CARA MEMPERBAIKI TV TIDAK BISA NYALA



Untuk Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala solusinya memang mudah-gampang susah. Meskipun kenyatannya nanti hanya di sebabkan hal yg sepele. Bagi anda yang baru belajar tentang reparasi TV saya konfiden pasti bakal kebingungan. Kenapa aku bilang begitu...? Ya karena awalnya dulu aku juga misalnya itu, masih belum paham betul dimana wajib memulai pemeriksaan.

Ada poly faktor yang sebagai penyebab kerusakan TV tidak sanggup nyala seperti ini. Bisa jadi kerusakannya lantaran protek, nir ada tegangan sama-sekali atau bahkan kerusakan komponen vital. Dari beberapa kasus yg telah aku temukan kira-kira seperti tadi.


Lalu bagaimana buat mengatasi TV yang tidak sanggup nyala/mangkat misalnya ini...?

Ada langkah-langkah awal yg wajib anda ketahui buat bisa menemukan apa penyebab kerusakan TV tidak sanggup nyala. Anda bisa memulai proses pemugaran misalnya berikut adalah:

1. Periksa kondisi fisik komponen
Berubahnya kondisi fisik komponen pada TV sudah kentara akan mensugesti kinerjanya. Misalnya elco mengembung/kemarau lantaran umur telah lama atau karena letaknya dekat panas. Bisa jadi penahan gosong/kebakar karena tadinya terdapat arus pulang, short atau kena beban berat. Jika komponen tersebut letaknya di blok regulator, maka regulator tidak akan mampu berfungsi dengan baik, bahkan semua tegangan output akan sebagai 0 volt.

2. Periksa tegangan hasil regulator
Jika tahap pertama sehabis dilakukan pengecekan nir ada kasus, lanjutkan pemeriksaan dalam seluruh tegangan menurut hasil regulator. Regulator berfungsi buat mensupply seluruh tegangan yang pada butuhkan. Diantaranya:

- lima- 12 volt yg mensupply blok IC croma serta IC micro control (yg di butuhkan 5-8 volt)
- 24-30 volt yang mensupply blok IC vertikal , tuner dan power audio.
- 90-185 volt mensupply blok horizontal, flyback serta CRT (tabung).

Dari pengalaman aku , penyebab TV Tidak Bisa Nyala sama-sekali, penyebabnya merupakan regulator tidak sanggup bekerja dengan baik yang akhirnya tidak bisa membentuk tegangan. Biasanya, kerusakan primer regulator merupakan dalam transistornya, Fet atau pada ic STR.

Jika pada pemeriksaan tegangan ini tidak diremukan masalah, maka lakukan langkah selanjutnya.

3. Periksa beberapa area/ blok TV

Komponen TV dibagi menjadi beberapa bagian krusial, inilah yg harus anda pahami. Dengan tahu bagian-bagian TV diperlukan akan mepermudah proses pemugaran anda. Area krusial ini contohnya:
- Regulator ( yang telah saya jelaskan di atas)
- Flyback
- Horizontal
- Vertikal
- Control/program/chroma
- Audio power
- Tuner, dan lainnya

Jika semua langkah di atas masih belum menjadikan hasil, maka anda harus melepas satu-persatu komponen pada blok/area misalnya diatas tadi terutama komponen yang dicurigai rusak. Kebanyakan inilah yg menciptakan kita malas buat melakukannya kerena memang sangat menyita saat. Tetapi aku yakin menggunakan proses ini kerusakan TV nir mampu nyala akan teratasi.

itulah tips singkat serta sederhana bagaimana Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala. Semoga berguna buat anda.

Comments