CARA MENGAKTIFKAN GOOGLE PLAY PROTECT DI ANDROID

Google Play Store, seperti Apple App Store seringkali diganggu dengan pelaksanaan palsu. Pengembang diketahui menciptakan klon aplikasi terkenal, menambahkan iklan, serta menunggu pengguna yang tidak menaruh curiga untuk mendownloadnya. Ini tentu saja salah satu skenario yang licik berdasarkan pengembang dengan menggunakan pelaksanaan palsu. Pengembang jua bisa menyuntikkan skrip berbahaya pada aplikasi serta lalu mengunggahnya ke Google Play Store. Rata-rata pengguna tidak mempunyai cara buat mengetahui apakah sebuah aplikasi berbahaya atau nir. Hal inilah yg memberi Android reputasi yang tidak aman. Untuk melawan ini, Google sudah mengumumkan Google Play Protect buat Android. Ini merupakan pemindaian yg dijalankan di seluruh pelaksanaan di perangkat Anda untuk memastikan keamanannya.
Google Play Protect for Android tersedia buat seluruh pengguna Android. Ini dapat memindai aplikasi yg Anda unduh menurut Google Play Store dan aplikasi yang Anda sisipkan.

Cara mengaktifkan Google Play Protect


Buka aplikasi Setelan serta buka Keamanan & Lokasi -> Google Play Protect. Ketuk serta nyalakan opsi 'Perangkat pemindai buat ancaman keamanan'. Secara default opsi ini dinonaktifkan dan tentu anda harus mengaktifkannya, Google Play Protect memindai aplikasi yang diunduh berdasarkan Play Store. Jika Anda mengaktifkan 'Perangkat pemindai buat ancaman keamanan', indera pemindaian mulai memindai aplikasi yang pelaksanaan yang Anda sisipkan.


Ada jua pilihan buat 'Meningkatkan deteksi pelaksanaan berbahaya'. Apabila Anda mengaktifkannya, Anda berbagi data dengan Google. Ini akan membantu Google memperbaiki deteksi ancamannya pada jangka panjang tetapi nir akan menambah keamanan buat telepon Anda.


Google Play Protect tidak secara otomatis menghapus pelaksanaan berbahaya yang ditemukannya, namun ini akan mengingatkan Anda apabila menemukan sesuatu yg mencurigakan. Hal ini kemudian terserah Anda untuk menghapus pelaksanaan atau nir.

Tidak terdapat pemindaian file


Google Play Protect berlaku buat pelaksanaan dan bukan buat file yg Anda miliki di perangkat. Perangkat Android dapat menyimpan hampir semua jenis file. Anda dapat mendownload arsip ke penyimpanan perangkat Anda atau menyalinnya menurut desktop Anda. Jika kebetulan mendownload arsip yg berbahaya, Play Protect tidak sanggup melakukan apapun tentang hal itu. Ini bukan misalnya sistem anti virus yg luas. Ini proteksi terhadap pelaksanaan dursila. Ini akan menjalankan pemindaian terjadwal dalam perangkat Anda buat memastikan Anda tidak memiliki sesuatu yg berbahaya serta pula akan memeriksa tautan yang Anda kunjungi di Chrome. Jika Anda ingin mengunjungi tautan yang berpotensi tidak kondusif pada Chrome, Anda akan melihat peringatan yang familier yang memberitahukan bahwa situs yang Anda kunjungi nir kondusif.
Ini adalah langkah positif Google namun masih perlu menangani aplikasi palsu dan sub-par di Google Play Store.

Comments