CARA MENAMBAHKAN LAGU YANG DIUNDUH KE ITUNES

Saat streaming musik serta toko musik digital semakin populer, mengunduh MP3 dari web dan menambahkannya ke iTunes mungkin terasa aneh. Akan tetapi, sesekali cara itu memang diperlukan. Terutama, apabila engkau ingin mengunduh rekaman live concert atau mendengarkan ceramah.
Mengimpor file musik ke iTunes dan memindahkan file musik tadi ke perangkat iOS kamu sangatlah mudah. Hanya membutuhkan beberapa klik buat menemukan dan mengimpor file.

Cara Menambahkan Lagu ke iTunes


  1. Sebelum memulai, pastikan kamu mengetahui lokasi file audio yang engkau unduh. Biasanya terdapat pada folder Download atau di suatu tempat di Desktop kamu.
  2. Buka iTunes.
  3. Untuk mengimport sekumpulan file sekaligus, klik pilihan menu File
  4. Klik Add to Library.
  5. Sebuah jendela muncul yg memungkinkan engkau menavigasi hard drive personal komputer engkau . Arahkan ke lokasi loka file dari dari langkah 1.
  6. Klik satu kali arsip atau folder yg ingin kamu tambahkan kemudian klik Open (Sebagai alternatif, kamu bisa mengklik dua kali item yg ingin engkau masukkan).
  7. Sebuah progress bar ada ketika iTunes memproses file tersebut.
  8. Periksa apakah lagu dibubuhi dengan membuka opsi Music menurut drop down pada dekat pojok kiri atas. Kemudian pilih Songs dan klik kolom Date Added buat melihat lagu yang baru ditambahkan.

Ketika kamu menambahkan lagu, iTunes akan secara otomatis mengkategorikannya berdasarkan nama, seniman, album, dll.apabila lagu yang diimpor tanpa artis serta warta lainnya, engkau dapat mengubah tag ID3 secara manual.

Cara Copy Lagu Setelah Import Ke iTunes

Biasanya, waktu engkau menambahkan lagu ke iTunes, apa yang kamu lihat pada program hanya referensi ke lokasi sebenarnya dari file. Misalnya, jika kamu copy file menurut desktop ke iTunes, engkau nir memindahkan file. Sebaliknya, kamu menambahkan shortcut ke file pada desktop.
Jika kamu memindahkan file orisinil, iTunes tidak dapat menemukannya serta nir bisa memutarnya sampai kamu menemukannya lagi secara manual. Salah satu cara untuk menghindari hal ini merupakan menciptakan folder khusus untuk file copy iTunes agar apabila file asli dipindahkan atau dihapus, iTunes masih menyimpan salinannya.
Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
  1. Di iTunes, klik Edit (di PC) atau iTunes (di Mac)
  2. Klik Preferences
  3. Klik Advanced
  4. Pada tab Advanced, centang Copy arsip ke iTunes Media Folder waktu menambahkan ke perpustakaan.

Setelah diaktifkan, lagu yang baru diimpor ditambahkan ke folder iTunes Media pada dalam akun pengguna. File-arsip tersebut disusun berdasarkan nama seniman dan album.
Misalnya, waktu engkau menyeret lagu yang diklaim "favoritesong.mp3" ke iTunes serta pengaturan ini diaktifkan, maka akan masuk ke folder seperti ini: C:Users[username]MusiciTunesiTunes Media[artist][Album]favoriteong.mp3.

Convert Format Lain ke MP3

Tidak semua lagu yg kamu unduh berdasarkan internet akan berada pada format MP3 (kemungkinan engkau akan menemukan AAC atau FLAC). Apabila kamu ingin mempunyai arsip engkau pada format yg tidak sama, cara termudah buat mengubahnya merupakan dengan menggunakan converter built-in dalam iTunes. Ada jua situs converter audio gratis atau acara yg mampu melakukan pekerjaan ini.

Cara Lain buat Menambahkan Lagu ke iTunes

Tentu saja, mengunduh MP3 bukan satu-satunya cara buat menambahkan lagu ke perpustakaan engkau . Pilihan lainnya mencakup:
  • Dari CD
  • Apple Music

Apakah artikel ini membantu kamu? Jangan ragu buat memberi tahu kami di kolom komentar dibawah.

Comments