CARA MENGATASI LAPTOP BOOTLOOP TIDAK BISA MASUK KE WINDOWS

Laptop / komputer bootloop seringkali restart - Bagaimana cara mengatasi laptop / personal komputer yang sering restart sendiri sehingga nir bisa masuk dalam windows ? Laptop bootloop nir mampu masuk ke windows adalah suatu pertarungan yg sering kita temukan di beberapa personal komputer lantaran prosesnya berhenti ditengah jalan atau tidak paripurna proses booting pada suatu komputer / laptop. Terkadang kejadian laptop yang datang - datang restart sendiri membuat kita takut akan terjadinya error dalam komputer yang kita miliki, sehingga kita ingin sesegera mungkin memperbaiki personal komputer kita yang gagal booting waktu mau masuk ke windows ini.
Jika masalah komputer error nir sanggup masuk windows bersumber menurut sistem operasi Windows, biasanya cara paling gampang buat mengatasi masalah ini adalah dengan instal ulang windows. Akan namun banyak pengguna laptop yg kurang menyukai cara ini buat memperbaiki laptop tak jarang resart karena selain membutuhkan ketika yg cukup usang buat prosesnya, kita juga wajib direpotkan dengan menginstall aplikasi yang seringkali digunakan serta jua data pada drive C umumnya akan hilang. Sebelum kita membahas lebih jauh, berikut masih ada beberapa penyebab personal komputer anda gagal booting atau bootloop :
  • Kesalahan proses update windows.
  • Menggunakan Activator Windows 7 yang nir sinkron.
  • Memakai aplikasi Windows 7 Loader yang nir sama menggunakan sistem komputer.
  • Proses uninstalling yang nir terselesaikan.
  • Hardware kepanasan
  • Terjadi crash Master Boot Record.
  • Salah ganti komponen Registry pada regedit.exe pada HKEY LOCAL MACHINE.
  • Terinfeksi sang virus.

Pada artikel CARA FLEXI kali ini, akan mencoba menaruh beberapa tips yang biasa kami lakukan jika personal komputer / laptop tidak bisa masuk windows. Jadi anda tidak perlu terburu - buru membawa personal komputer / laptop ke tukang service buat memperbaiki personal komputer / laptop gagal booting, simak tips buat mengatasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Bootloop Tidak Bisa Masuk Ke Windows


1. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Safe Mode

Untuk memperbaiki komputer / laptop acapkali restart anda dapat mencoba melakukan booting melalui Safe Mode. Untuk menampilkan Safe Mode bagi pengguna Windows 7, anda wajib restart balik PC, serta secepatnya tekan tombol F8. Nantinya akan tampilan pilihan menu yang keliru satunya akan menampilkan pilihan Safe Mode. Apabila cara ini mampu menciptakan kamu masuk ke Windows, berarti permasalahan terletak dalam driver atau aplikasi yg membuat crash atau bisa juga terjangkit virus.

2. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Booting dari Linux

Cara lain buat memperbaiki komputer / laptop seringkali restart anda dapat mencoba melakukan booting menggunakan donasi CD Linux misalnya Ubuntu atau Linux Mint ( bisa pula menggunakan distro Linux yg lain ). Lakukan booting menurut sini serta lihat apakah sistem tadi bisa bekerja dengan baik. Apabila menggunakan cara ini anda berhasil masuk ke dalam sistem operasi Linux menggunakan lancar, itu ialah konflik terdapat dalam Windows anda dan solusi yang perlu dilakukan merupakan instal ulang.

3. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Menggunakan CD / DVD


Cara paling mudah buat memulihkan komputer yang acapkali restart tidak bisa masuk ke windows adalah dengan cara repair windows. Caranya merupakan masukkan CD instalasi windows kemudian ubah BIOS buat mencoba start-up via CD atau DVD-ROM, kemudian setelah instalasi masuk ke bagian install windows maka pilih opsi repair windows. Apabila repair windows gagal anda dapat menginstal windows pada folder baru atau lakukan format hard disk. Pastikan bahwa anda tidak merubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan setting BIOS misalnya semula. Jika anda lupa, usahakan pilih Loading BIOS Default.

4. Cara Terakhir Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows 

  1. Langkah pertama hidupkan personal komputer atau laptop anda.
  2. Ketika ada tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 buat merubah setting Booting.
  3. Lalu masukkan CD/DVD Master Windows anda.
  4. Setelah itu dalam panel BIOS, pilih BIOS Configuration buat mengubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Atau bila anda menggunakan flashdisk yang digunakan buat instal windows, silahkan ubah First Boot menjadi USB.
  5. Langkah selanjutnya ubah urutan First Bootnya dari Harddisk ( SATA ), menjadi CD /DVD.
  6. Setelah itu SAVE.
  7. Selanjutnya restart komputer anda.
  8. Kemudian akan timbul goresan pena ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ' Tekanlah tombol apapun dalam keyboard anda.
  9. Selanjutnya buat repair computer pilih Repair Your Computer.
  10. Tunggu beberapa waktu.
  11. Click Next.
  12. Terakhir akan muncul jendela yang mempunyai 5 pilihan utnuk anda. Contohnya saja : Pilih Startup Repair bila Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Apabila nir keduanya pilih opsi Command Prompt.

Jika anda menentukan memakai Command Prompt pada bagian nomor 10 diatas akan muncul kotak berwarna hitam misalnya cmd / dos. Dan ikuti langkah - langkah menjadi berikut adalah :
  1. Petama - tama ketik DIR C
  2. Setelah itu ketiklah keliru satu opsi yg akan ada pada layar PC anda ( satu persatu nir sekaligus ) mulailah berdasarkan yang paling atas. Kemudian tekan ENTER.
  3. Lalu jika anda sudah menemukan goresan pena ' The operation completed succesfully ' silahkan restart personal komputer . Tidak perlu menulis semua perintah diatas. Apabila telah melakukan semua perintah diatas, tetapi belum terdapat yg berhasil, maka lakukan pemulihan pertama yaitu Startup Repair. Akan tetapi Anda wajib mengganti First Boot kembali ke Hard disk jika telah terselesaikan pemugaran.

baca juga artikel lainnya :
Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Dicas / Tidak Mengisi
Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba
Demikan artikel kami kali ini yg sudah mengulas beberapa cara mengatasi PC bootloop acapkali restart sehingga nir sanggup masuk pada windows. Jika keempat cara diatas sudah anda lakukan akan tetapi anda gagal, maka masih ada kemungkinan bahwa galat satu hardware anda mengalami kerusakan. Sering kali kerusakan hardware yang terjadi adalah pada Memory Harddisk VGA dan sanggup saja Mainboard jua rusak, namun kecil kemungkinan apabila kerusakan hardware itu terjadi. Sekian serta terima kasih ..

Comments