CARA MENENTUKAN KAKI BCE TRANSISTOR JENGKOL 2N3055 DAN MJ2955

Salam jumpa lagi !, kali ini aku ingin shere cara memilih kaki transistor jengkol 2N3055 serta pasanganya yaitu MJE2955. Perlu kita ketahui bahwa sebuah transistor mempunyai 3 kaki yaitu,  Basis, Colector, dan Emitors. Transistor mempunyai dua jenis yaitu NPN dan PNP. Transitor jengkol 2n3055 merupakan NPN,  pada rangkaian amplifier kaki Colektor dihubungkan menggunakan positive. Sedangkan transistor mje2955 merupakan pnp jika di rangkaian amplifier kaki colector dihubungkan ke negative bukan ground.

2N3055 serta MJE2955 adalah transistor yang dipakai menjadi penguat akhir pada rangkaian power audio. Bentuknya menyerupai jengkol putih mengkilap dan acapkali menempel dalam heatsing/pendingin. Jika orang yg belum tahu kaki transistor terlihat hanya terdapat 2 kaki, akan tetapi sebenarnya terdapat 3 kaki. Kaki yang satunya adalah body menurut transistor itu sendiri.

Menentukan Kaki B,C,E Transistor Jengkol 2N3055 dan MJE2955

Nah sebagai orang umum yg belum tahu seluk beluk transistor jengkol maka buat lebih mudahnya aku beri patokan yg mana basis, colector dan emitor. Kaki Basis dalam transistor jengkol terletak pada bagian bawah berdampingan menggunakan emitor. Kaki colector merupakan body transistor itu sendiri. Kaki emitor berdampingan menggunakan basis yaitu pada bawah.
Untuk detail sanggup lihat gambar pada bawah ini


Jika anda memiliki AVO meter akan lebih gampang dan niscaya buat lebih tahu kaki transistor. Berikut cara menggunakan AVO meter buat menentukan kaki basis, colector serta emitor pada jengkolan memakai tester analog:

1. Arahkan fungsi pada ohm meter 1× .
2. Tempelkan probe merah pada salah satu kaki bagian bawah
3. Brobe hitam dalam bagian body.
4. Apabila jarum bergerak ke kanan maka kaki yg ditempel probe merah merupakan kaki Basis.
5. Secara otomatis sehabis ketemu kaki basis maka,kaki colektor( body tr) ,dan emitor berdampingan menggunakan basis, .
Jika probe merah menjadi basis berarti  transiator ini jenis PNP. Jika probe hitam menjadi basis jenis NPN.

Anda yg masih ragu tentang letak kaki transistor jengkol berhati-hatilah sebelum menyalakan rangkaian, lantaran dapat mengakibatkan transistor tewas, jika pemasangan dalam rangkaian terbalik, maka telitilah sebelum menyalakan.

Jika suatu waktu anda ingin mengganti dengan yang lebih baik kualitasnya misal jenis jengkol MJ15004 serta MJ15003 posisi kakinya masih sama tinggal bagaimana anda tahu jenis sepasang transistor tadi.
Kaki pada transistor jengkol sebenarnya sama dengan kaki transistor yang lainya.  hanya saja, pada posisi kaki transistornya serta bentuk body. Transistor plastic kaki basis,colector,emitor nya bejejer tiga kaki tapi tanpa melibatkan body menjadi konduktor.

Begitulah cara gampang mengetahui kaki transistor 2N3055 dan MJE2955 yg dapat aku sampaikan. Praktis-mudahan bisa dipahami bahasa ungkap istilah aku yang mungkin tidak sempurna. Slamat mencoba!

Comments