CARA MENGANALISA KERUSAKAN PADA TV

Kerusakan televisi dalam umumnya disebabkan oleh berbagai hal, contohnya umur TV yg sudah tua, penggunaan yang berlebihan serta pula masih poly penyebab kerusakan yg lain. Suaatu perangkat elektro sebanarnya memiliki baku kualitas namu banyak orang yg hanya menggunakan perangkat  elektronik tadi tanpa memperhitungkan baku serta daya tahannya akibatnya kerusakanpun nir terhindari.untuk itu tidaklah galat apabila kita belajar mengantisipasi kerusakannya.
Dari aneka macam kasus yang acapkali saya temukan pada saat memperbaiki TV seperti:
Tv meninggal total / matot serta lampu indikator nir menyala / preoteksi.
Untuk masalah yg misalnya ini biasanya Regulator power suplay jebol ditandai menggunakan skring utama input arus ac 220 volt putus. Atau sanggup pula skring nir putus tetapi tegangan B+ Nol vol.
Tv tewas, lampu indikator berkedip.
Untuk kerusakan yg ini umumnya regulator power suplay bekerja namun tegangan B+ nya naik turun. Kerusakan mampu ditimbulkan oleh TR horizontal jebol, fbt rusak / konslet, IC vertical rusak dan untuk mengetahui kerusakan perlu dilakukan pengecekan secara khusus.
Tv mati standby
Untuk kerusakan tv mati standby ditandai dengan lampu indikator menyala namun pada saat tombol power di ON kan TV nir mau start, atau tv mau start serta menyala tetapi lalu standby lagi, buat masalah seperti ini biasa disebut Protex. Untuk beberapa brand tv seperti sharp cara mengatasinya wajib dengan membuka titik proteksinya, lalu dilakukan pengecekan lebih lanjut.
Tv masih ada gambar tetapi tidak terdapat suara.
untuk kerusakan tidak ada suara silahkan cek bagian penguat amplifier, cek speaker dan audio hasil IC prosesor.
Tv ada suara namun tidak terdapat gambar.
Kerusaka ditimbulkan frekuwensi video tidak masuk kerangkaian crt atau perhatikan lampu filamen pada leher crt, apabila tidak menyala kemungkinan akbar Resistor Heater putus.
TV nir ada gambar serta tidak ada bunyi hanya layar berwarna biru.
Kerusakan disebabkan karena nir terdapat gelombang Tv yg terdeteksi oleh tuner, silahkan cek tegangan 33 volt tuner, buat tv cina ganti coil 6019 (letaknya didekat IC prosesor LA 768XX)
Tv mengeluarkan bunyi desisan atau bunyi seperti ledakan.
Kerusakan terjadi karena terjadi loncatan tegangan tinggi menurut FBT ( umumnya flyback bocor). Untuk mengatasinya bisa menggunakan mengubah Flayback Transfomer ( FBT). Bisa pula pada sebabkan oleh tegangan tinggi dikarenakan regulator powersuply rusak.
Tv gambarnya menyempit atas bawah atau hanya bergaris mendatar.
Kerusakan seperti ini sangat erat hubungannya menggunakan blok vertikal, buat gambar menyempit atas bawah cara mengatasinya dengan masuk ke pilihan menu servise mode, seting ulang vertical size nya.
untuk kerusakan layar bergaris mendatar cara mengatasinya dengan mengubah IC vertikal, jika IC vertikal telah diganti masih permanen bergaris kemungkinan IC prosesor pula rusak.
Tv bunyi terdapat namun gambar buram ada garis-garis mendatar berwarna putih terang.
Kerusakan seperti tadi diatas umumnya ada ganguan tegangan dalam video ( tegangan 180 volt) yang mensuplay katoda RGB, buat penangananya ganti saja Elco 10 mf 250 volt, atau periksa jua Resistor Fuse yang menghubungkan tegangan 180 v ke rangkaian crt.
Tv gambar dan bunyi normal namun tombol panel ngacak
Kerusakan misalnya ini hanya lantaran syarat tombol itu sendiri telah lama / aus, cara mengatasinya dengan membarui tombol tersebut dengan yang baru.
Tv bunyi normal namun warna dalam gambarnya tidak normal (hilangnya salah satu warna)
Kerusakan ini disebabkan oleh, terganggunya jalur hasil RGB dari IC prosesor menuju rangkaian crt ( kemungkinan terdapat diode yang short dalam output RGB ) sanggup juga ditimbulkan sang soket crt, short pada Tr pada rangkaian crt, serta bisa jua berdasarkan tabung crtnya yang rusak.
Tv gambar nir penuh / menyempit atas bawah dan kiri kanan / melengkung seperti bantal
Kerusakan seperti ini ditimbulkan sang bagian horizontal yg bekerja sebagaimana mestinya, penyelesaiannya cek semua kapasitor di blok Horisontal.
Tv chanel berpindah-pindah sendiri atau volume akbar sendiri
Kerusakan seperti ini umumnya terjadi lantaran tombol dalam panel konslet penyelesaiannya ganti semua tombol pada tombol Menu, tombol chanel, tombol volume.
Kerusakan TV diatas hanya sebagian mini saja, masih poly lagi pertanda-pertanda kerusakan dalam TV serta cara mengatasinya wajib dengan hati hati, sebelum kita memperbaiki kita wajib kenali gejalanya , cek kerusakan menggunakan teliti dan untuk penggantian komponen wajib dengan kualitas yg bagus. Sekian dulu buat posting kali ini semoga berguna.
Dan tentunya terima kasih telah berkunjung di blog aku , selamat mencoba serta semoga berhasil.

Comments