CARA MENGATASI KERUSAKAN TV LCD LG 32LD330 TA


Hallo sobat jumpa lagi dengan saya admin CARA FLEXI yg akan membahas seputar Servis TV. Kembali lagi buat sekedar menyebarkan pengalaman servis televisi LCD LG 32LD330-TA. Tulisan kali ini merupakan kali pertama buat bahasan mengenai televisi LCD, karena bahasan diposting sebelumnya kebanyakan merupakan televisi tabung/crt. Kebetulan pula ketika kemudian adalah servis panggilan didaerah lippo selatan. Teve LCD ini memiliki keluhan mangkat total tanpa ada pertanda led indikator hayati ( pikirku dalam hati sebelum buka kesing, telah pasti adalah psu bermasalah nih..sebagai akibatnya tidak terdapat supply tegangan ke mainboard).

Nah, sehabis buka back covernya, yg wajib dilakukan pertama kali adalah melihat tabel tegangan yg tertulis dipcb bagian soket hasil power supply. Output power supply ada 24 pin dimana buat satu jalur memakai 2 buah pin(kabel). Lihat urutan data pin hasil power supply buat LG 32LD330 ini dia:


Pada tegangan tiga.5v digunakan buat tegangan standby televisi jenis ini. Dan beberapa brand lain menggunakan tegangan tegangan 5v buat standby-nya yang diregulasikan ke tiga.3v didalam mainboard. Tegangan ini krusial karena sistem pada mainboard seperti led standby, power on, ic acara, memori dan bagian kontrol lainnya memakai tegangan ini.
Baca juga: Cara Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih

Setelah memiliki acuan itu akhirnya aku memulai dengan mengukur tegangan dibagian tertulis 3.5vDC ternyata hanya terukur 3,26vDC sementara jalur tersebut jika dicut yg menuju main board dapat terukur 3.4vDC. Kemudian aku sempatkan mengubah dua butir elko 1000uf10v di bagian regulator 3.5v tadi serta mencabut menggencangkan konektor. Kemudian steker tv aku tancapkan ke stopkontak tetapi belum membuahkan hasil.  Sudah mulai pusing, menghisap rokok sembari minum es sirup yg sudah disuguhkan...belum hingga habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby ga hayati? Padahal tegangan standby sudah terdapat.

Akhirnya pun mengukur kendala ditiap in out regulator tiga.5v jalur stanby,dan diketemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak pulang. Karena bertanya-tanya sahih tidak bagian ini yg sebagai penyebab akhirnya pengukuran dilakukan waktu terdapat tegangan masuk di IC 1007, serta benar outnya hanya terukur 1v. Namun sesudah terdiam sejenak insting mengatakan buat mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, lantaran pada in out IC terpasang kapasitor kering serta menggunakan perkiraan jika yg rusak short merupakan bukan kapasitor maka akan gampang buat melakukan bubut pasang kapasitor berkaki dua dari pada sebuah IC regulator yg mempunyai 8 buah kaki dan sangat sulit dipasaran bahkan mungkin tidak terdapat.

Dan berhasil selesainya kapasitor( C1062 serta C1063) output pada lepas ternyata di jalur regulator nir short lagi dan kapasitor yg telah dilepas terukur mengalami hubung singkat(short).
Setelah pengfantian kapasitor tv saya nyalakan dan jrengggg,,, Lampu led merah menyala lalu aku tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip dan layar lcd menampilkan raster kepyur. Itu pertanda TV nya telah normal lagi.

Sekian Tips berdasarkan saya tentang Cara Mengatasi Kerusakan TV LCD LG 32LD330 - TA. Semoga bermanfaat ya...

Comments