CARA MEMPERBAIKI TV SHARP PICOCOLO PROTEK 21EF25MK2


Tv sharp tak jarang dianggap siraja protek sang para rekan teknisi. Kali ini aku menerima sebuah kasus tv sharp picocolo protek. Gejalanya ketika dihidupkan pulang ke mode standby. Bisa dibilang masih sanggup start meski hanya sesaat. Memperbaiki dalam kondisi servis panggilan keliru Satu tantangan tersendiri lantaran beberapa kali saya sempat gagal pada beberapa kasus pada tv sharp protek. Kali ini aku Alhamdulillah’s berhasil berkat keberanian aku buat menyelesaikanya menggunakan mengandalakan pengalaman yang sudah lalu. Nah lantaran berhasil aku akan shere pengalaman ini pada rekan sekalian mudah-mudahan mampu menjadi galat satu refrensi yg mampu dipakai saat memperbaiki tv sharp picocolo protek
Berikut ini langkah yang saya tempuh pada menangani tv sharp picocolo protek:
  1. Buka casing dengan hati -hati. Kemudian membersihkan casis tv menurut mobo primer sampai soket rgb menggunakan kuas. 
  2.  Langkah Selanjutnya soldering ulang pada bagian yang seringkali bekerja panas misalnya dalam rangkaian blog rgb dan transistor horisontal maupun ic vertikal. 
  3.  Coba test menggunakan menghidupkan tv. Terkadang hanya melalui langkah diatas tv telah dapat hayati. Jika belum bisa start kita melangkah berikutnya.
  4.  Gunakan multitester, arahkan fungsi ke dc volt dalam 250 v untuk mengukur tegangan b+. Pastikan terdapat 115 +. Jangan sampai kurang. Pengukuran dilakukan dengan cepat lantaran tv pada keadaan protek.
  5.  Jika memungkinkan, lihat tanda-tanda layar. Artinya umumnya tv sharp mempunyai proteksi dalam bagian rgb. Apabila demikian niscaya jika kerusakan terjadi pada bagian rgb pasti protek. Maka apabila memungkinkan lihat. Apabila nir terlihat gejalanya, menuju langkah Selanjutnya.
  6.  Sekarang mencari titik protek. Hal paling penting dalam menangani tv protek yaitu mencari titik protek pada ic utama dahulu. Oleh sebab itu krusial bagi kita buat selalu mencatat setiap kali mendapatkan titik protek pada beberapa tv. Cari data dalam ic yang dipakai pada internet. Sharp picocolo ini menggunakan ic UOC- UOC- IXC245WJN1Q. Titik protek terletak pada kaki 63. Cari jalur kemana arah protek diletakan. Kita bubut saja pada penahan 1030.
  7.  Sekarang coba nyalakan umumnya tv bisa menyala menggunakan jelas kerusakan apa yang menyebabkan tv sharp picocolo protek.
  8.  Ternyata tv yg saya tangani ini mengalami keruskan yaitu pada layar Nampak blangking gambar terlihat kurang jelas. Kemungkinan terjadi keruskan dalam penguat RGB.
  9.  Melihat pengalaman yang lalu bahwa tv menggunakan tanda-tanda blangking ini ditimbulkan oleh tegangan video yg drop 180v ternyata hanya 100-volt saja. Dengan penuh keyakinan bahwa ini penyebabnya tidak lain yaitu elko pada filter 180 menggunakan ukuran 33uf 250v.
  10.  Setelah penggantian tv tidak blangking lagi gambar normal.
  11.   Pasang lagi pelawan R1030.
  12.   Biasanya tv pribadi mau start serta nir protek lagi.
Ternyata tv picocolo acapkali rusak dengan tanda-tanda misalnya ini yaitu layar blangking lalu bila sudah parah tv akan mengalami protek.
Demikian shereing saya dalam memperbaiki tv sharp picocolo protek. Semoga mampu menjadi refrensi buat rekan sekalian. Terimakasih sudah membaca blog aku ini.

Comments