CARA MENGATASI KERUSAKAN TV SHARP DAN PENYEBABNYA LENGKAP

Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp - Televisi atau TV kini menjadi kebutuhan utama buat menemani hiburan dirumah. Meski kini ini internet terutama youtube sudah berkembang, tapi TV terdapat pangsa pasarnya yakni ibu-bunda atau bapak-bapak. Mereka yg sudah mempunyai TV dari mulai hitam putih, tabung hingga LCD hingga LED masih setia menginginkan hiburan yang murah ini. Tetapi bagaimana apabila terjadi kerusakan TV? Wah hal ini sungguh bikin capek dan kemungkinan TV anda akan menginap di tukang service.
Bicara tentang kerusakan TV, kali ini saya share solusi mengatasi kerusakan TV khususnya TV sharp. Bagi yang memiliki TV sharp, kebanyakan masalah dihasilkan dengan tanda-tanda kerusakan tv standby saja. Tidak muncul tampilan, atau bahkan suaranya. TV sharp dikenal memiliki proteksi yang rupawan buat menanggulangi penyebaran kerusakan TV. Ketika ada dilema dalam perangkat TV, maka secara otomatis TV hanya akan berada dalam posisi standby. Proteksi ini sanggup melindungi unit lain yang berada didalam ataupun diluar yang bisa menyebabkan kasus akbar semisal konsleting serta kebakaran.
Nah, buat memperbaiki kerusakan TV sharp ini usahakan anda percayakan dalam tukang service TV karena mereka lebih ahli dalam mengatasi kasus tersebut. Tetapi, nir salahnya juga anda belajar buat mengetahui cara memperbaiki tv sharp dan mengetahui sebab permasalahannya. Oleh karenanya, saya coba berikan keterangan mengenai hal tadi.

Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp serta Penyebabnya

Beberapa solusi serta penyebab pada bawah ini menurut berbagai model TV brand sharp.

1. TV Sharp 20W200

Gejala yang terjadi pada TV sharp 20w200 umumnya protek lampu indikator standby kedip 7 kali. Penyebabnya dari IC memory yang rusak atau error.
Solusi : Ganti IC memory menggunakan yang baru atau bekas normal (suku cadang TV barang bekas)

2. TV Sharp 51X220

Gejala yg terjadi pada TV sharp 51x220 umumnya layar gelap tapi suara hidup serta terdengan. Penyebabnya bisa menurut tegangan listrik.
Solusi : Mengganti penahan pembatas buat 180V R621:1 OHM

3. TV Sharp Universe

Gejala yg terjadi dalam TV sharp universe mengalami protek. Penyebabnya IC memory rusak atau solderan telah retak.
Solusi : Mengganti IC memory atau melakukan solder ulang
Anda jua bisa mencoba melihat pedoman dari video ini dia buat memperbaiki kerusakan TV sharp protek.

4. TV Sharp Universe 20U200

Gejala yang terjadi dalam TV sharp universe 20u200 indikator LED berkedip-kedi merah-hijau secara terus menerus bergantian. Penyebabnya sanggup berdasarkan IC memory rusak atau EEPROM tidak berfungsi menggunakan baik.
Solusi : Cek tengangan listrik, jika kondisi normal, maka ganti IC memory/eprom tipe 24C08

5. TV Sharp Slim

Gejala yang terjadi pada TV sharp slim gambar dalam layar vertikal menggulung. Penyebabnya bisa dikarenakan deflection yoke yg terputus.
Solusi : Cek yoke dengan akurat dibagian mana yang putus, lalu sambungkan kembali, serta lihat hasilnya.

6. TV Sharp Wonder 21"

Gejala yang terjadi pada TV sharp wonder 21" indikator lampu berkedia 6 kali kemudian protek. Penyebabnya bisa terjadi lantaran IC memori C2416 nir berfungsi normal.
Solusi : Coba ganti IC C2416 - masuk service mode - atur vertikal line -matikan TV - Selesai. Untuk masuk service mode, lihat dalam jemper.

7. TV Sharp Wonder

Gejala yang terjadi dalam TV sharp wonder ada garis rona RGB dan sehabis beberapa dtk balik ke standby. Penyebabnya karena R33OHM terbakar dalam posisi fuse tegangan ke IC vertikal.
Solusi : Mengganti R33OHM dan IC vertikal

8. TV Sharp Q Vision

Gejala yg terjadi pada TV sharp Q vision posisi protek indikator lampu hijau lalu merah. Penyebabnya resistor 180K open.
Solusi : Mengganti hambatan 180K yg berada dalam posisi dekat ABL

9. TV Sharp 14Q25MKL

Gejala yang terjadi pada TV sharp ini kondisi mati total tetapi STR G5653 kondisinya masih indah. Penyebabnya bisa lantaran regulator kurang rupawan.
Solusi : Cek syarat R 707 yang nilainya 470K lantaran umumnya rusak.

