CARA MENGATASI PANEL SWITCH TELEVISI



Mengatasi panel tombol switch dalam televisi yang sulit dipencet itu gampang, namun hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kemahiran pada mengecek,mengubah,menganalisa mana yang harus diperbaiki.
Switch touch merupakan sejenis saklar yang tidak tetap, memiliki resistensi. Switc ini sering digunakan sebagai panel saklar dengan polaritas tidak tetap. Seperti contohnya dalam panel yang  terdapat dalam televisi ,yang terletak di box atau casing TV bertuliskan ch+,ch-,vol+,vol-,menu,AV,dll.

Permasalahand switch nir bekerja menggunakan baik pada sebabkan oleh hal berikut:
switch rusak karena acapkali di gunakan.
switch  nir bekerja karena tidak bekerjanya ic acara.
solderan tanggal.
kabel penghubung putus.
rusak dimakan usia.
tidak penah dipakai.
Itulah kemungkinan-kemungkinan penyebab switch nir bekerja.

Untuk penanganannyapun sangat mudah, kita tinggal melihat serta mencari asal berdasarkan kerusakan tersebut.

Langkah memperbaiki panel switch yg  rusak

Berikut ini aku memberi langkah menangani perseteruan ini; 

1. Persiaplan alat misalnya;soldir,timah,atraktor,multitester yang terdapat fingsi Ohm.

2. Periksalah kabel penghubung, soldiran pada herbi tombol switch. Jika telihat terdapat sesuatu yang tidak terhubung dan mencurigakan misalnya kabel penghubung lepas berdasarkan soldiran dan kaki  switc terlepas dari soldiran maka segeralah soldir. Terkadang kaki switch patah pada makan zat oksidasi sehingga kita perlu buat mengusut lebih lebih jelasnya. Ketika misalnya  itu terjadi segera tangani serta eksklusif diccob nyalakan apabila berfungsi maka perseteruan bisa teratasi.⬇


3. Apa bila Perseteruan belum teratasi di soldiran dan kebel penghubung maka bisa jadi memang switc nya  yang  bermasalah. Copotlah switc menggunakan soldir dan atraktor.  Setelah dicopot maka langkah selanjutnya mengetahui mengecek switc menggunakan ohm meter dengan format ×1. Letekan probe merah serta hitam ke sisi kaki yang berjauhan. Pencetlah swit. Jika switc masih bagus maka akan akan terlihat jarum tester menerangkan berkiprah searah jarum jam mentok ke kanan. Jika tidak terdapat reaksi ataupun hanya sedikit gerakan maka gantilah menggunakan yang baru. Lantaran indikasi saklar sudah lemah.

4. Jika switch masih bagus maka mampu di analisa bagian IC acara dan penahan program switc sebagai kemungkinan. Karena terkadang konflik datag bukan dari switch nya saja ,bisa jadi IC program yg bermasalah.

Cobalah analisa secara berurutan sesuai yang saya sampaikan mudah mudahan bisa mengatasi panel switch dalam televisi yang sulit dipencet.
Salam!.⤴

Comments