. Sekian dan terima kasih ..

Comments