10. TV Sharp 20X20

Gejala yg terjadi pada TV sharp 20X20 layar meninggal total, lampu indikator pada tekan nyala merah, lalu hijau kemudian merah lagi. Penyebabnya terdapat pada syarat solderan yg terlepas.
Solusi : Lakukan solder ulang, kemudian reset IC EEPROM. Langkah-langkahnya syarat TV meninggal, jumper J137 menggunakan J138. Setelah itu nyalakan TV, abaikan sesaat supaya IC EEPROM mengenal kembali sampai TV menyala normal kemudian matikan TV, kemudian anda bisa tanggal jumper.

11. TV Sharp 14W25

Gejala yang terjadi pada TV sharp 14W25 TV menyala sementara waktu, kemudian redup standby. Penyebabnya syarat protek menurut ABL.
Solusi : Cek syarat R604 39K umumnya terputus, ganti atau lakukan pemulihan. Setelah itu syarat TV normal kembali

12 TV Sharp XPression 51X200

Gejala yang terjadi dalam TV sharp Xpression 51X200 syarat bunyi normal, namun gambar tidak penekanan. Penyebabnya sanggup terjadi lantaran kaki penekanan CRT nir pas.
Solusi : Cek kaki fokus CRT, bersihkan plastik atau lem dari daerah kaki penekanan.

13. Kerusakan TV Sharp Alexander 21"

Gejala yg terjadi dalam TV sharp alexander 21" indikator nyala sebentar, sebelum keluar gambar mati lagi. Penyebabnya regulator terdapat kasus TV eksklusif protek.
Solusi : Mengganti Fet SE 125, namun sebelumnya lakukan testing pin B+ flyback apakah drop?

14. Kerusakan TV Sharp Piccolo

Gejala yg terjadi dalam TV sharps piccolo mati total. Penyebabnya bisa dikarenakan beberapa hal, bisa jadi regulator atau IC programnya.
Solusi : Lakukan cek dalam regulator hasil listrik, gunakan tegangan STR standart, apabila syarat lampu standby tewas, cek IC programnya. Jika terjadi kerusakan, ganti IC programnya.

15. TV Sharp 29ZF250S

Gejala yg terjadi dalam TV sharp 29ZF250S gambar muncul akan tetapi tidak sempurna secara vertikal. Penyebabnya IC vertikal nir berfungsi normal.
Solusi : Mengganti IC vertikal

Contoh Video Memperbaiki Kerusakan TV Sharp Mati Standby


Dari banyak sekali model TV sharp yang mengalami kerusakan, banyak antara lain perkara terjadi pada IC dimana umumnya IC sendiri sudah waktunya diganti lantaran TV telah berumur atau berdebu. Nah, disini juga sangat penting bagi kita buat menjaga kebersihan TV buat menghindari kerusakan yang diakibatkan perkara debu dan polusi.
Oleh karenanya, pada bawah ini aku berikan tips buat merawat TV supaya tetap awet dan tidak gampang rusak.

Cara Merawat TV Sharp Agar Tetap Awet / Tidak Praktis Rusak

  1. Letakkan TV dalam Posisi yang Tepat. Hindari meletakkan TV dalam loka yg gampang terkena debu.debu yang menempel dan masuk kelubang sirkulasi udara TV dapat menyebabkan TV lebih cepat panas. Letakkan pada tempat menggunakan ketinggian sewajarnya serta memiliki sandaran belakang menggunakan jeda minimal 10-15cm.
  2. Hindari menurut barang/indera yg mengandung magnetik seperti speaker dll lantaran hal itu daat menghipnotis penyimpangan kualitas gambar.
  3. Hindari menurut sinar matahari secara langsung
  4. Bersihkan TV dengan Benar. Jangan menunggu debu menumpuk baru dibersihkan, tapi lakukan rutinitas semisal 3 hari sekali atau seminggu dua kali. Saat membersihkan layar, jangan pakai cairan yg mengandung alkohol, pakai cleaning kit seperti pembersih kacamata dan lap menggunakan kanebo, kain flannel atau kain yg dapat menyerap cairan menggunakan sempurna.
  5. Jika TV sudah usang ditonton dan kondisinya telah overheat atau kepanasan, maka dekatkanlah dengan kipas atau matikan TV sementara waktu sekitar 30 mnt.
  6. Matikan TV saat Tidak Ditonton. Hal ini mampu memperpanjang umur TV, karena semakin seringkali ditonton, kualitas layar pun semakin menurun.
  7. Merawat remot TV sharp, gunakan baterai yang berstandart SNI, jangan menggunakan baterai yg nir berlisensi karena kita tidak memahami apakah baterai itu kondusif atau nir.
Demikian ulasan keterangan mengenai cara mengatasi kerusakan TV sharp serta penyebabnya lengkap. Bila ada kekurangan dalam perkara solusi, silahkan berkomentar buat sarannya. Selain itu, jangan lupa buat merawat TV kesayangan anda. TV jadul memang memiliki banyak kenangan, sehingga memerlukan perawatan yg ekstra agar tetap awet serta tidak gampang rusak. Semoga artikel ini mampu berguna buat anda yg sedang mencari solusi buat memperbaiki TV sharp. Terima kasih

Comments